Minggu, 22 Jul 2018
radarmadura
icon featured
Sumenep

DPRD Siap Bersinergi dengan Pamerintah

Kamis, 15 Mar 2018 17:37 | editor : Abdul Basri

RAMAH: Ketua DPRD Sumenep H. Herman Dali Kusuma saat bermain ke kantor JPRM Biro Sumenep beberapa waktu lalu.

RAMAH: Ketua DPRD Sumenep H. Herman Dali Kusuma saat bermain ke kantor JPRM Biro Sumenep beberapa waktu lalu. (Radar Madura/JawaPos.com)

SUMENEP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep terus berbenah. Para wakil rakyat siap mendukung program pemerintah. Salah satunya ditunjukkan dalam musyawarah perencanaan pembangunan kabupaten (musrenbangkab) Senin lalu (12/3).

Hal itu dikemukakan Ketua DPRD Sumenep H. Herman Dali Kusuma Rabu (14/3). Menurut dia, penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2019 harus cepat. Dengan demikian, pembahasan APBD 2019 bisa diselesaikan tepat waktu.

Pihaknya menginginkan pembahasan APBD 2019 sama seperti 2018. Tahun lalu, pembahasan APBD di Sumenep selesai paling awal se-Jawa Timur (Jatim). Legislatif dan eksekutif juga harus terus bersinergi.

”Kami juga sudah komitmen dengan eksekutif untuk menyelesaikan APBD 2018 tepat waktu. Seperti yang sudah ditetapkan Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Sumenep,” kata politikus asal Kecamatan Talango itu.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menjelaskan, prosedur dan jadwal penyususan APBD sudah diatur dalam Pemerintah Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2017. Pembahasan APBD harus selesai tepat waktu.

Menurut Herman, dalam peraturan tersebut ditegaskan, apabila legislatif dan eksekutif tidak mengesahkan sesuai waktu yang ditentukan, dipastikan dikenai sanksi. ”Sanksinya, eksekutif dan legislatif tidak diberi semua hak keuangan selama enam bulan,” ujarnya.

Meski dituntut cepat, kata Herman, penyusunan RAPBD tidak boleh sembarangan. Melainkan, harus disesuaikan dengan hasil musrenbang. ”Kami harap pembahasan APBD tepat waktu,” pinta pria asal Kecamatan Talango itu.

Realisasi program juga harus tepat waktu. Terutama, program fisik. Dengan demikian, bisa segera dinikmati masyrakat. ”Semoga program yang telah dianggarkan dalam APBD bisa dinikmati masyarakat,” tutupnya.

(mr/rul/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia