alexametrics
21.1 C
Madura
Wednesday, July 6, 2022

5 Tips Memilih Aplikasi invoice yang Harus Diperhatikan

Cara berdagang saat ini sudah mengalami banyak kemajuan dari cara berdagang di zaman dahulu, di mana akad jual beli hanya terdiri dari barang atau produk maupun jasa yang ditukar dengan sejumlah uang yang telah disepakati sebelumnya oleh kedua belah pihak. Akad jual beli ini juga lebih dikenal dengan istilah transaksi.

Kemajuan zaman juga sangat mempengaruhi perdagangan dan jual beli, tidak hanya sekedar mengunjungi toko untuk langsung membeli barang, kita juga dapat membeli barang secara online.

Setiap data dan informasi transaksi perdagangan yang terjadi juga sudah terekam dan terdata ke dalam pencatatan baik berupa bentuk fisik di atas kertas maupun ke dalam sistem online.

Data transaksi inilah yang disebut dengan invoice yang menjadi contoh dan bukti nyata bahwa sebuah transaksi telah resmi terjadi.

Setiap pembelian atau order yang dilakukan, penjual akan membuat faktur atau invoice yang terdiri dari beberapa copy yang salah satunya untuk disimpan dalam pembukuan si pedagang dan untuk sang pembeli.

Invoice ini adalah salah satu tool dasar dari syarat perdagangan dan jual beli saat ini terlebih lagi bagi penjual dan pembeli online yang ingin menjaga rasa saling percaya satu sama lain.

Catatan invoice juga berfungsi untuk merunut apa saja barang atau jasa yang telah dikeluarkan oleh si pedagang selama periode waktu tertentu. Untuk mengetahui mengenai invoice lebih lanjut, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Invoice

Berdasarkan pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), invoice adalah sebuah alat yang memuat daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan keterangan nama, jumlah serta harga yang harus dibayar.

Disamping sebagai alat untuk memuat segala perincian pembelian, invoice juga bisa digunakan sebagai alat penagihan dari penjual kepada pembeli.

Invoice memuat banyak informasi penjualan dan juga tenggat waktu pembayaran yang telah disepakati pada saat melakukan purchase order.

Semua yang tercantum di dalam invoice akan dibuat menjadi tiga rangkap yang akan diberikan kepada pembeli, dua rangkap lainnya akan disimpan sebagai lampiran penagihan, dan rangkap terakhir akan berfungsi sebagai data yang akan masuk ke dalam buku faktur.

Fungsi Invoice

Meskipun secara garis besar bentuk dan isi invoice seakan terlihat sama, namun invoice bisa berfungsi dalam banyak hal juga. Berikut ini beberapa fungsi pentingnya sebuah invoice dalam perdagangan:

  • Sebagai barang atau tanda bukti adanya pembelian produk atau jasa oleh pelanggan.
  • Sumber informasi dan data pasti jumlah tagihan yang harus dibayar dan dilunasi oleh pembeli.
  • Bukti referensi penjualan dan pembelian untuk barang atau jasa yang sama di kemudian hari.
  • Menjadi rujukkan jika ada kesalahan dalam pengiriman produk maupun kesalahan perhitungan total tagihan.
  • Sebagai bukti pembayaran pajak.
  • Penjual dapat menggunakan invoice sebagai rujukan atau acuan untuk menyusun pembukuan keuangan mereka.

Manfaat Invoice

Adanya bukti invoice atau faktur sangat berpengaruh kepada kedua belah pihak penjual dan pembeli karena invoice mempunyai manfaat seperti:

  • Menjadi bukti nyata atau fisik telah adanya kesepakatan di antara kedua belah pihak yang terlibat jual beli.
  • Menunjukan bukti informasi semua jumlah nilai tagihan yang harus dibayarkan kepada pihak penjual.
  • Sebuah alat pasti untuk menunjukkan jumlah total produk yang disediakan oleh pedagang.
  • Sebagai bukti asli apabila terjadi kesalahan pemesanan produk yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal atau pemesanan.
  • Salah satu dokumen sah yang nantinya akan tercatat dan terekam ke dalam pencatatan laporan keuangan.
Baca Juga :  12 Kelebihan Lapor Pajak Via Efiling Online

Kelola Invoice dengan Software

Aplikasi invoice merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola beragam transaksi keuangan, salah satunya membuat tagihan secara otomatis bagi setiap produk atau jasa yang dihasilkan.

Perlu diingat, ada berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh penyedia aplikasi invoice, mulai dari menyusun laporan keuangan, membuat invoice, hingga mengelola pajak. Pilihlah aplikasi invoice online Indonesia yang memenuhi kebutuhan. Tentunya dengan berbagai macam keunggulan yang ditawarkan.

Tips Memilih Aplikasi Invoice

Jika Anda merupakan staf perpajakan atau pembuat keputusan terkait aplikasi apa saja yang akan digunakan untuk mempermudah pekerjaan di kantor Anda, ada beberapa kriteria aplikasi invoice yang dapat Anda perhatikan sebelum menggunakan sebuah aplikasi.

  1. Memenuhi Standar Laporan Keuangan Indonesia dan SOP Perusahaan

Invoice merupakan salah satu bagian dalam laporan keuangan. Maka dari itu, pastikan kembali software yang Anda pilih sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan dalam penyajian informasi suatu kegiatan bisnis yang diberlakukan secara resmi di Indonesia. Standar ini juga berlaku agar laporan keuangan memiliki keseragaman informasi yang tercantum.

Sebuah software pengelola invoice yang baik juga, tentu menyediakan pilihan berdasarkan jenis perusahaan. Karena berbeda jenis perusahaan, berbeda juga bentuk laporan keuangan yang digunakan. Berbeda laporan keuangan, maka berbeda juga format invoice yang digunakan.

Contoh: perbedaan jenis laporan keuangan dan format invoice pada perusahaan dagang, perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur.

  1. Keamanan Data

Selain dengan sistem laporan keuangan Indonesia dan SOP perusahaan Anda, hal lain yang benar-benar harus Anda kritisi terkait penggunaan software pengelola invoice adalah keamanan data.

Keamanan data, apalagi data-data yang berhubungan dengan informasi keuangan sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Pastikan layanan penyedia software lulus sertifikasi keamanan yang disahkan oleh pemerintah. Jangan sampai informasi data perusahaan Anda bocor ke tangan kompetitor.

  1. Jaminan Pelayanan

Pengelolaan keuangan merupakan suatu hal yang krusial. Maka dari itu, pilihlah penyedia layanan software yang memiliki standar pelayanan yang baik. Hal ini dikarenakan standar pelayanan merupakan tolak ukur atau pedoman dalam menyelenggarakan kegiatan jasa.

Hal paling mendasar, pastikan email dan nomor telepon customer service yang diberikan oleh penyedia layanan dapat dihubungi untuk membantu Anda, mulai dari proses pencarian informasi seputar produk (sebelum penggunaan) hingga saat Anda mengalami kesulitan menggunakan aplikasi invoice bersangkutan.

  1. Software yang Up to Date

Secara teknis, pastikan kembali apakah teknologi yang digunakan oleh penyedia layanan aplikasi invoice yang Anda gunakan kapabel dengan teknologi terkini.

Hal ini tentu jadi pertimbangan sendiri bagi perusahaan, sehingga software dapat selalu diperbarui seiring dengan pembaruan perangkat lunak pada sistem komputer yang digunakan.

Pembaruan software ini jadi aspek yang penting karena pasti akan berpengaruh pada kemampuan, fitur yang dapat diakses, database dan kecepatan akses. Paling tidak selama 3 sampai 5 tahun kedepan Anda tidak perlu bingung lagi untuk berurusan dengan hal-hal teknis tersebut.

  1. Sistem yang Terintegrasi

Setelah memenuhi 4 kriteria sebelumnya, akan lebih baik jika software yang Anda pilih memiliki fungsi yang terintegrasi. Tidak hanya mengelola invoice saja, tetapi dapat juga membayar tagihan pajak Anda.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa software pengelola invoice memiliki ranah yang sangat luas. Banyak penyedia software yang menawarkan berbagai fungsi yang juga bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  Seporsi Rp 12 Ribu, Pernah Naik, lalu Turun Lagi

Daripada memilih software yang berbeda untuk setiap fungsi dalam transaksi keuangan, ada baiknya Anda menggunakan software yang sudah menyediakan beragam layanan dalam satu aplikasi seperti aplikasi invoice yang bernama Mekari.

Sebagai mitra resmi DJP, Mekari menjamin data Anda tersimpan secara aman di sistem cloud Mekari. Tidak hanya aman, Anda dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja, asalkan tersambung dengan koneksi internet.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Invoice dari Mekari

Untuk lebih detailnya, berikut beberapa keuntungan menggunakan aplikasi invoice dari Mekari:

  • Mendukung Faktur Berulang
    Aplikasi pencatatan faktur ini, tentu saja mendukung faktor berulang sehingga Anda bisa menagih pembayaran dalam jumlah yang sama pada jadwal yang sudah ditentukan.

    Aplikasi ini memungkinkan untuk mengumpulkan pembayaran hingga mengingatkan pelanggan yang sudah jatuh tempo atau terlambat dalam membayar tagihan. Kegiatan berulang ini tentu saja bisa dilakukan lebih efisien lewat adanya software online invoice.

  • Faktur Aman di Server Cloud
    Berbicara soal keamanan data, tentu saja aplikasi faktur ini sangat aman karena sudah tersertifikasi oleh ISO 27001. Bahkan keamanan aplikasi investime sudah setara dengan bank-bank besar di Indonesia seperti Bank BCA, Mandiri, BNI, Danamon hingga OCBC NISP.
  • Menguntungkan Bagi Bisnis yang Dijalankan
    Dengan adanya aplikasi invoice, tentu saja Anda tidak perlu lagi melakukan penghitungan secara manual lewat aplikasi Microsoft Excel. Semua perhitungan sudah dilakukan secara otomatis bahkan sudah termasuk penghitungan pajak.

    Anda tidak perlu khawatir adanya kekeliruan dalam proses penghitungan invoice dan juga faktur karena semuanya sudah dilakukan secara otomatis di dalam aplikasi.

    Dengan adanya kemampuan ini tentu perusahaan jadi lebih mudah untuk melakukan pengelolaan di aplikasi invoice.

    Mulai dari membuat invoice, mengirim invoice secara online. Bayaran juga lebih cepat di dapatkan oleh perusahaan karena pengiriman invoice yang tepat waktu ke pelanggan.

  • Kemudahan dalam Integrasi
    Lewat software ini, Anda lebih mudah untuk melakukan integrasi data transaksi atau invoice ke laporan. Sehingga owner perusahaan bisa mengetahui kondisi bisnis secara spesifik.
  • Riwayat Pengeluaran Lengkap
    Rekap data didapatkan lebih terperinci karena sudah otomatis terinput ke dalam sistem. Data ini juga lebih mudah dalam pelacakannya.
  • Akses Mengurus Pajak
    Mekari menyediakan fitur e-Faktur dimana Anda dapat membuat faktur komersial serta mengelola PPN, PPh Final, PPh 21 dan membayar pajaknya sekaligus dengan Mekari.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Invoice dari Mekari
Adapun berbagai manfaat jika Anda menggunakan aplikasi invoice dariĀ  Mekari, di antaranya:

  • Software Payroll & HRIS
    Adalah sebuah proses administrasi HR dan payroll yang dapat dilakukan secara lebih efisien melalui automasi.
  • Software Akuntansi yang Terintegrasi
    Anda bisa mendapatkan data transaksi, stok barang, dan laporan keuangan secara real-time.
  • Software pengelolaan pajak online
    Sebagai mitra resmi DJP Indonesia, Mekari memiliki standar keamanan bersertifikasi internasional.
  • Aplikasi Personalisasi
    Anda bisa mengelola asuransi dan berbagai program benefit karyawan sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.
  • Software CRM Omni-channel
    Merupakan aplikasi CRM end-to-end untuk otomasikan sistem penjualan dan berbagai layanan pelanggan.

Dengan berbagai manfaat yang didapatkan, kini Mekari telah menjadi pilihan bagi puluhan ribu perusahaan yang membutuhkan solusi pengelolaan sumber daya manusia serta finansial yang berbasis cloud computing.

Ingin tahu lebih jauh mengenai e-Faktur Mekari? Yuk, pakai Mekari dan dapatkan gratis akses 14 hari!

Cara berdagang saat ini sudah mengalami banyak kemajuan dari cara berdagang di zaman dahulu, di mana akad jual beli hanya terdiri dari barang atau produk maupun jasa yang ditukar dengan sejumlah uang yang telah disepakati sebelumnya oleh kedua belah pihak. Akad jual beli ini juga lebih dikenal dengan istilah transaksi.

Kemajuan zaman juga sangat mempengaruhi perdagangan dan jual beli, tidak hanya sekedar mengunjungi toko untuk langsung membeli barang, kita juga dapat membeli barang secara online.

Setiap data dan informasi transaksi perdagangan yang terjadi juga sudah terekam dan terdata ke dalam pencatatan baik berupa bentuk fisik di atas kertas maupun ke dalam sistem online.


Data transaksi inilah yang disebut dengan invoice yang menjadi contoh dan bukti nyata bahwa sebuah transaksi telah resmi terjadi.

Setiap pembelian atau order yang dilakukan, penjual akan membuat faktur atau invoice yang terdiri dari beberapa copy yang salah satunya untuk disimpan dalam pembukuan si pedagang dan untuk sang pembeli.

Invoice ini adalah salah satu tool dasar dari syarat perdagangan dan jual beli saat ini terlebih lagi bagi penjual dan pembeli online yang ingin menjaga rasa saling percaya satu sama lain.

Catatan invoice juga berfungsi untuk merunut apa saja barang atau jasa yang telah dikeluarkan oleh si pedagang selama periode waktu tertentu. Untuk mengetahui mengenai invoice lebih lanjut, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Invoice

Berdasarkan pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), invoice adalah sebuah alat yang memuat daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan keterangan nama, jumlah serta harga yang harus dibayar.

Disamping sebagai alat untuk memuat segala perincian pembelian, invoice juga bisa digunakan sebagai alat penagihan dari penjual kepada pembeli.

Invoice memuat banyak informasi penjualan dan juga tenggat waktu pembayaran yang telah disepakati pada saat melakukan purchase order.

Semua yang tercantum di dalam invoice akan dibuat menjadi tiga rangkap yang akan diberikan kepada pembeli, dua rangkap lainnya akan disimpan sebagai lampiran penagihan, dan rangkap terakhir akan berfungsi sebagai data yang akan masuk ke dalam buku faktur.

Fungsi Invoice

Meskipun secara garis besar bentuk dan isi invoice seakan terlihat sama, namun invoice bisa berfungsi dalam banyak hal juga. Berikut ini beberapa fungsi pentingnya sebuah invoice dalam perdagangan:

  • Sebagai barang atau tanda bukti adanya pembelian produk atau jasa oleh pelanggan.
  • Sumber informasi dan data pasti jumlah tagihan yang harus dibayar dan dilunasi oleh pembeli.
  • Bukti referensi penjualan dan pembelian untuk barang atau jasa yang sama di kemudian hari.
  • Menjadi rujukkan jika ada kesalahan dalam pengiriman produk maupun kesalahan perhitungan total tagihan.
  • Sebagai bukti pembayaran pajak.
  • Penjual dapat menggunakan invoice sebagai rujukan atau acuan untuk menyusun pembukuan keuangan mereka.

Manfaat Invoice

Adanya bukti invoice atau faktur sangat berpengaruh kepada kedua belah pihak penjual dan pembeli karena invoice mempunyai manfaat seperti:

  • Menjadi bukti nyata atau fisik telah adanya kesepakatan di antara kedua belah pihak yang terlibat jual beli.
  • Menunjukan bukti informasi semua jumlah nilai tagihan yang harus dibayarkan kepada pihak penjual.
  • Sebuah alat pasti untuk menunjukkan jumlah total produk yang disediakan oleh pedagang.
  • Sebagai bukti asli apabila terjadi kesalahan pemesanan produk yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal atau pemesanan.
  • Salah satu dokumen sah yang nantinya akan tercatat dan terekam ke dalam pencatatan laporan keuangan.
Baca Juga :  BRI Setor Dividen Rp 14 Triliun kepada Kas Negara

Kelola Invoice dengan Software

Aplikasi invoice merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola beragam transaksi keuangan, salah satunya membuat tagihan secara otomatis bagi setiap produk atau jasa yang dihasilkan.

Perlu diingat, ada berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh penyedia aplikasi invoice, mulai dari menyusun laporan keuangan, membuat invoice, hingga mengelola pajak. Pilihlah aplikasi invoice online Indonesia yang memenuhi kebutuhan. Tentunya dengan berbagai macam keunggulan yang ditawarkan.

Tips Memilih Aplikasi Invoice

Jika Anda merupakan staf perpajakan atau pembuat keputusan terkait aplikasi apa saja yang akan digunakan untuk mempermudah pekerjaan di kantor Anda, ada beberapa kriteria aplikasi invoice yang dapat Anda perhatikan sebelum menggunakan sebuah aplikasi.

  1. Memenuhi Standar Laporan Keuangan Indonesia dan SOP Perusahaan

Invoice merupakan salah satu bagian dalam laporan keuangan. Maka dari itu, pastikan kembali software yang Anda pilih sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan dalam penyajian informasi suatu kegiatan bisnis yang diberlakukan secara resmi di Indonesia. Standar ini juga berlaku agar laporan keuangan memiliki keseragaman informasi yang tercantum.

Sebuah software pengelola invoice yang baik juga, tentu menyediakan pilihan berdasarkan jenis perusahaan. Karena berbeda jenis perusahaan, berbeda juga bentuk laporan keuangan yang digunakan. Berbeda laporan keuangan, maka berbeda juga format invoice yang digunakan.

Contoh: perbedaan jenis laporan keuangan dan format invoice pada perusahaan dagang, perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur.

  1. Keamanan Data

Selain dengan sistem laporan keuangan Indonesia dan SOP perusahaan Anda, hal lain yang benar-benar harus Anda kritisi terkait penggunaan software pengelola invoice adalah keamanan data.

Keamanan data, apalagi data-data yang berhubungan dengan informasi keuangan sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Pastikan layanan penyedia software lulus sertifikasi keamanan yang disahkan oleh pemerintah. Jangan sampai informasi data perusahaan Anda bocor ke tangan kompetitor.

  1. Jaminan Pelayanan

Pengelolaan keuangan merupakan suatu hal yang krusial. Maka dari itu, pilihlah penyedia layanan software yang memiliki standar pelayanan yang baik. Hal ini dikarenakan standar pelayanan merupakan tolak ukur atau pedoman dalam menyelenggarakan kegiatan jasa.

Hal paling mendasar, pastikan email dan nomor telepon customer service yang diberikan oleh penyedia layanan dapat dihubungi untuk membantu Anda, mulai dari proses pencarian informasi seputar produk (sebelum penggunaan) hingga saat Anda mengalami kesulitan menggunakan aplikasi invoice bersangkutan.

  1. Software yang Up to Date

Secara teknis, pastikan kembali apakah teknologi yang digunakan oleh penyedia layanan aplikasi invoice yang Anda gunakan kapabel dengan teknologi terkini.

Hal ini tentu jadi pertimbangan sendiri bagi perusahaan, sehingga software dapat selalu diperbarui seiring dengan pembaruan perangkat lunak pada sistem komputer yang digunakan.

Pembaruan software ini jadi aspek yang penting karena pasti akan berpengaruh pada kemampuan, fitur yang dapat diakses, database dan kecepatan akses. Paling tidak selama 3 sampai 5 tahun kedepan Anda tidak perlu bingung lagi untuk berurusan dengan hal-hal teknis tersebut.

  1. Sistem yang Terintegrasi

Setelah memenuhi 4 kriteria sebelumnya, akan lebih baik jika software yang Anda pilih memiliki fungsi yang terintegrasi. Tidak hanya mengelola invoice saja, tetapi dapat juga membayar tagihan pajak Anda.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa software pengelola invoice memiliki ranah yang sangat luas. Banyak penyedia software yang menawarkan berbagai fungsi yang juga bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  Lulusan Tidak Memiliki Ijazah

Daripada memilih software yang berbeda untuk setiap fungsi dalam transaksi keuangan, ada baiknya Anda menggunakan software yang sudah menyediakan beragam layanan dalam satu aplikasi seperti aplikasi invoice yang bernama Mekari.

Sebagai mitra resmi DJP, Mekari menjamin data Anda tersimpan secara aman di sistem cloud Mekari. Tidak hanya aman, Anda dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja, asalkan tersambung dengan koneksi internet.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Invoice dari Mekari

Untuk lebih detailnya, berikut beberapa keuntungan menggunakan aplikasi invoice dari Mekari:

  • Mendukung Faktur Berulang
    Aplikasi pencatatan faktur ini, tentu saja mendukung faktor berulang sehingga Anda bisa menagih pembayaran dalam jumlah yang sama pada jadwal yang sudah ditentukan.

    Aplikasi ini memungkinkan untuk mengumpulkan pembayaran hingga mengingatkan pelanggan yang sudah jatuh tempo atau terlambat dalam membayar tagihan. Kegiatan berulang ini tentu saja bisa dilakukan lebih efisien lewat adanya software online invoice.

  • Faktur Aman di Server Cloud
    Berbicara soal keamanan data, tentu saja aplikasi faktur ini sangat aman karena sudah tersertifikasi oleh ISO 27001. Bahkan keamanan aplikasi investime sudah setara dengan bank-bank besar di Indonesia seperti Bank BCA, Mandiri, BNI, Danamon hingga OCBC NISP.
  • Menguntungkan Bagi Bisnis yang Dijalankan
    Dengan adanya aplikasi invoice, tentu saja Anda tidak perlu lagi melakukan penghitungan secara manual lewat aplikasi Microsoft Excel. Semua perhitungan sudah dilakukan secara otomatis bahkan sudah termasuk penghitungan pajak.

    Anda tidak perlu khawatir adanya kekeliruan dalam proses penghitungan invoice dan juga faktur karena semuanya sudah dilakukan secara otomatis di dalam aplikasi.

    Dengan adanya kemampuan ini tentu perusahaan jadi lebih mudah untuk melakukan pengelolaan di aplikasi invoice.

    Mulai dari membuat invoice, mengirim invoice secara online. Bayaran juga lebih cepat di dapatkan oleh perusahaan karena pengiriman invoice yang tepat waktu ke pelanggan.

  • Kemudahan dalam Integrasi
    Lewat software ini, Anda lebih mudah untuk melakukan integrasi data transaksi atau invoice ke laporan. Sehingga owner perusahaan bisa mengetahui kondisi bisnis secara spesifik.
  • Riwayat Pengeluaran Lengkap
    Rekap data didapatkan lebih terperinci karena sudah otomatis terinput ke dalam sistem. Data ini juga lebih mudah dalam pelacakannya.
  • Akses Mengurus Pajak
    Mekari menyediakan fitur e-Faktur dimana Anda dapat membuat faktur komersial serta mengelola PPN, PPh Final, PPh 21 dan membayar pajaknya sekaligus dengan Mekari.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Invoice dari Mekari
Adapun berbagai manfaat jika Anda menggunakan aplikasi invoice dariĀ  Mekari, di antaranya:

  • Software Payroll & HRIS
    Adalah sebuah proses administrasi HR dan payroll yang dapat dilakukan secara lebih efisien melalui automasi.
  • Software Akuntansi yang Terintegrasi
    Anda bisa mendapatkan data transaksi, stok barang, dan laporan keuangan secara real-time.
  • Software pengelolaan pajak online
    Sebagai mitra resmi DJP Indonesia, Mekari memiliki standar keamanan bersertifikasi internasional.
  • Aplikasi Personalisasi
    Anda bisa mengelola asuransi dan berbagai program benefit karyawan sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.
  • Software CRM Omni-channel
    Merupakan aplikasi CRM end-to-end untuk otomasikan sistem penjualan dan berbagai layanan pelanggan.

Dengan berbagai manfaat yang didapatkan, kini Mekari telah menjadi pilihan bagi puluhan ribu perusahaan yang membutuhkan solusi pengelolaan sumber daya manusia serta finansial yang berbasis cloud computing.

Ingin tahu lebih jauh mengenai e-Faktur Mekari? Yuk, pakai Mekari dan dapatkan gratis akses 14 hari!

- Advertisement -

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/