alexametrics
21.2 C
Madura
Saturday, June 25, 2022

10 Alasan Mengapa Bisnis Harus Membuat Pembukuan Keuangan yang Rapi

Pembukuan dalam perusahaan bisnis menjadi dasar dalam sebuah sistem akuntansi. Semua jenis bisnis dari skala kecil sampai dengan besar perlu untuk membuat catatan keuangan. Pencatatan sederhana keuangan bisnis sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda. Melalui pembukuan, perusahaan Anda bisa melihat bagaimana kondisi keuangan bisnis, keuntungan, kerugian, dan lain sebagainya.

Pembukuan toko ini merupakan bentuk pertanggungjawaban dari operasional dan juga keuangan bisnis Anda. Bahkan perusahaan besar pun pernah tersangkut dengan masalah pembukuan ini dan hasilnya sangat mengejutkan dimana pembukuan keuangan tersebut tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan ini sudah seharusnya pembukuan ditulis dengan menggunakan standar akuntansi yang baik dan benar.

Mengenal Apa itu Pembukuan

Pembukuan adalah hal yang penting dalam berbagai lini bisnis tak terkecuali perguruan tinggi. Mengapa demikian? Karena pembukuan terkait erat dengan masalah keuangan dan kita memiliki ingatan yang terbatas. Oleh karena itu kita membutuhkan sistem pencatatan yang sederhana dan mudah dimengerti. Pembukuan yang sederhana belum tentu bisa dengan mudah dipahami, karena mungkin informasi yang disajikan tidak mencukupi.

Sebagian staf keuangan kampus beranggapan membuat pembukuan keuangan adalah hal yang rumit. Jadi meskipun mereka mengetahui bahwa hal ini penting, terkadang tidak menjadi prioritas dan malah ditunda-tunda. Namun jika diteruskan hingga berlarut-larut, maka bisa menyebabkan proses bisnis kampus menjadi tersendat-sendat.

Selain untuk mengetahui kondisi keuangan perguruan tinggi secara akurat, pembukuan keuangan juga dapat menghindarkan kampus anda dari kecurangan dalam keuangan, membantu untuk mengambil keputusan yang tepat dalam beberapa kebijakan perguruan tinggi.

Jenis pembukuan sederhana dalam laporan keuangan

Pembukuan sederhana di perguruan tinggi terdiri dari beberapa jenis pencatatan yang bisa anda buat dengan mudah, yaitu:

  1. Pembukuan Catatan Kas

Jenis ini, sering juga disebut dengan buku kas. Buku kas ini, merupakan gabungan catatan antara transaksi pengeluaran dan pemasukan. Untuk membuat pembukuan ini sangat mudah lho! Anda hanya perlu menuliskan semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi dalam aktivitas perguruan tinggi anda.

Pemasukan dan pengeluaran dalam perguruan tinggi sangat penting untuk dicatat dan diketahui. Supaya anda bisa lebih mudah untuk target dan lain sebagainya. Anda bisa mencatat mulai dari pemasukan, belanja pembelian, kegiatan operasional, administrasi, gaji karyawan dan lainnya dalam pembukuan kas ini setiap bulannya.

  1. Pembukuan Inventaris Aset

Pembukuan inventaris aset ini bisa sangat membantu anda untuk menjaga aset perguruan tinggi, supaya tetap terkendali dan bertambah. Nah, isinya berupa catatan setiap barang atau aset yang dibeli dan miliki. Tapi, jangan lupa sewaktu mencatat aset baru, lakukan juga pencatatan pengeluaran kasa atas pembelian barang tersebut ya.

Ada beberapa manfaat dari pencatatan inventaris barang ini, yaitu:

  • Mempermudah pengawasan aset.
  • Menjaga atau mencegah barang agar tidak mudah hilang.
  • Meringankan beban untuk melakukan pengecekan barang.
  • Mempermudah kegiatan mutasi atau penghapusan barang.
  • Bentuk pertanggungjawaban dengan memiliki bukti tertulis terhadap pengelolaan barang.

Seberapa Penting Pembukuan Keuangan?

Banyak yang menanyakan seberapa penting pembukuan keuangan tersebut? jawabannya adalah sangat penting. Saat ini adalah era digital sehingga membuat pembuatan pembukuan keuangan lebih mudah dan praktis.  Memang saat ini bisnis sedang sulit-sulitnya namun setidaknya dengan membuat pembukuan keuangan ini Anda justru tahu seperti apa performa bisnis Anda dan juga kondisi bisnis Anda saat ini.

Ada beberapa alasan mengapa pembuatan buku pembukuan keuangan ini sangat penting bagi suatu bisnis dan perusahaan seperti berikut ini:

  1. Mengetahui jumlah aset

Alasan pertama mengapa program pembukuan keuangan ini penting adalah dengan laporan ini Anda jadi tahu seberapa besar jumlah aset perusahaan Anda. Sudah berapa lama Anda menggeluti bisnis ini? dan sudah berapa banyak aset bisnis yang Anda dapatkan?

Baca Juga :  Ekonomi Kreatif Sangat Menjanjikan, Ini Salah Satunya

Banyak pengusaha yang sering mengabaikan asetnya sehingga mereka tidak sadar berapa banyak aset yang dimiliki. Pembukuan keuangan ini juga bisa memantau aset Anda secara real time bahkan ketika ada perubahan nilai aset dan pembukuan keuangan Anda bisa mengetahuinya dengan baik.

  1. Menghitung hutang

Alasan mengapa laporan pembukuan keuangan ini sangat penting bagi bisnis Anda adalah mampu menghitung hutang.  Hutang bisnis ini sangat penting untuk dihitung baik hutang kepada supplier atau kepada pemilik modal bahkan hutang kepada pihak eksternal seperti bank. Memang kebanyakan bisnis ini tidak bisa terlepas dari hutang dan menjadi hal lumrah dilakukan.  Dengan pembukuan keuangan ini Anda jadi tahu jumlah nominal hutang bisnis secara pasti.

  1. Memantau perkembangan bisnis

Laporan akan membantu Anda dalam memantau perkembangan bisnis. Dengan laporan ini Anda mengetahui berapa banyak modal yang dikeluarkan, pangsa pasar, dan lain sebagainya. Pembukuan keuangan ini pun memiliki beberapa jenis dan setiap jenisnya memiliki fungsinya masing-masing seperti laporan laba rugi, neraca, arus kas, dan lain sebagainya. Dari semua laporan ini Anda akan tahu bagaimana posisi perusahaan Anda saat ini.

  1. Alat untuk mengambil keputusan

Laporan pembukuan keuangan ini bisa menjadi sumber informasi yang akurat terhadap kondisi bisnis Anda. Dengan mengetahui informasi yang akurat dan real time Anda jadi tahu apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Informasi yang tidak akurat hanya akan membuat langkah yang diambil ini salah dan tidak bagus untuk bisnis Anda.

  1. Memudahkan analisis keuangan usaha

Secara definisi, pembukuan merupakan pencatatan transaksi keuangan ke dalam catatan akuntansi. Transaksi meliputi penjualan, pembelian, pendapatan, dan pengeluaran oleh perseorangan maupun organisasi.

Bermodalkan pembukuan ini, Anda dapat melakukan analisis keuangan usaha. Apakah bisnis Anda sehat? Atau sedang kurang baik? Semuanya dapat tercermin dalam pembukuan usaha Anda.

Tanpa adanya pembukuan? Mustahil Anda dapat memastikan kesehatan usaha. Anda juga sulit memastikan milestone yang sudah dicapai, naik turunnya omzet, hingga angka penjualan yang angkanya fluktuatif. Pembukuan usaha ibarat peta bagi seorang pelaut, tanpanya Anda akan berjalan tak tentu arah.

  1. Mengontrol perkembangan bisnis

Sejalan dengan poin sebelumnya, setelah memastikan kesehatan keuangan usaha, Anda pun dapat memantau perkembangan bisnis. Adakah peningkatan penjualan?

Apakah labanya juga naik? Atau produk mana yang paling laris? Semuanya dapat Anda ketahui dengan mudah dengan memiliki pembukuan usaha.

Tanpa pembukuan, Anda hanya menduga-duga bahwa bisnis Anda berkembang. Pembukuan akan memberi validasi apakah usaha Anda benar-benar berkembang atau tidak.

Jika sudah dilihat dan ternyata usaha Anda tergolong stagnan, maka Anda pun mantap untuk mengambil tindakan agar bisnis tetap melaju.

  1. Sumber informasi untuk mengambil keputusan

Banyak hal yang diceritakan oleh catatan pembukuan usaha. Mulai dari penjualan, catatan arus kas, hingga laporan laba rugi. Tentu semua informasi tersebut sangat berguna untuk mengambil keputusan bisnis.

Misalnya, saat salah satu produk penjualannya kurang dan mengakibatkan kerugian, maka Anda dapat memutuskan untuk tidak mengurangi stok barang tersebut. Atau bisa juga dengan mengubah peletakan barang jadi lebih terlihat.

Pengambilan keputusan tentu menjadi hal yang sangat krusial dalam bisnis. Jika salah, akibatnya bisa fatal. Oleh karena itu, diperlukan informasi yang valid sebagai pijakan dalam mengambil keputusan, yaitu pembukuan usaha.

  1. Melancarkan proses pelaporan pajak usaha

Dengan pembukuan yang rapi, Anda juga dapat lebih mudah melaporkan pajak tahunan Anda. Pajak usaha wajib dilaporkan tiap tahun dan membutuhkan angka-angka yang harus diisi.

Baca Juga :  Nikmati Sensasi Kopi dengan Alunan Musik di Story Coffe

Bagaimana Anda bisa mengisi formulir pajak, jika tidak punya pembukuan yang rapi? Tentu tidak mungkin mengarang bukan? Bersumber dari pembukuan usaha lah, besaran pajak usaha Anda ditetapkan.

  1. Lebih mudah mendapat sumber permodalan

Siapa yang tidak butuh modal usaha? Semua bisnis pasti membutuhkan formula yang satu ini. Bagai kendaraan, modal adalah bahan bakar untuk mengembangkan bisnis serta melipatgandakan keuntungan.

Tak cuma di awal bisnis, tapi saat bisnis sedang berjalan, modal usaha tetap diperlukan. Misalnya, untuk melakukan ekspansi usaha atau membuka toko cabang baru.

  1. Pembukuan Menjadi Pemisah Aset Bisnis & Aset Pribadi

Mungkin perkara memisahkan aset ini terdengar sepele, tapi jika tidak dilakukan akan menyulitkan bisnis Anda di kemudian hari. Biasanya, pedagang pemula tidak memisahkan antara aset pribadi dan aset bisnis. Namun, seiring waktu saat bisnis makin besar, keduanya harus dipisahkan.

Pemisahnya adalah pembukuan usaha yang rapi dan profesional. Aset bisnis akan tertera dengan jelas karena dibeli dengan uang hasil usaha. Bukan kantong pribadi Anda.

Lantas, bagaimana jika sudah tercampur? Segera rapikan pembukuan usaha dan tentukan, apakah aset tersebut mau Anda dedikasikan untuk usaha atau tetap jadi aset pribadi Anda.

Tak cuma memisahkan aset, memisahkan rekening juga penting agar bisnis semakin rapi dan profesional. Nah, pembukuan usaha menjadi dasar untuk pemisahan ini, jika sudah terlanjur tercampur.

Dengan rekening usaha dan pribadi yang terpisah, Anda juga telah mengelola dana operasional dan modal usaha dengan lebih baik.

Cara manual hanya akan membuat waktu dan tenaga yang dikeluarkan lebih banyak dibandingkan dengan cara otomatis. Tidak hanya itu saja hasilnya pun belum tentu akurat yang mana hal ini akan membahayakan bagi bisnis Anda. Untuk membuat pembukuan lebih cepat dan akurat Anda bisa menggunakan jasa Jurnal by Mekari.

Jurnal by Mekari merupakan program akuntansi online dengan pembukuan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan seperti Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan program akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat pembukuan keuangan.

Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan pembukuan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan pembukuan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun.

Jurnal by Mekari dapat di akses di laman https://www.Jurnal.id dan tersedia di platform Android. Download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari.

Pembukuan dalam perusahaan bisnis menjadi dasar dalam sebuah sistem akuntansi. Semua jenis bisnis dari skala kecil sampai dengan besar perlu untuk membuat catatan keuangan. Pencatatan sederhana keuangan bisnis sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda. Melalui pembukuan, perusahaan Anda bisa melihat bagaimana kondisi keuangan bisnis, keuntungan, kerugian, dan lain sebagainya.

Pembukuan toko ini merupakan bentuk pertanggungjawaban dari operasional dan juga keuangan bisnis Anda. Bahkan perusahaan besar pun pernah tersangkut dengan masalah pembukuan ini dan hasilnya sangat mengejutkan dimana pembukuan keuangan tersebut tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan ini sudah seharusnya pembukuan ditulis dengan menggunakan standar akuntansi yang baik dan benar.

Mengenal Apa itu Pembukuan


Pembukuan adalah hal yang penting dalam berbagai lini bisnis tak terkecuali perguruan tinggi. Mengapa demikian? Karena pembukuan terkait erat dengan masalah keuangan dan kita memiliki ingatan yang terbatas. Oleh karena itu kita membutuhkan sistem pencatatan yang sederhana dan mudah dimengerti. Pembukuan yang sederhana belum tentu bisa dengan mudah dipahami, karena mungkin informasi yang disajikan tidak mencukupi.

Sebagian staf keuangan kampus beranggapan membuat pembukuan keuangan adalah hal yang rumit. Jadi meskipun mereka mengetahui bahwa hal ini penting, terkadang tidak menjadi prioritas dan malah ditunda-tunda. Namun jika diteruskan hingga berlarut-larut, maka bisa menyebabkan proses bisnis kampus menjadi tersendat-sendat.

Selain untuk mengetahui kondisi keuangan perguruan tinggi secara akurat, pembukuan keuangan juga dapat menghindarkan kampus anda dari kecurangan dalam keuangan, membantu untuk mengambil keputusan yang tepat dalam beberapa kebijakan perguruan tinggi.

Jenis pembukuan sederhana dalam laporan keuangan

Pembukuan sederhana di perguruan tinggi terdiri dari beberapa jenis pencatatan yang bisa anda buat dengan mudah, yaitu:

  1. Pembukuan Catatan Kas

Jenis ini, sering juga disebut dengan buku kas. Buku kas ini, merupakan gabungan catatan antara transaksi pengeluaran dan pemasukan. Untuk membuat pembukuan ini sangat mudah lho! Anda hanya perlu menuliskan semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi dalam aktivitas perguruan tinggi anda.

Pemasukan dan pengeluaran dalam perguruan tinggi sangat penting untuk dicatat dan diketahui. Supaya anda bisa lebih mudah untuk target dan lain sebagainya. Anda bisa mencatat mulai dari pemasukan, belanja pembelian, kegiatan operasional, administrasi, gaji karyawan dan lainnya dalam pembukuan kas ini setiap bulannya.

  1. Pembukuan Inventaris Aset

Pembukuan inventaris aset ini bisa sangat membantu anda untuk menjaga aset perguruan tinggi, supaya tetap terkendali dan bertambah. Nah, isinya berupa catatan setiap barang atau aset yang dibeli dan miliki. Tapi, jangan lupa sewaktu mencatat aset baru, lakukan juga pencatatan pengeluaran kasa atas pembelian barang tersebut ya.

Ada beberapa manfaat dari pencatatan inventaris barang ini, yaitu:

  • Mempermudah pengawasan aset.
  • Menjaga atau mencegah barang agar tidak mudah hilang.
  • Meringankan beban untuk melakukan pengecekan barang.
  • Mempermudah kegiatan mutasi atau penghapusan barang.
  • Bentuk pertanggungjawaban dengan memiliki bukti tertulis terhadap pengelolaan barang.

Seberapa Penting Pembukuan Keuangan?

Banyak yang menanyakan seberapa penting pembukuan keuangan tersebut? jawabannya adalah sangat penting. Saat ini adalah era digital sehingga membuat pembuatan pembukuan keuangan lebih mudah dan praktis.  Memang saat ini bisnis sedang sulit-sulitnya namun setidaknya dengan membuat pembukuan keuangan ini Anda justru tahu seperti apa performa bisnis Anda dan juga kondisi bisnis Anda saat ini.

Ada beberapa alasan mengapa pembuatan buku pembukuan keuangan ini sangat penting bagi suatu bisnis dan perusahaan seperti berikut ini:

  1. Mengetahui jumlah aset

Alasan pertama mengapa program pembukuan keuangan ini penting adalah dengan laporan ini Anda jadi tahu seberapa besar jumlah aset perusahaan Anda. Sudah berapa lama Anda menggeluti bisnis ini? dan sudah berapa banyak aset bisnis yang Anda dapatkan?

Baca Juga :  Penyerapan Bantuan Modal Usaha Rendah

Banyak pengusaha yang sering mengabaikan asetnya sehingga mereka tidak sadar berapa banyak aset yang dimiliki. Pembukuan keuangan ini juga bisa memantau aset Anda secara real time bahkan ketika ada perubahan nilai aset dan pembukuan keuangan Anda bisa mengetahuinya dengan baik.

  1. Menghitung hutang

Alasan mengapa laporan pembukuan keuangan ini sangat penting bagi bisnis Anda adalah mampu menghitung hutang.  Hutang bisnis ini sangat penting untuk dihitung baik hutang kepada supplier atau kepada pemilik modal bahkan hutang kepada pihak eksternal seperti bank. Memang kebanyakan bisnis ini tidak bisa terlepas dari hutang dan menjadi hal lumrah dilakukan.  Dengan pembukuan keuangan ini Anda jadi tahu jumlah nominal hutang bisnis secara pasti.

  1. Memantau perkembangan bisnis

Laporan akan membantu Anda dalam memantau perkembangan bisnis. Dengan laporan ini Anda mengetahui berapa banyak modal yang dikeluarkan, pangsa pasar, dan lain sebagainya. Pembukuan keuangan ini pun memiliki beberapa jenis dan setiap jenisnya memiliki fungsinya masing-masing seperti laporan laba rugi, neraca, arus kas, dan lain sebagainya. Dari semua laporan ini Anda akan tahu bagaimana posisi perusahaan Anda saat ini.

  1. Alat untuk mengambil keputusan

Laporan pembukuan keuangan ini bisa menjadi sumber informasi yang akurat terhadap kondisi bisnis Anda. Dengan mengetahui informasi yang akurat dan real time Anda jadi tahu apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Informasi yang tidak akurat hanya akan membuat langkah yang diambil ini salah dan tidak bagus untuk bisnis Anda.

  1. Memudahkan analisis keuangan usaha

Secara definisi, pembukuan merupakan pencatatan transaksi keuangan ke dalam catatan akuntansi. Transaksi meliputi penjualan, pembelian, pendapatan, dan pengeluaran oleh perseorangan maupun organisasi.

Bermodalkan pembukuan ini, Anda dapat melakukan analisis keuangan usaha. Apakah bisnis Anda sehat? Atau sedang kurang baik? Semuanya dapat tercermin dalam pembukuan usaha Anda.

Tanpa adanya pembukuan? Mustahil Anda dapat memastikan kesehatan usaha. Anda juga sulit memastikan milestone yang sudah dicapai, naik turunnya omzet, hingga angka penjualan yang angkanya fluktuatif. Pembukuan usaha ibarat peta bagi seorang pelaut, tanpanya Anda akan berjalan tak tentu arah.

  1. Mengontrol perkembangan bisnis

Sejalan dengan poin sebelumnya, setelah memastikan kesehatan keuangan usaha, Anda pun dapat memantau perkembangan bisnis. Adakah peningkatan penjualan?

Apakah labanya juga naik? Atau produk mana yang paling laris? Semuanya dapat Anda ketahui dengan mudah dengan memiliki pembukuan usaha.

Tanpa pembukuan, Anda hanya menduga-duga bahwa bisnis Anda berkembang. Pembukuan akan memberi validasi apakah usaha Anda benar-benar berkembang atau tidak.

Jika sudah dilihat dan ternyata usaha Anda tergolong stagnan, maka Anda pun mantap untuk mengambil tindakan agar bisnis tetap melaju.

  1. Sumber informasi untuk mengambil keputusan

Banyak hal yang diceritakan oleh catatan pembukuan usaha. Mulai dari penjualan, catatan arus kas, hingga laporan laba rugi. Tentu semua informasi tersebut sangat berguna untuk mengambil keputusan bisnis.

Misalnya, saat salah satu produk penjualannya kurang dan mengakibatkan kerugian, maka Anda dapat memutuskan untuk tidak mengurangi stok barang tersebut. Atau bisa juga dengan mengubah peletakan barang jadi lebih terlihat.

Pengambilan keputusan tentu menjadi hal yang sangat krusial dalam bisnis. Jika salah, akibatnya bisa fatal. Oleh karena itu, diperlukan informasi yang valid sebagai pijakan dalam mengambil keputusan, yaitu pembukuan usaha.

  1. Melancarkan proses pelaporan pajak usaha

Dengan pembukuan yang rapi, Anda juga dapat lebih mudah melaporkan pajak tahunan Anda. Pajak usaha wajib dilaporkan tiap tahun dan membutuhkan angka-angka yang harus diisi.

Baca Juga :  BRI Sampang Tabur Undian Berhadiah Jutaan Kepada Nasabahnya

Bagaimana Anda bisa mengisi formulir pajak, jika tidak punya pembukuan yang rapi? Tentu tidak mungkin mengarang bukan? Bersumber dari pembukuan usaha lah, besaran pajak usaha Anda ditetapkan.

  1. Lebih mudah mendapat sumber permodalan

Siapa yang tidak butuh modal usaha? Semua bisnis pasti membutuhkan formula yang satu ini. Bagai kendaraan, modal adalah bahan bakar untuk mengembangkan bisnis serta melipatgandakan keuntungan.

Tak cuma di awal bisnis, tapi saat bisnis sedang berjalan, modal usaha tetap diperlukan. Misalnya, untuk melakukan ekspansi usaha atau membuka toko cabang baru.

  1. Pembukuan Menjadi Pemisah Aset Bisnis & Aset Pribadi

Mungkin perkara memisahkan aset ini terdengar sepele, tapi jika tidak dilakukan akan menyulitkan bisnis Anda di kemudian hari. Biasanya, pedagang pemula tidak memisahkan antara aset pribadi dan aset bisnis. Namun, seiring waktu saat bisnis makin besar, keduanya harus dipisahkan.

Pemisahnya adalah pembukuan usaha yang rapi dan profesional. Aset bisnis akan tertera dengan jelas karena dibeli dengan uang hasil usaha. Bukan kantong pribadi Anda.

Lantas, bagaimana jika sudah tercampur? Segera rapikan pembukuan usaha dan tentukan, apakah aset tersebut mau Anda dedikasikan untuk usaha atau tetap jadi aset pribadi Anda.

Tak cuma memisahkan aset, memisahkan rekening juga penting agar bisnis semakin rapi dan profesional. Nah, pembukuan usaha menjadi dasar untuk pemisahan ini, jika sudah terlanjur tercampur.

Dengan rekening usaha dan pribadi yang terpisah, Anda juga telah mengelola dana operasional dan modal usaha dengan lebih baik.

Cara manual hanya akan membuat waktu dan tenaga yang dikeluarkan lebih banyak dibandingkan dengan cara otomatis. Tidak hanya itu saja hasilnya pun belum tentu akurat yang mana hal ini akan membahayakan bagi bisnis Anda. Untuk membuat pembukuan lebih cepat dan akurat Anda bisa menggunakan jasa Jurnal by Mekari.

Jurnal by Mekari merupakan program akuntansi online dengan pembukuan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan seperti Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan program akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat pembukuan keuangan.

Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan pembukuan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan pembukuan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun.

Jurnal by Mekari dapat di akses di laman https://www.Jurnal.id dan tersedia di platform Android. Download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/