alexametrics
28.9 C
Madura
Thursday, August 11, 2022

Perkembangan Metode Absensi dan Perbandingannya dengan Metode Konvensional

ABSENSI MOBILE sendiri merupakan salah satu penggunaan sistem metode absensi yang untuk saat ini pasti sudah sangat familiar bagi beberapa orang. Apalagi saat ini kita sudah memasuki era teknologi yang semakin maju dan berkembang sangat pesat, sehingga rasanya penggunaan dari metode absensi mobile pasti bukan menjadi hal yang asing lagi untuk Anda dengar.

Di era yang saat ini sudah memasuki 4.0 di Indonesia sehingga penggunaan aplikasi berbasis digital pun yang dapat digunakan dengan mudah, cepat, dan tidak dapat lagi dipisahkan oleh kehidupan manusia. Salah satu perkembangan teknologi yang saat ini banyak digunakan di area instansi baik swasta maupun pemerintahan adalah penggunaan dari absensi mobile.

Saat ini, telah banyak instansi baik swasta maupun pemerintahan yang menerapkan penggunaan dari absensi mobile yang dinilai jauh lebih aman, akurat, dan praktis jika dibandingkan dengan penggunaan metode absensi secara manual. Kemunculan dari absensi mobile ini sendiri sebenarnya baru dikembangkan seiring dengan penggunaan internet yang mulai bisa dijangkau dengan mudah oleh orang orang.

Dengan metode sistemnya yang menggunakan teknologi, tentu ada banyak keunggulan ataupun kelebihan yang akan diberikan ketika suatu perusahaan menerapkan penggunaan dari aplikasi absensi mobile. Hal ini akan berbeda dengan perusahaan yang menggunakan sistem konvensional seperti sistem fingerprint hingga mesin absensi check lock. Semakin mudahnya akses penggunaan koneksi internet saat ini yang sudah bisa dijangkau oleh siapa saja, keunggulan aplikasi absensi mobile ini menjadi banyak pilihan perusahaan apalagi harga yang ditawarkan pun relatif lebih murah dan bahkan ada aplikasi yang tidak membutuhkan biaya sama sekali.

Lalu, bagaimana sistem penggunaan dari metode absensi dengan sistem mobile ini dan apa saja keunggulan yang ditawarkan? Berikut adalah penjelasannya lebih lengkap sehingga Anda pun bisa mempertimbangkan perusahaan milik Anda untuk menggunakan metode absensi satu ini.

 

Perkembangan Penerapan Sistem Absensi pada Instansi

Pada dasarnya, sistem absensi ini sendiri merupakan suatu hal yang tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Secara umum sistem ini pun sudah digunakan sebagai suatu bentuk tanda kehadiran bagi seseorang yang telah digunakan sejak masa sekolah dulu. Penggunaan dari sistem absensi saat itu masih menggunakan sistem yang sangat manual, yaitu dengan memanggil setiap murid satu persatu dan mencatat nama anak tersebut pada buku daftar kehadiran.

Tentunya sistem seperti ini tidak mungkin dilakukan pada suatu instansi baik pemerintahan maupun swasta yang memiliki jumlah karyawan hingga mencapai ratusan. Akan tetapi, sebelum perkembangan teknologi berkembang dengan pesat tentu penggunaan metode absensi secara manual dengan menggunakan kertas ini pernah digunakan. Hanya saja, biasanya setiap karyawan perusahaan maupun instansi pemerintahan akan diberikan sebuah kertas yang di mana mereka bisa mengisi nama dan memberikan paraf sebagai tanda kehadiran.

Tentunya, metode absensi manual seperti ini memiliki risiko untuk di manipulasi lebih besar apalagi tanpa adanya pengawasan. Oleh karena itu, kini Anda sudah tidak akan lagi menemukan metode absensi dengan sistem manual baik di instansi pemerintahan maupun swasta karena penggunaannya yang dinilai tidak praktis, membuang banyak waktu, dan data yang didapatkan oleh perusahaan pun terkadang tidak akurat karena human error.

Untuk saat ini, beberapa perusahaan maupun instansi pemerintahan masih ada yang menerapkan sistem absensi konvensional yaitu dengan penggunaan sistem absensi fingerprint ataupun check lock. Secara umum, metode absensi dengan sistem konvensional ini tidak menggunakan teknologi secara keseluruhan karena ketika sudah mendekati akhir bulan gajian para karyawan pun pihak staf HRD perusahaan tetap akan melakukan rekapitulasi dan perhitungan daftar kehadiran setiap karyawan perusahaan.

Maka dari itu, bisa dikatakan jika penggunaan metode absensi konvensional ini juga bisa terjadi human error jika tidak diteliti dengan baik. Selain itu, metode seperti ini pun juga lebih banyak memakan waktu karena perusahaan harus kembali melakukan perhitungan daftar hadir karyawan dan melakukan rekapitulasi. Jika dibandingkan dengan metode aplikasi absensi mobile, tentu akan sangat berbeda. Sistem aplikasi absensi mobile menggunakan sebuah sistem yang otomatis, di mana setiap data daftar kehadiran karyawan akan dihitung sehingga hal ini pun tentu akan sangat membantu para karyawan perusahaan.

Baca Juga :  DPRD Pamekasan Tagih Janji Revisi HPP Garam

 

Aplikasi Absensi Mobile

Jika dibandingkan dengan metode sistem absensi yang lain, memang sistem absen mobil dinilai lebih banyak memberikan keunggulan kepada perusahaan. Dengan sistem yang begitu cepat, praktis, dan akurat tentu penggunaan metode aplikasi absensi mobile ini akan sangat membantu staf HRD perusahaan ketika sedang melakukan rekapitulasi data karyawan pada akhir bulan.

Selain itu, perusahaan pun tidak perlu khawatir akan mengalami human error karena daftar kehadiran yang telah di rekapitulasi tersebut telah terhitung secara otomatis oleh sistem yang mana perhitungan tersebut akan lebih akurat jika dibandingkan saat dihitung oleh star HRD perusahaan. Bagaimana pun, setiap data kehadiran karyawan perusahaan maupun instansi pemerintahan ini harus memiliki data yang akurat karena data tersebut akan digunakan oleh perusahaan untuk perhitungan gaji bersih dari karyawan mereka.

Selain dikenal sebagai sistem absensi yang sangat efektif dan efisien, penggunaan absensi mobile ini tidak memerlukan waktu yang banyak. Setiap karyawan perusahaan yang menggunakan aplikasi absensi mobile ini hanya memerlukan sambungan internet yang baik saja serta perangkat yang telah terpasang dengan aplikasi absensi mobile ini. Saat karyawan akan melakukan proses check in atau melakukan absen pada aplikasi, Anda akan diminta untuk mengaktifkan GPS ponsel terlebih dahulu jika Anda belum melakukannya. Pengaktifan GPS ini sendiri sebenarnya agar perusahaan bisa mengetahui kira kira di mana kah lokasi karyawan mereka berada ketika sedang melakukan absensi.

 

Keunggulan Aplikasi Absensi Mobile Dibandingkan Absensi Metode Konvensional

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa penggunaan dari aplikasi absensi mobile ini memang memiliki keunggulan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan absensi dengan metode konvensional misalnya dengan menggunakan sistem sidik jari ataupun check lock. Memang ketika menggunakan metode absensi dengan aplikasi absensi mobile ini penggunaannya dinilai lebih praktis, akurat, dan sangat efisien.

Staf HRD perusahaan sudah tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk sekedar mengolah perhitungan daftar kehadiran karyawan perusahaan yang jumlahnya bisa mencapai ratusan atau bahkan ribuan karyawan. Tentu saja, hal ini membuat aplikasi absen mobile menjadi begitu populer di kalangan perusahaan maupun instansi pemerintahan untuk saat ini.

Namun, nyatanya masih banyak keunggulan lain dari aplikasi absensi mobile yang bisa menjadi perbandingan dengan metode absensi konvensional. Berikut adalah beberapa perbandingan antara penggunaan aplikasi absensi mobile dengan sistem absensi konvensional, antara lain:

 

  • Fleksibilitas

Seperti yang Anda ketahui bahwa penggunaan absensi mobile ini berupa aplikasi sehingga setiap karyawan bisa menggunakannya di mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan sambungan internet yang baik. Tentu hal ini akan sangat membantu para karyawan khususnya yang memang memiliki pekerjaan di luar perusahaan.

Para karyawan perusahaan pun sudah tidak perlu repot-repot lagi kembali ke kantor hanya untuk melakukan absen baik itu saat jam masuk kantor atau jam pulang kantor. Pada saat seperti itu, sebenarnya para karyawan bisa melakukan tugasnya yang lain sehingga karyawan pun bisa lebih produktif.

Akan tetapi, ketika perusahaan menggunakan sistem absensi konvensional seperti sistem sidik jari ataupun mesin check lock, maka tidak ada pilihan lain selain karyawan mengikuti dan harus kembali ke kantor untuk melakukan daftar kehadiran.

 

  • Keamanan

Penggunaan aplikasi absensi mobile ini dinilai jauh lebih aman karena memiliki sistem keamanan yang berlapis jika dibandingkan dengan metode absensi dengan sistem konvensional. Walaupun absensi konvensional menggunakan sistem teknologi, tetapi metode ini tidak bisa melakukan metode secara otomatis, sehingga membuat staf HRD perusahaan harus melakukan perhitungan secara manual untuk melakukan rekapitulasi daftar kehadiran setiap karyawan perusahaan. Tentu, bukan hal yang tidak mungkin jika kecurangan itu bisa terjadi sehingga metode konvensional ini tidak memiliki keamanan yang baik karena sangat rawan terhadap manipulasi data.

Baca Juga :  Metode Tes Covid-19 RSUD Syamrabu Bangkalan Beragam

Tentu, data yang di manipulasi ini sangat merugikan perusahaan karena data dari daftar kehadiran karyawan menjadi tidak akurat. Sementara, ketika perusahaan menggunakan sistem dengan absensi mobile akan sangat membantu perusahaan karena sistemnya akan langsung menyimpan data setiap karyawan secara otomatis setelah aplikasi melakukan perhitungan terhadap data daftar kehadiran karyawan yang masuk ke dalam sistem.

Tidak hanya itu, sistem aplikasi absensi mobile ini juga terhubung dengan database perusahaan sehingga setiap data yang sudah diolah akan di kirim dan di simpan dalam database perusahaan secara otomatis. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak perusahaan banyak yang menaruh minat untuk menggunakan aplikasi absensi mobile.

 

  • Monitor Waktu dan Kinerja Karyawan

Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap data karyawan yang telah masuk dan tersimpan di dalam aplikasi ini nantinya bisa dilihat secara keseluruhan oleh staff HR perusahaan secara real time melalui penggunaan absensi mobile yang memang secara otomatis telah terkoneksi secara online. Hal seperti ini sangat memudahkan pekerjaan staff HR perusahaan ketika ingin memantau kira kira seperti apa kinerja dari karyawan perusahaan.

Selain itu, sinkronisasi dari data yang masuk ke dalam aplikasi absensi mobile ini menjadi lebih mudah. Tentu hal ini akan sangat membantu pekerjaan dari staff HR perusahaan karena waktu yang mereka gunakan tidak hanya terbuang untuk melakukan pendataan daftar hadir karyawan secara manual. Tetapi, waktu tersebut juga bisa digunakan staff HR perusahaan untuk melakukan pekerjaan yang lainnya. Hal ini dinilai akan lebih produktif.

Sedangkan, ketika perusahaan atau instansi pemerintahan menggunakan metode absensi dengan sistem manual atau konvensional, data yang diperoleh tersebut tidak akan terintegrasi secara otomatis oleh sistem. Tentu saja hal seperti ini akan sangat menyulitkan staff HR perusahaan ketika ingin melakukan pemantauan atau monitor terhadap bagaimana kinerja dari karyawan perusahaan.

  • Rekapitulasi Data Karyawan

Ketika menggunakan aplikasi absensi mobile dan ada sebuah data yang mengalami perubahan, maka perubahan data tersebut akan dilakukan secara otomatis. Hal ini tentu akan sangat membantu pekerjaan dari staff HR perusahaan karena mereka tidak perlu lagi mengubah perubahan data karyawan secara manual. Aplikasi absen mobile akan membuat pekerjaan staff HR perusahaan menjadi lebih mudah karena aplikasi ini didukung dengan penyimpanan data pada sistem cloud based server. Dengan begitu, hal tersebut akan membuat proses pengerjaan dari rekapitulasi data kehadiran karyawan perusahaan menjadi lebih mudah.

Sedangkan, hal ini sangat berbanding terbalik dengan proses dari sistem absen manual atau konvensional karena staff HR perusahaan perlu untuk mencatat dan melakukan rekapitulasi data tersebut secara satu persatu dari data kehadiran karyawan. Tentunya, hal seperti ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga prosesnya pun menjadi sangat tidak efisien.

 

Demikianlah, penjelasan kami mengenai aplikasi absensi mobile mulai dari pengertian absensi mobile itu sendiri hingga tujuan dari penggunaan sistem absensi mobile dan keunggulan yang apa yang dimiliki aplikasi absensi mobile tersebut. Seperti yang Anda ketahui, jika di era teknologi yang saat ini sedang berkembang begitu pesat, tentunya penggunaan aplikasi yang dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah kini menjadi banyak pilihan.

Salah satu aplikasi absensi mobile yang memiliki fitur terbaik dan lengkap untuk membantu proses pengerjaan rekapitulasi data karyawan ini adalah aplikasi absen mobile talenta. Tidak hanya membantu untuk melakukan rekapitulasi data saja, tetapi karyawan pun juga diuntungkan karena bisa mengajukan izin cuti secara langsung dan lain sebagainya.

ABSENSI MOBILE sendiri merupakan salah satu penggunaan sistem metode absensi yang untuk saat ini pasti sudah sangat familiar bagi beberapa orang. Apalagi saat ini kita sudah memasuki era teknologi yang semakin maju dan berkembang sangat pesat, sehingga rasanya penggunaan dari metode absensi mobile pasti bukan menjadi hal yang asing lagi untuk Anda dengar.

Di era yang saat ini sudah memasuki 4.0 di Indonesia sehingga penggunaan aplikasi berbasis digital pun yang dapat digunakan dengan mudah, cepat, dan tidak dapat lagi dipisahkan oleh kehidupan manusia. Salah satu perkembangan teknologi yang saat ini banyak digunakan di area instansi baik swasta maupun pemerintahan adalah penggunaan dari absensi mobile.

Saat ini, telah banyak instansi baik swasta maupun pemerintahan yang menerapkan penggunaan dari absensi mobile yang dinilai jauh lebih aman, akurat, dan praktis jika dibandingkan dengan penggunaan metode absensi secara manual. Kemunculan dari absensi mobile ini sendiri sebenarnya baru dikembangkan seiring dengan penggunaan internet yang mulai bisa dijangkau dengan mudah oleh orang orang.


Dengan metode sistemnya yang menggunakan teknologi, tentu ada banyak keunggulan ataupun kelebihan yang akan diberikan ketika suatu perusahaan menerapkan penggunaan dari aplikasi absensi mobile. Hal ini akan berbeda dengan perusahaan yang menggunakan sistem konvensional seperti sistem fingerprint hingga mesin absensi check lock. Semakin mudahnya akses penggunaan koneksi internet saat ini yang sudah bisa dijangkau oleh siapa saja, keunggulan aplikasi absensi mobile ini menjadi banyak pilihan perusahaan apalagi harga yang ditawarkan pun relatif lebih murah dan bahkan ada aplikasi yang tidak membutuhkan biaya sama sekali.

Lalu, bagaimana sistem penggunaan dari metode absensi dengan sistem mobile ini dan apa saja keunggulan yang ditawarkan? Berikut adalah penjelasannya lebih lengkap sehingga Anda pun bisa mempertimbangkan perusahaan milik Anda untuk menggunakan metode absensi satu ini.

 

Perkembangan Penerapan Sistem Absensi pada Instansi

Pada dasarnya, sistem absensi ini sendiri merupakan suatu hal yang tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Secara umum sistem ini pun sudah digunakan sebagai suatu bentuk tanda kehadiran bagi seseorang yang telah digunakan sejak masa sekolah dulu. Penggunaan dari sistem absensi saat itu masih menggunakan sistem yang sangat manual, yaitu dengan memanggil setiap murid satu persatu dan mencatat nama anak tersebut pada buku daftar kehadiran.

Tentunya sistem seperti ini tidak mungkin dilakukan pada suatu instansi baik pemerintahan maupun swasta yang memiliki jumlah karyawan hingga mencapai ratusan. Akan tetapi, sebelum perkembangan teknologi berkembang dengan pesat tentu penggunaan metode absensi secara manual dengan menggunakan kertas ini pernah digunakan. Hanya saja, biasanya setiap karyawan perusahaan maupun instansi pemerintahan akan diberikan sebuah kertas yang di mana mereka bisa mengisi nama dan memberikan paraf sebagai tanda kehadiran.

Tentunya, metode absensi manual seperti ini memiliki risiko untuk di manipulasi lebih besar apalagi tanpa adanya pengawasan. Oleh karena itu, kini Anda sudah tidak akan lagi menemukan metode absensi dengan sistem manual baik di instansi pemerintahan maupun swasta karena penggunaannya yang dinilai tidak praktis, membuang banyak waktu, dan data yang didapatkan oleh perusahaan pun terkadang tidak akurat karena human error.

Untuk saat ini, beberapa perusahaan maupun instansi pemerintahan masih ada yang menerapkan sistem absensi konvensional yaitu dengan penggunaan sistem absensi fingerprint ataupun check lock. Secara umum, metode absensi dengan sistem konvensional ini tidak menggunakan teknologi secara keseluruhan karena ketika sudah mendekati akhir bulan gajian para karyawan pun pihak staf HRD perusahaan tetap akan melakukan rekapitulasi dan perhitungan daftar kehadiran setiap karyawan perusahaan.

Maka dari itu, bisa dikatakan jika penggunaan metode absensi konvensional ini juga bisa terjadi human error jika tidak diteliti dengan baik. Selain itu, metode seperti ini pun juga lebih banyak memakan waktu karena perusahaan harus kembali melakukan perhitungan daftar hadir karyawan dan melakukan rekapitulasi. Jika dibandingkan dengan metode aplikasi absensi mobile, tentu akan sangat berbeda. Sistem aplikasi absensi mobile menggunakan sebuah sistem yang otomatis, di mana setiap data daftar kehadiran karyawan akan dihitung sehingga hal ini pun tentu akan sangat membantu para karyawan perusahaan.

Baca Juga :  PTĀ Garam (Persero) Ajak Warga dan Petani Istighotsah

 

Aplikasi Absensi Mobile

Jika dibandingkan dengan metode sistem absensi yang lain, memang sistem absen mobil dinilai lebih banyak memberikan keunggulan kepada perusahaan. Dengan sistem yang begitu cepat, praktis, dan akurat tentu penggunaan metode aplikasi absensi mobile ini akan sangat membantu staf HRD perusahaan ketika sedang melakukan rekapitulasi data karyawan pada akhir bulan.

Selain itu, perusahaan pun tidak perlu khawatir akan mengalami human error karena daftar kehadiran yang telah di rekapitulasi tersebut telah terhitung secara otomatis oleh sistem yang mana perhitungan tersebut akan lebih akurat jika dibandingkan saat dihitung oleh star HRD perusahaan. Bagaimana pun, setiap data kehadiran karyawan perusahaan maupun instansi pemerintahan ini harus memiliki data yang akurat karena data tersebut akan digunakan oleh perusahaan untuk perhitungan gaji bersih dari karyawan mereka.

Selain dikenal sebagai sistem absensi yang sangat efektif dan efisien, penggunaan absensi mobile ini tidak memerlukan waktu yang banyak. Setiap karyawan perusahaan yang menggunakan aplikasi absensi mobile ini hanya memerlukan sambungan internet yang baik saja serta perangkat yang telah terpasang dengan aplikasi absensi mobile ini. Saat karyawan akan melakukan proses check in atau melakukan absen pada aplikasi, Anda akan diminta untuk mengaktifkan GPS ponsel terlebih dahulu jika Anda belum melakukannya. Pengaktifan GPS ini sendiri sebenarnya agar perusahaan bisa mengetahui kira kira di mana kah lokasi karyawan mereka berada ketika sedang melakukan absensi.

 

Keunggulan Aplikasi Absensi Mobile Dibandingkan Absensi Metode Konvensional

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa penggunaan dari aplikasi absensi mobile ini memang memiliki keunggulan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan absensi dengan metode konvensional misalnya dengan menggunakan sistem sidik jari ataupun check lock. Memang ketika menggunakan metode absensi dengan aplikasi absensi mobile ini penggunaannya dinilai lebih praktis, akurat, dan sangat efisien.

Staf HRD perusahaan sudah tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk sekedar mengolah perhitungan daftar kehadiran karyawan perusahaan yang jumlahnya bisa mencapai ratusan atau bahkan ribuan karyawan. Tentu saja, hal ini membuat aplikasi absen mobile menjadi begitu populer di kalangan perusahaan maupun instansi pemerintahan untuk saat ini.

Namun, nyatanya masih banyak keunggulan lain dari aplikasi absensi mobile yang bisa menjadi perbandingan dengan metode absensi konvensional. Berikut adalah beberapa perbandingan antara penggunaan aplikasi absensi mobile dengan sistem absensi konvensional, antara lain:

 

  • Fleksibilitas

Seperti yang Anda ketahui bahwa penggunaan absensi mobile ini berupa aplikasi sehingga setiap karyawan bisa menggunakannya di mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan sambungan internet yang baik. Tentu hal ini akan sangat membantu para karyawan khususnya yang memang memiliki pekerjaan di luar perusahaan.

Para karyawan perusahaan pun sudah tidak perlu repot-repot lagi kembali ke kantor hanya untuk melakukan absen baik itu saat jam masuk kantor atau jam pulang kantor. Pada saat seperti itu, sebenarnya para karyawan bisa melakukan tugasnya yang lain sehingga karyawan pun bisa lebih produktif.

Akan tetapi, ketika perusahaan menggunakan sistem absensi konvensional seperti sistem sidik jari ataupun mesin check lock, maka tidak ada pilihan lain selain karyawan mengikuti dan harus kembali ke kantor untuk melakukan daftar kehadiran.

 

  • Keamanan

Penggunaan aplikasi absensi mobile ini dinilai jauh lebih aman karena memiliki sistem keamanan yang berlapis jika dibandingkan dengan metode absensi dengan sistem konvensional. Walaupun absensi konvensional menggunakan sistem teknologi, tetapi metode ini tidak bisa melakukan metode secara otomatis, sehingga membuat staf HRD perusahaan harus melakukan perhitungan secara manual untuk melakukan rekapitulasi daftar kehadiran setiap karyawan perusahaan. Tentu, bukan hal yang tidak mungkin jika kecurangan itu bisa terjadi sehingga metode konvensional ini tidak memiliki keamanan yang baik karena sangat rawan terhadap manipulasi data.

Baca Juga :  BRI Hadirkan Metaverse untuk Pembelajaran Pekerjanya

Tentu, data yang di manipulasi ini sangat merugikan perusahaan karena data dari daftar kehadiran karyawan menjadi tidak akurat. Sementara, ketika perusahaan menggunakan sistem dengan absensi mobile akan sangat membantu perusahaan karena sistemnya akan langsung menyimpan data setiap karyawan secara otomatis setelah aplikasi melakukan perhitungan terhadap data daftar kehadiran karyawan yang masuk ke dalam sistem.

Tidak hanya itu, sistem aplikasi absensi mobile ini juga terhubung dengan database perusahaan sehingga setiap data yang sudah diolah akan di kirim dan di simpan dalam database perusahaan secara otomatis. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak perusahaan banyak yang menaruh minat untuk menggunakan aplikasi absensi mobile.

 

  • Monitor Waktu dan Kinerja Karyawan

Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap data karyawan yang telah masuk dan tersimpan di dalam aplikasi ini nantinya bisa dilihat secara keseluruhan oleh staff HR perusahaan secara real time melalui penggunaan absensi mobile yang memang secara otomatis telah terkoneksi secara online. Hal seperti ini sangat memudahkan pekerjaan staff HR perusahaan ketika ingin memantau kira kira seperti apa kinerja dari karyawan perusahaan.

Selain itu, sinkronisasi dari data yang masuk ke dalam aplikasi absensi mobile ini menjadi lebih mudah. Tentu hal ini akan sangat membantu pekerjaan dari staff HR perusahaan karena waktu yang mereka gunakan tidak hanya terbuang untuk melakukan pendataan daftar hadir karyawan secara manual. Tetapi, waktu tersebut juga bisa digunakan staff HR perusahaan untuk melakukan pekerjaan yang lainnya. Hal ini dinilai akan lebih produktif.

Sedangkan, ketika perusahaan atau instansi pemerintahan menggunakan metode absensi dengan sistem manual atau konvensional, data yang diperoleh tersebut tidak akan terintegrasi secara otomatis oleh sistem. Tentu saja hal seperti ini akan sangat menyulitkan staff HR perusahaan ketika ingin melakukan pemantauan atau monitor terhadap bagaimana kinerja dari karyawan perusahaan.

  • Rekapitulasi Data Karyawan

Ketika menggunakan aplikasi absensi mobile dan ada sebuah data yang mengalami perubahan, maka perubahan data tersebut akan dilakukan secara otomatis. Hal ini tentu akan sangat membantu pekerjaan dari staff HR perusahaan karena mereka tidak perlu lagi mengubah perubahan data karyawan secara manual. Aplikasi absen mobile akan membuat pekerjaan staff HR perusahaan menjadi lebih mudah karena aplikasi ini didukung dengan penyimpanan data pada sistem cloud based server. Dengan begitu, hal tersebut akan membuat proses pengerjaan dari rekapitulasi data kehadiran karyawan perusahaan menjadi lebih mudah.

Sedangkan, hal ini sangat berbanding terbalik dengan proses dari sistem absen manual atau konvensional karena staff HR perusahaan perlu untuk mencatat dan melakukan rekapitulasi data tersebut secara satu persatu dari data kehadiran karyawan. Tentunya, hal seperti ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga prosesnya pun menjadi sangat tidak efisien.

 

Demikianlah, penjelasan kami mengenai aplikasi absensi mobile mulai dari pengertian absensi mobile itu sendiri hingga tujuan dari penggunaan sistem absensi mobile dan keunggulan yang apa yang dimiliki aplikasi absensi mobile tersebut. Seperti yang Anda ketahui, jika di era teknologi yang saat ini sedang berkembang begitu pesat, tentunya penggunaan aplikasi yang dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah kini menjadi banyak pilihan.

Salah satu aplikasi absensi mobile yang memiliki fitur terbaik dan lengkap untuk membantu proses pengerjaan rekapitulasi data karyawan ini adalah aplikasi absen mobile talenta. Tidak hanya membantu untuk melakukan rekapitulasi data saja, tetapi karyawan pun juga diuntungkan karena bisa mengajukan izin cuti secara langsung dan lain sebagainya.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Most Read

Surat Sehat Berlaku Tiga Hari

Pasien Positif Menolak Dirawat

Membaca Sangkol

Artikel Terbaru

/