Minggu, 05 Dec 2021
Radar Madura
Home / Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Manfaat Employee Benefit yang Mudah Diterapkan Dalam Bisnis Anda

23 September 2021, 20: 37: 42 WIB | editor : Abdul Basri

Manfaat Employee Benefit yang Mudah Diterapkan Dalam Bisnis Anda

Share this      

SALAH satu pilar penting di dalam perusahaan yang tidak boleh dilupakan begitu saja adalah karyawan. Sebab, mereka adalah pihak yang paling banyak mengerahkan usaha keras agar perusahaan bisa mencapai tujuan. Karena itulah, perusahaan harus mampu mempertahankan para pegawainya. Salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu memberi employee benefit.

 

Beberapa Contoh employee benefit

Baca juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Untuk Pasangan Milenial

Employee benefit terkadang lebih sering diartikan sebagai suatu kompensasi atau keuntungan yang diperoleh karyawan di luar gaji utama mereka. Kompensasi tersebut umumnya sesuai dengan kontrak kerja dan perjanjian yang sebelumnya sudah disetujui antara karyawan dan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa contoh lain dari istilah ini:

1.             Jaminan Kesehatan

Contoh pertama yang biasa ditemukan dan diberikan oleh perusahaan adalah jaminan kesehatan. Sebab, kesehatan pegawai dan semua pihak yang berhubungan dengan perusahaan adalah hal paling penting agar bisnis bisa tetap berjalan dengan lancar tanpa terhambat oleh kendala apapun. Karena itulah, perusahaan perlu memberi jaminan kesehatan tanpa terkecuali.

Jaminan tersebut bisa diberikan dalam bentuk asuransi bidang kesehatan yang diperuntukkan untuk anggota keluarga pegawai ataupun bagi pegawai itu sendiri. Dengan begitu, maka pegawai bisa merasa aman dan nyaman ketika sedang bekerja di dalam perusahaan dan mereka kemungkinan besar akan selalu setia kepada perusahaan tersebut.

2.              Bonus

Salah satu hal yang paling disukai oleh setiap pegawai ketika bekerja pada pihak tertentu adalah bonus yang terkadang bisa diterima dalam nominal tertentu. Bonus memang diberikan oleh perusahaan yang merasa puas terhadap kinerja pegawainya, sehingga mereka memberikan uang agar pegawai tersebut bisa menjaga kinerjanya dengan lebih baik.

Ada perbedaan yang cukup mencolok diantara bonus dan komisi, sehingga terkadang beberapa pegawai kurang mengetahui perbedaan diantara keduanya. Padahal, komisi hanya akan diberikan oleh perusahaan apabila suatu karyawan sudah mampu mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan sebelumnya.

3.             Uang Pensiun

Karyawan yang bekerja pada perusahaan umumnya terdiri atas beberapa kalangan umur yang bervariasi. Ada yang sudah cukup umur, masih berada di usia 30-an, dan ada pula mereka yang usianya masih sangat muda dan belum mengetahui seluk beluk perusahaan. Bagi pegawai yang usianya sudah cukup berumur, penting bagi perusahaan untuk memberi employee benefit.

Hal tersebut bisa diberikan dalam bentuk uang pensiun, sehingga ketika mereka sudah tidak bisa bekerja secara aktif di perusahaan maka mereka tetap merasa dihargai dengan diberikan uang tersebut. Uang pensiun pun harus tetap dihitung secara tepat, sehingga mereka akan merasa puas bahwa kinerja yang selama ini mereka kerahkan membuahkan hasil yang memuaskan.

4.             Uang Pendidikan

Terkadang, perusahaan harus membutuhkan sumber daya manusia yang cocok untuk membimbing dan memberi saran yang tepat agar bisnis bisa berjalan dengan lebih efisien dan target pun bisa terkejar dengan mudah. Salah satu cara yang biasa ditempuh yaitu dengan mengirim salah satu pegawainya untuk berkuliah lagi dan mempelajari bisnis dengan lebih dalam.

Pegawai tersebut pun akan diberikan uang pendidikan yang mampu menunjang proses pendidikannya. Uang tersebut berasal dari pihak perusahaan sepenuhnya, sehingga hal tersebut memiliki arti bahwa perusahaan mendukung sosok karyawan itu untuk selalu mengembangkan kualitas yang mereka miliki lalu setelah lulus bisa kembali bekerja di perusahaan itu lagi.

5.             Asuransi Kecelakaan Kerja

Saat bekerja, ada masa dimana kita akan dihadapkan oleh bahaya tertentu yang tidak bisa dihindari lagi. Sudah ada banyak kasus dimana karyawan mengalami kecelakaan saat sedang bekerja, dan hal tersebut seharusnya menjadi salah satu hal yang ditanggung oleh perusahaan.

Karena itulah, perusahaan harus mampu memberikan asuransi kecelakaan kerja. Dengan begitu, maka ketika pegawai mengalami masalah yang cukup fatal ketika sedang bekerja di perusahaan itu, mereka tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk menyembuhkan diri mereka.

 

Keuntungan Memberi employee benefit

Setelah mengetahui beberapa jenis employee benefit, maka tidak lengkap rasanya apabila tidak ikut membahas mengenai keuntungan yang bisa diperoleh dengan menerapkan hal ini. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memberi pegawai bonus tambahan:

1.             Menjaga Reputasi Perusahaan

Nama baik perusahaan adalah hal yang harus tetap dijaga agar semakin banyak investor yang tertarik untuk menanamkan sahamnya. Salah satu keuntungan utama yang bisa diperoleh apabila memberi benefits yang sering kepada pegawai adalah nama baik perusahaan tetap terjaga di pihak luar.

2.             Memperoleh Karyawan Terbaik

Memiliki karyawan terbaik adalah impian semua perusahaan. Proses pemberian benefits dianggap mampu menyaring mana karyawan yang berusaha keras dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan dibandingkan dengan karyawan yang hanya berusaha setengah-setengah.

Karena itulah, alangkah lebih baik apabila karyawan tetap memberi gaji tambahan bagi karyawan agar mereka selalu berusaha keras dalam pekerjaan. Dengan begitu, maka perusahaan pun mampu menemukan pegawai terbaik yang bisa diandalkan ketika perusahaan sedang berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan.

3.             Meningkatkan Produktivitas

Apabila karyawan diberikan pujian dan gaji tambahan, maka hal tersebut tentu mampu membuat mereka bekerja dengan lebih maksimal. Sebab, pujian dan gaji tersebut memiliki arti bahwa mereka selalu dihargai dan pekerjaan yang mereka lakukan dianggap tidak sia-sia oleh perusahaan.

Karena itulah, mereka mampu meningkatkan produktivitas mereka dengan lebih baik lagi. Apabila hal tersebut dilakukan dalam waktu yang intensif, maka hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan bisa diselesaikan dalam waktu yang lebih cepat lagi.

4.             Menekan Biaya Perusahaan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa apabila perusahaan kehilangan pegawai karena alasan tertentu seperti resign atau alasan kesehatan, maka hal tersebut akan mengganggu kinerja perusahaan. Hal itu juga memiliki dampak yang besar terhadap efisiensi perusahaan, sehingga perusahaan harus mencari pengganti pegawai tersebut dalam waktu yang cepat.

Karena itulah, perusahaan harus selalu memberi benefits dalam jumlah yang cukup sehingga mampu memotivasi pekerja lainnya untuk tetap menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Jika hal tersebut dilakukan dengan tepat, maka perusahaan tidak perlu mengeluarkan anggaran terlalu banyak untuk merekrut karyawan baru lagi.

5.             Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Bagi karyawan, adanya employee benefit terkadang akan membuat mereka merasa sangat terbantu dalam memenuhi kehidupan sehari-hari yang mereka miliki. Sebab, kompensasi yang diberikan di luar gaji pokok tersebut sangat bermanfaat dalam hidup mereka.

Oleh karena itu, pemberian benefits yang tepat dapat membantu mereka termotivasi untuk selalu bekerja dengan baik dan selalu merasa loyal terhadap perusahaan. Akibat hal itu, maka proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan dapat selalu meningkat lagi.

Menggunakan aplikasi Talenta by Mekari adalah salah satu alternatif sempurna yang bisa ditempuh ketika Anda ingin memberikan employee benefit kepada pegawai. Aplikasi ini sangat praktis dan efisien, sehingga mampu memudahkan Anda untuk memberikan benefit tambahan yang sesuai kepada pegawai yang Anda miliki.

(mr/*/bas/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia