Senin, 06 Dec 2021
Radar Madura
Home / Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Keunggulan Toilet Portable dan Septic Tank Biotech

21 Oktober 2021, 17: 57: 46 WIB | editor : Abdul Basri

Keunggulan Toilet Portable dan Septic Tank Biotech

Share this      

DI ERA yang semakin maju ini, kehidupan manusia semakin dipermudah termasuk dalam urusan sanitasi. Salah satunya adalah dengan kehadiran wc portable atau toilet sementara. 

Disebut sebagai toilet sementara karena toilet ini memiliki bentuk yang cenderung ramping dan tentu saja mudah untuk dipindahkan. Sedangkan toilet umum biasanya berupa ruangan yang menggunakan tembok dan cenderung lebih besar.

Karena mudah untuk dipindahkan, tidak heran jika banyak yang memilih untuk menggunakan toilet sementara seperti ini. Contohnya saja untuk penggunaan toilet di tempat wisata alam, proyek pembangunan, event-event besar, tempat rekreasi, dan tempat lain yang masih belum difasilitasi dengan toilet umum.

Baca juga: 19 Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Terbaik dan Terpopuler

Keunggulan Toilet Portable dan Septic Tank Biotech

Biasanya, bahan fiberglass digunakan sebagai bahan utama dari toilet portable. Bahan fiberglass dipilih karena dianggap lebih kuat dan awet dibandingkan bahan lainnya. Selain itu bahan ini juga tidak akan mengalami korosi dan tahan terhadap segala cuaca sehingga aman bila diletakkan di luar ruangan. Fiberglass juga merupakan salah satu bahan yang ramah lingkungan. 

Meskipun ukurannya cukup kecil bila dibandingkan dengan toilet biasa, tapi toilet jenis ini bisa dibilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tentu saja toilet ini  memiliki closet baik yang duduk maupun jongkok, lalu ada pula kran dan baik air, gantungan baju, lampu, dan tentu saja kunci di bagian pintu.

Selain itu toilet ini juga dilengkapi dengan toren air dan septic tank sebagai perlengkapan standar. Toren air ini terletak di bagian atas toilet dan dapat diisi dengan air bersih lewat pipa yang sudah disediakan. Sedangkan septic tanknya terletak tepat di bagian bawah kloset. Dengan begitu limbah domestik dari closet akan langsung dialirkan di bawah toilet.

Ada pula toilet sementara yang memiliki inovasi mampu mengolah limbah domestik yang dikeluarkan menjadi zat atau cairan yang tidak berbau dan tidak berbentuk. Sehingga ketika dibuang ke dalam got atau parit zat cairan tersebut sudah ada dalam keadaan yang layak dan tidak akan mencemari lingkungan. 

Sistem pembuangan pada toilet sementara memang berbeda-beda. Beberapa toilet sementara bahkan sudah menyediakan fasilitas berupa septic tank biotech. Tangki septik ini tidak jauh berbeda dengan yang konvensional, bedanya tempat penampungannya lebih modern dan menggunakan fiber sebagai bahan utama.

Tangki septik modern ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tangki septik konvensional. Beberapa kelebihannya antara lain:

Keunggulan utama produk ini dibandingkan dengan produk konvensional ialah produk ini jauh lebih ramah lingkungan. Semua limbah yang masuk ke dalam tangki septik ini akan mengalami penyaringan sekaligus penguraian oleh bakteri. Sehingga ketika dibuang ke saluran drainase limbah ini tidak akan mencemari lingkungan.

Sedangkan tangki septik konvensional biasanya hanya terbuat dari batu bata dan cor beton bertulang. Memang di bagian luar dinding tangki septik biasanya dipasang penyaring berupa ijuk dan pasar. Namun hal tersebut tidak efektif karena pada akhirnya air tanah akan tetap tercemar seiring berjalannya waktu.

Cairan yang telah mengalami proses bio teknologi pada septic tank bio tidak berbau dan tidak berwarna. Maka dari itu cairan ini dapat langsung dibuang ke saluran pembuangan tanpa perlu takut akan mencemari lingkungan ataupun air tanah. Selain itu teknologi modern yang dimiliki tangki septik bio dapat mencegah kotoran terserap ke dalam tanah.

Sementara itu cairan dari tangki septik konvensional biasanya masih berbau dan berwarna. Cairan itu juga biasanya mengendap dalam tanah dan tentu saja dapat mencemari air tanah. 

Tangki septik jenis ini juga memiliki daya tampung yang sesuai dengan kebutuhan. Air dan kotoran berlebih akan langsung dikeluarkan secara otomatis sehingga Anda tidak perlu khawatir daya tampung akan berlebihan. Produk ini juga anti bocor karena terbuat dari fiberglass yang sangat kuat dan tahan lama.

Dengan segala macam kelebihan yang dimiliki toilet portable dan tangki septik bio, tidak heran jika saat ini banyak yang memilih menggunakan kedua produk tersebut alih-alih membangun toilet umum.

(mr/*/bas/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia