Selasa, 26 Oct 2021
Radar Madura
Home / Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis
Aplikasi Inventaris Barang

Manfaatnya untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

18 September 2021, 19: 26: 54 WIB | editor : Abdul Basri

Manfaatnya untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Share this      

MENINGKATKAN produktivitas perusahaan memang menjadi goal utama, salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi inventaris barang. Salah satu kunci beberapa perusahaan terus mendapatkan profit yang besar adalah dengan lingkungan kerja produktif. Dan alasan utamanya adalah memanfaatkan aplikasi untuk mendata seluruh inventaris barang di perusahaan. Dengan begitu banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas pekerjaan lainnya.

Jika hanya dilihat secara sekilas perihal inventaris barang ini mungkin terlihat seperti mudah. Banyak pelaku bisnis yang kemudian mengesampingkan pentingnya pendataan inventaris barang di perusahaan maupun bisnisnya sendiri. Hingga pada akhirnya ketika ada barang masuk maupun keluar, mereka tidak dapat memperoleh data yang konkret.

Atau bahkan hal ini seringkali menjadi sebuah permasalahan yang cukup fatal di dalam sebuah perusahaan. Semakin berkembang sebuah bisnis maupun perusahaan pasti akan memerlukan pendataan yang lebih terperinci dan tepat tentang inventarisnya. Kesalahan dalam pendataan inventaris juga bisa memberikan dampak kerugian untuk bisnis ataupun perusahaan.

Baca juga: Aplikasi Pembukuan online Fitur Terlengkap

Manfaatnya untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Pentingnya Penggunaan Aplikasi Inventaris Barang dan Dampak Negatif Tidak Menggunakannya

Berikut ini adalah beberapa point yang sangat jelas berdampak negatif ketika perusahaan maupun bisnis Anda tidak menerapkan sistem inventaris yang baik.

●      Menimbulkan kerancuan data mengenai stok barang : tentu saja hal ini menjadi dampak negatif yang cukup jelas ketika Anda tidak melakukan inventaris dengan baik.

●      Menumpuknya tugas pendataan : karena data inventaris yang tidak real time dan juga konkret alhasil Anda harus siap dengan banyaknya schedule yang melar dari semestinya.

●      Timbulnya permasalahan intern : dari mulai data inventaris yang sudah mulai kacau. Pada akhirnya akan menimbulkan masalah intern. Contohnya saja saling menyalahkan karena loss dan profit yang tidak sesuai disebabkan data inventaris salah.

●      Perkembangan Perusahaan Ataupun Bisnis Semakin Sulit : terakhir hal yang paling merugikan adalah bisnis maupun perusahaan Anda akan terhambat. Logikanya bagaimana mau berkembang, ketika inventaris barang saja masih kacau-balau.

Menyepelekan kegiatan inventaris barang, berarti Anda harus siap dengan konsekuensi seperti beberapa point di atas. Sedangkan semakin berkembangnya zaman, maka pihak pengusaha ataupun bisnis dituntut untuk melakukan akselerasi dan adaptasi lebih cepat lagi. Jika waktu Anda hanya dihabiskan untuk mengurusi inventaris yang terus molor ini maka kapan akan berkembangnya?

Itulah hal dilematis yang akan Anda hadapi ketika kurang melirik peluang manfaat besar dari aplikasi inventaris barang. Padahal dengan kehadiran jenis aplikasi pendataan yang cukup mudah ini Anda akan sangat terbantu dalam segi inventaris. Masih kebingungan sebenarnya apa saja keuntungan maupun fitur yang ditawarkan ini? Berikut adalah fitur-fitur unggulan yang ditawarkan olehnya.

Fitur Utama Pada Aplikasi 

Kecenderungan untuk tidak menggunakan aplikasi inventaris adalah karena Anda belum memahami secara menyeluruh apa saja fungsinya. Mari kita telusuri lebih mendalam mengenai fungsi yang dimilikinya. Seperti pribahasa yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Begitupun saat Anda hendak memutuskan menggunakan aplikasi tersebut.

Mari kita ambil contoh dari salah satu jenis aplikasi inventaris barang terbaik yaitu Jurnal by Mekari. Aplikasi ini akan menjadi asisten untuk mengurusi beragam jenis kebutuhan inventaris. Seperti contoh yang paling menguntungkan adalah menunjukkan tracking penjualan produk terbanyak.

Artinya dengan mengetahui jenis produk yang memang paling banyak dicari.

Anda bisa membuat fokus pengadaan barang sekaligus meningkatkan angka omset jual maupun keuntungan dengan mudah. Mengetahui produk yang paling sering diburu oleh konsumen juga akan membuat cash flow di dalam perusahaan lebih sehat karena tingkat penjualan yang semakin tinggi.

Dan fungsional yang paling jelas adalah manajemen data inventaris barang secara keseluruhan bisa lebih teratur dan konkret. Bagian inilah yang menjadi fokus pentingnya menggunakan aplikasi Jurnal. Tidak perlu lagi takut untuk melakukan stock opname yang memusingkan, karena sejak Anda memutuskan penggunaan Jurnal inilah seluruh kemudahan akan didapatkan.

Melakukan update data stok maupun penjualan sekarang lebih mudah. Karena sistem akan otomatis melakukan pencocokan data secara real time. Fungsi ini juga akan memotong waktu yang dibutuhkan saat melakukan stock opname. Karena Anda tinggal pencocokan fisik dengan database yang sudah dibuat oleh sistem secara otomatis berdasarkan kepada penjualan serta pembelian.

Pertanyaannya adalah kenapa Anda masih lebih memilih untuk kerepotan? Kemungkinan besarnya adalah karena takut untuk mencoba sesuatu yang baru seperti penggunaan aplikasi ini. Padahal adaptasi adalah sebuah point penting ketika Anda melakukan bisnis. Semakin cepat  bisnis maupun perusahaan Anda untuk beradaptasi. Maka angka perkembangan yang akan didapatkan juga sudah jelas lebih terlihat kenaikannya.

Penggunaan Aplikasi Sebagai Sarana Pendukung Pendataan Inventaris

Hadirnya teknologi berupa perangkat lunak atau lebih mudah dipahami sebagai aplikasi. Seharusnya menjadi alat pendukung ketika Anda melakukan pekerjaan inventaris. Tahukah Anda dengan menggunakan aplikasi inventaris, Anda bisa menghemat waktu dan menyelesaikan masalah terkait pendataan barang. Dengan terselesaikannya deadline pengumpulan data inventaris tepat waktu.

Bahkan bisa lebih awal penyelesaiannya, maka perusahaan bisa memaksimalkan fokus kerja sektor lainnya. Terbukti bahwa dengan menggunakan aplikasi yang dapat diandalkan untuk mengurusi keseluruhan data inventaris tingkat tekanan pekerjaan para karyawan juga bisa berkurang. Hal ini juga memicu perkembangan positif di dalam perusahaan.

Bingung untuk melakukan update perubahaan harga? Aplikasi inventaris barang seperti Jurnal bisa membantu menyelesaikan permasalahan ini khusus untuk Anda. Dengan sistem Multi Product Pricing, Anda bisa mendapatkan harga yang paling cocok berdasarkan algoritma aplikasi. Dimana algoritma dari Jurnal ini mempelajari pemberian harga berdasarkan list kontak serta track record beberapa barang khusus.

Masih kurang percaya untuk menggunakan jenis aplikasi seperti ini? Point plus lainnya yang akan Anda dapatkan juga adalah dengan fitur update harga terbaik. Fitur ini memungkinkan harga produk yang Anda jual tetap dalam barometer sehat dan terhindar dari perbedaan harga besar untuk masing-masing konsumen. Hasilnya sendiri tentu saja adalah kepuasaan dari para konsumen Anda.

Sinergisnya perubahaan data yang terjadi selama transaksi juga akan langsung terupdate di database aplikasi. Hal ini sering disebut dengan update realtime, satu sama lain saling berkesinambungan. Sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan update data inventory secara manual yang dahulu sangat memakan waktu serta energi selama melakukan kegiatan ini.

2 Alasan Kuat Untuk Anda Segera Menggunakan Jurnal

Mari kita ketahui inti dari penggunaan aplikasi inventaris barang yang sudah sering membawa peningkatan produktivitas perusahaan seperti Jurnal. Bagi Anda yang masih meragu untuk mempergunakan aplikasi canggih ini, inilah 2 alasan yang akan memperkuat dan menjelaskan kenapa menggunakan aplikasi adalah jalan terbaik yang bisa dipilih.

●      Pertama terkait dengan konsumsi biaya. Bayangkan saja Anda masih melakukan pendataan inventaris secara manual. Tidak terbayangkan jumlah waktu yang harus dihabiskan. Sampelnya saja, perkiraan stock opname tahunan dalam satu minimarket hampir menghabiskan waktu kurang lebih 18 jam. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas penjualan di toko. Sekarang dengan penggunaan Aplikasi mungkin waktu tersebut bisa dipersingkat lagi.

●      Mendukung pengeluaran yang lebih sedikit. Tentu saja dengan efisiensi waktu yang dipergunakan untuk inventaris barang. Anda bisa menekan jumlah uang yang harus dikeluarkan. Biasanya sebuah perusahaan untuk mengejar deadline pendataan ini memaksakan karyawannya untuk melakukan lembur dan lain sebagainya. Dengan begitu jumlah pengeluaran bertambah. Belum lagi berbagai error yang akan terjadi saat perhitungan inventaris secara manual.

Di masa kini memang perkembangan teknologi begitu pesat. Tapi tetap saja masih banyak orang yang belum mampu untuk mendayagunakan dengan baik. Inilah kesempatan Anda untuk mengungguli kubu yang masih belum melek tentang aplikasi inventaris tersebut. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah untuk memimpin pasar ataupun meningkatkan profit.

Jangan dianggap sepele, karena persaingan yang semakin ketat di dunia bisnis maupun pasar internasional. Mewajibkan pengusaha untuk lebih baik lagi dalam segi manajemen bisnis dan perusahaannya. Jika tidak begitu, maka Anda harus bersiap menerima loss yang sangat besar selama menjalani bisnis.

Mari Buat Lingkungan Kerja yang Semakin Produktif!

Hentikan manajemen inventaris konvensional sekarang juga. Karena tindakan pendataan seperti ini akan cenderung membuang waktu produktif di dalam perusahaan. Mulailah untuk membuka diri untuk menerima kemajuan teknologi berupa penggunaan aplikasi inventaris yang akan jelas-jelas memberikan keuntungan bagi Anda. Tentu saja keuntungannya adalah berupa lingkungan kerja yang lebih produktif.

Efisiensi waktu ini sekaligus membuat tekanan kerja yang ada di dalam perusahaan terasa lebih ringan bagi para pekerjanya. Sebab setiap deadline pekerjaan yang berhubungan dengan inventaris akan lebih cepat terselesaikan. Hal positif seperti ini kemudian kenapa masih diragukan untuk mulai diaplikasikan pada ekosistem perusahaan maupun bisnis Anda?

Banyak sekali pengusaha yang kemudian ingin sukses tapi masih enggan untuk memahami kunci memaksimalkan bisnisnya.

Setelah Anda mengetahui beberapa point penting yang telah dijabarkan di atas. Marilah untuk mulai sedikit demi sedikit menerapkan perubahan yang akan otomatis memberikan keuntungan lebih banyak untuk usaha serta bisnis Anda.

Walaupun pada dasarnya menerapkan hal yang baru pada bisnis Anda akan terasa berat. Tetapi ketika hal baru itu kemudian akan memberikan keuntungan yang lebih besar maka kenapa harus ragu lagi? Disinilah letak kemampuan adaptasi sebuah bisnis akan sangat diuji. Sebagai sarana yang sudah jelas akan memberikan keuntungan bagi bisnis, maka disitulah Anda yang memegang peran penting untuk mendayagunakannya dengan baik.

Masih Ragu Mempercayakan Inventaris Kepada Aplikasi? Inilah Jawabannya

Terakhir jika Anda masih pusing ataupun meragu ketika ingin menggunakan aplikasi inventaris ini, pastikan pahami juga keuntungan biaya murah yang ditawarkannya. Simulasi biaya penggunaan Jurnal meliputi paket Starter berada di kisaran Rp 199 ribu. Kemudian juga bisa memilih paket Pro dengan biaya bulanan Rp 399 ribu. Dan terakhir paket paling menguntungkan karena banyak akses dan bantuan yang ditawarkan dengan harga Rp 599 ribu.

Untuk menguatkan keputusan Anda, pengguna bisa merasakan penggunaan Jurnal dengan gratis selama kurang lebih dua minggu. Atau 14 hari lamanya, waktu tersebut bisa menjadi acuan Anda saat menggunakannya. Rasakan langsung perbedaan yang sangat jauh saat mengelola keseluruhan inventaris perusahaan sekarang juga.

(mr/*/bas/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia