Senin, 06 Dec 2021
Radar Madura
Home / Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Aplikasi HRD Talenta, Bantu Kerja HRD Jadi Jauh Lebih Mudah!

05 November 2021, 14: 42: 26 WIB | editor : Abdul Basri

Aplikasi HRD Talenta, Bantu Kerja HRD Jadi Jauh Lebih Mudah!

Share this      

Menjadi owner ataupun HRD adalah pekerjaan yang tidak mudah, karena tanggung jawab yang diemban cukup besar. Dalam dunia kerja, umumnya owner menyerahkan masalah yang berhubungan dengan karyawan kepada HRD namun untuk bisnis yang masih kecil, masalah kepegawaian bisa diatur sendiri, sehingga harus memikul urusan bisnis dan kepegawaian. Mengurus masalah karyawan atau SDM adalah hal sulit karena manusia adalah sesuatu yang sangat dinamis dan tidak tertebak.

Namun dalam dunia kerja tentunya tetap ada aturan yang dibuat untuk disepakati bersama sehingga jika ada yang melanggar pastinya harus ada sanksi, pun jika dilakukan dengan tertib juga ada reward. Oleh karena itu HRD harus selalu memantau kinerja karyawannya. Dari hasil kinerja karyawan ini akan  mempengaruhi beberapa hal seperti poin, gaji maupun reward dan punishment.

Dengan pemantauan yang tepat semua bisa adil dan sistem berjalan dengan baik. Gimana sih cara memantau kinerja karyawan dengan mudah? Salah satunya menggunakan aplikasi absensi karyawan berbasis web Talenta, apa itu Talenta dan kenapa bisa membantu memantau kinerja karyawan? Yuk kita pelajari bersama di ulasan berikut ini

Baca juga: Kenapa Harus Memiliki Blog?

Aplikasi Absensi Online Talenta

Urusan memantau karyawan sekarang bisa dilakukan dengan mudah dengan sistem yang lebih baik. Tidak perlu lagi memantau dengan cara konvensional, dengan jumlah karyawan yang banyak, memantau secara manual atau tidak tersistem dengan baik, pastinya akan menyulitkan Anda selaku HRD, hasil nya pun belum tentu valid karena tidak terdata dengan baik. Untuk memantau kinerja karyawan lebih tersistem, rapi dan tidak banyak energi adalah menggunakan aplikasi absensi karyawan berbasis web Talenta.

Aplikasi yang membantu masalah absensi, sehingga bisa dilakukan secara online cukup menggunakan smartphone yang sudah terinstal Talenta kemudian data time tracker akan langsung terinput dengan baik dalam sistem Talenta. Untuk mengurangi kecurangan absen, tentu saja aplikasi Talenta memiliki pengaturan lokasi tertentu sehingga karyawan hanya bisa absensi di lokasi yang telah ditentukan, umumnya di alamat kantor atau tempat bekerja.

Aplikasi Talenta Membantu Memudahkan Anda Untuk Memanagement waktu

Aplikasi ini sangat cocok dipilih untuk kantor yang tetap beroperasi di masa pandemi ini. Pasalnya, menggunakan aplikasi absensi karyawan berbasis web akan mengurangi resiko penularan virus, karena tidak menggunakan satu alat untuk banyak orang, dan tidak akan menimbulkan kumpulan, jadi aman banget digunakan absensi untuk karyawan. Baik WFO (Work From Office) maupun WFH (Work From Home) direkomendasikan menggunakan aplikasi ini.

Apa Aja Sih Indikator Penilaian Kinerja Karyawan??

Menilai kinerja karyawan, tidak boleh sembarangan, karena ada kriteria tertentu yang digunakan, jadi setiap karyawan dinilai berdasarkan kriteria ini. Apa saja sih kriteria penilaian kinerja karyawan?

●       Penguasaan pekerjaan

●       Ketertiban absensi

●       Ketepatan waktu

●       Hasil pekerjaan

●       Komunikasi dengan rekan kerja

●       Kerja Tim

Menggunakan indikator di atas, seorang HRD bisa menilai kinerja karyawan, salah satu yang paling terlihat adalah penguasaan pekerjaan, ketepatan waktu baik waktu datang kantor maupun menyelesaikan tugas dan ketertiban masuk kerja.

Jika karyawan sering telat ataupun sering absen dan kurang menguasai pekerjaannya berarti seorang HRD harus segera mengurusnya sebelum berkelanjutan.  Keterlambatan dan absensi yang buruk memang sangat fatal untuk karyawan, oleh karena itu harus selalu di cek dan melakukan tindakan jika hal ini terjadi.

Semua Data Kinerja Karyawan Terekam dalam Halaman Data Absensi

Mengetahui pentingnya memantau kinerja karyawan dari data absensi, ketepatan waktu dan kinerja lain seperti lembur, membuat aplikasi absensi karyawan berbasis web Talenta mengembangkan halaman data absensi yang lengkap dan tersistem dengan baik.

Ketika karyawan melakukan absensi secara online di smartphone masing-masing, data akan langsung terinput dengan  baik di Halaman Data Talenta yang bisa diakses oleh admin atau HRD jadi setiap data absensi dari waktu ke waktu bisa dilihat dengan baik untuk dipantai HRD. Data absensi ini berupa

●       Absen masuk

●       Absen keluar

●       Lembur

Dimana setiap bagian memiliki time tracker jadi karyawan yang tepat waktu ataupun terlambat bisa diketahui dengan jelas, Halaman Data Talenta ini juga menggunakan warna untuk memudahkan menilai ketepatan waktu karyawan, yaitu

●       Warna hijau tua menggambarkan karyawan datang tepat waktu

●       Warna hijau lebih muda menggambarkan karyawan datang lebih dari atau di tepat di waktu masuk yang artinya masih mendapatkan dispensasi

●       Warna kuning menandakan karyawan datang terlambat atau lebih dari waktu masuk.

Adanya warna-warna sesuai dengan waktu datang karyawan ini memudahkan HRD untuk menilai ketepatan waktu karyawan. Jadi penilaian kinerja lebih mudah dan cepat dan menyenangkan.

Menggunakan aplikasi absensi online membantu HRD menyelesaikan masalahnya dengan baik dan mudah, sehingga pekerjaan seperti memantau kinerja karyawan bisa dilakukan hanya dengan memantau halaman di komputer atau dengan pemantauan lapangan.

Masih ada banyak sekali keuntungan yang Anda dapatkan dari menggunakan aplikasi absensi online Talenta seperti halaman dashboard yang menarik dan lengkap, fitur GPS yang memudahkan Anda memantau karyawan dalam perjalanan dinas, pengiriman tugas ke karyawan dengan mudah menggunakan aplikasi absensi karyawan berbasis web Talenta ataupun Slip Gaji digital untuk setiap karyawan.

Aplikasi Absensi Talenta, Solusi Mengatur Absen Karyawan

Aplikasi HRIS Talenta memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu HR dalam mengelola administrasi karyawan yang lebih efisien. Salah satu fitur unggulannya adalah manajemen absensi menggunakan Live Attendance.

Dengan absen online ini, karyawan dapat melakukan absensi di mana saja tanpa perlu mengandalkan mesin sidik jari hingga sistem dapat mencatat data kehadiran secara otomatis.

Lewat aplikasi mobile Talenta, karyawan hanya perlu melakukan selfie dan data absensi karyawan secara otomatis dapat disimpan di dalam sistem.

Selain itu, Talenta juga memiliki fitur menghitung serta pembayaran payroll secara otomatis yang dapat diintegrasikan dengan fungsi absen online yang mencatat kehadiran secara otomatis.

Jadi ketika memasuki periode payroll, HR tidak perlu lagi menghitung gaji karyawan secara manual karena gaji karyawan dapat dihitung secara otomatis melalui sistem.

Tertarik menggunakan Talenta dan mempelajari fitur-fitur lainnya? Anda bisa mencoba fitur-fiturnya secara gratis dengan mendaftarkan demo produknya di websitenya. Yuk, coba Talenta sekarang juga!

(mr/*/bas/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia