Selasa, 26 Oct 2021
Radar Madura
Home / Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Kenapa Harus Memiliki Blog?

05 Oktober 2021, 19: 44: 08 WIB | editor : Abdul Basri

Kenapa Harus Memiliki Blog?

Share this      

SEMAKIN berkembangnya teknologi saat ini, tentu saja istilah blogging sudah tidak lagi asing bagi banyak orang. Tak hanya sebagai wadah untuk menyalurkan hobi menulis, kamu pun juga bisa mendapatkan penghasilan. Mendapatkan uang dari internet dengan blogging ini sendiri bisa dilakukan dengan cara yang mudah termasuk bagi para pemula. Dan berikut ini beberapa alasan lain kenapa harus memiliki blog secara umum.

Apa itu blogging?

Blogging adalah keterampilan yang dibutuhkan oleh seseorang untuk menjalankan hingga mengawasi sebuah situs blog. Blogging ini membutuhkan seseorang untuk melengkapi halaman website dengan beberapa penulisan, posting, menautkan, dan macam-macam konten yang bisa di akses secara online melalui internet. Tentu ada berbagai macam alasan seseorang atau perusahaan tertentu membuat blog.

Baca juga: Manfaatnya untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

  Kenapa harus memiliki blog?

1. Dapat menjangkau lebih banyak audiens

Bog adalah alat yang efektif untuk menjangkau audiens agar tetap mengetahui informasi seputar bisnis milikmu. Meskipun situs web lebih praktis dalam konten dan bernada lugas, tetapi blog menawarkan lebih banyak fleksibilitas untuk terhubung dengan pelanggan. Caranya cukup menunjukkan siapa dan apa saja yang bisnis kamu lakukan melalui konten blog.

Blog ini adalah ruang untuk berbicara secara mendalam tentang produk dan layanan yang kamu tawarkan. Selain itu blog juga bisa menjadi wadah untuk berbagi konten, hingga mengomentari tren industri yang relevan sesuai dengan bisnis milikmu.

2. Membangun trafik situs website

Alasan utama kenapa harus memiliki blog bagi setiap perusahaan adalah untuk meningkatkan visibilitas mereka. Sederhananya, semakin banyak konten blog yang dibuat, semakin banyak peluang untuk muncul di mesin pencari dan mengarahkan trafik organik ke situs website milikmu.

Blog menyediakan platform yang sempurna untuk memperkuat strategi SEO. Pembuatan artikel yang ditulis dengan menggabungkan kata kunci, gambar, dan video bisa meningkatkan peluang untuk menghasilkan trafik ke situs website.

3. Dapat membantu meningkatkan tautan internal

Tautan atau link internal adalah sesuatu yang sepenuhnya berada dalam kendalimu. Ini berarti tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya dalam unggahan blog yang kamu buat. Link internal ini dapat membantu pengunjung dengan navigasi situs, mengarahkan mereka ke halaman paling penting di situs website milikmu.

Menautkan secara internal ke posting dan halaman blog lain di situs web juga dapat meningkatkan kesuksesan SEO. Semakin banyak tautan relevan yang kamu miliki, semakin besar kemungkinan peringkat akan lebih baik, serta dapat menghasilkan lebih banyak trafik dan prospek potensial.

4. Blog bisa menjadi tempat untuk menuliskan tentang produk

Blog juga bisa menjadi tempat untuk menjelaskan tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh bisnis milikmu. Misalnya, kamu dapat menulis review pelanggan, manfaat produk secara spesifik, atau memberikan panduan atau cara yang mudah dibaca tentang layanan.

Semakin banyak perusahaan memproduksi konten seperti ini, semakin terlihat otoritas yang dimiliki. Tidak hanya membangun pengetahuan, tetapi juga melahirkan inovasi dan kreativitas. Semakin dalam dan kompleks postingan, semakin banyak ide yang mungkin dihasilkan.

5. Membantu membangun basis data email

Promosi bisnis melalui email masih menjadi strategi yang solid. Tetapi tidak selalu mudah untuk membuat orang mendaftar. Di sinilah blog dapat membantu. Cara ini dapat memastikan agar bisnis tetap diingat dan memperkuat kebutuhan audiens untuk terus diperbarui. Ada dua cara penting agar blogging mendukung promosi melalui email, yaitu:


Insentif email

Dengan insentif email di dalam postingan blog, kamu dapat menawarkan sesuatu yang berharga kepada pembaca dengan mengirimkan informasi yang berkaitan melalui alamat email mereka. Ini biasanya dilakukan melalui formulir di dalam postingan blog. Kemudian, setelah pembaca mengirimkan alamat email, mereka akan masuk ke daftar email  sebagai pelanggan utama dan potensial.

Membuat pembaca atau audiens kembali mengunjungi situs blog

Selanjutnya, setelah memiliki alamat email mereka, kamu dapat mengirimkan pemberitahuan setiap kali menerbitkan posting blog baru. Ini merupakan salah satu cara agar audiens kembali mengunjungi blog.

Jika orang menemukan konten blog yang informatif, relevan, dan menarik, kemungkinan mereka akan percaya bahwa buletin email yang ditampilkan juga demikian. Untuk mendorong mereka mendaftar, sertakan tautan internal di blog. Hal ini memudahkan mereka untuk membaca tentang promosi, produk baru, atau pembaruan bisnis di blog milikmu.

6. Lebih mudah mendapatkan exposure media sosial dengan artikel blog

Blogging adalah cara efektif yang juga bisa membangun trafik di media sosial. Setiap kali menulis postingan blog, kamu membuat konten yang dapat dibagikan orang dengan mudah di Twitter, Facebook, LinkedIn, dan media sosial lainnya. Cara ini membantu mengekspos perusahaan ke audiens baru.

Di sisi lain, konten blog membantu mendorong trafik di media sosial. Daripada mencoba ide konten baru di media sosial, kamu cukup mempromosikan dan menautkan postingan blog terbaru yang relevan. Dengan cara seperti itu, kamu bersamaan dapat memperkuat kehadiran media sosial dan mendatangkan pengunjung baru. Memiliki blog tidak hanya memberikan fondasi yang kuat untuk pemasaran, tetapi juga menjadi cara yang bagus untuk berbagi ide, dan membangun komunitas besar.

7. Blog sebagai platform untuk menceritakan kisah pribadi

Selain untuk kebutuhan bisnis, blogging juga dapat menjadi media bagi diri sendiri. Melalui situs blog kamu dapat menceritakan kisah seperti yang diinginkan tanpa bergantung pada jurnalis. Saat menulis tentang topik yang diminati, kamu dapat memutuskan bagaimana menggambarkan sebuah cerita, informasi apa yang akan disertakan, hingga informasi apa yang tidak perlu dibagikan. Blogging memungkinkan kamu untuk memastikan bahwa semua informasi yang disertakan dalam blog adalah faktual.

Seperti penjelasan di atas, jadi tak hanya sekadar untuk bisnis, alasan lain kenapa harus memiliki blog yaitu juga bisa untuk menyalurkan hobi bagi kamu yang suka menulis serta kesempatan untuk membangun trafik. Bagi kamu yang ingin mulai membangun situs website bisnis sendiri, segera hosting murah di DomaiNesia. Tak ketinggalan, jangan lupa untuk cek promo hosting domain juga. 

(mr/*/bas/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia