Senin, 06 Dec 2021
Radar Madura
Home / Sumenep
icon featured
Sumenep

Pilkades Serentak Dijaga 4.035 Aparat Keamanan

24 November 2021, 04: 53: 21 WIB | editor : Abdul Basri

Pilkades Serentak Dijaga 4.035 Aparat Keamanan

INSPEKSI: Tiga dari kiri, Bupati Achmad Fauzi memeriksa kesiapan anggota TNI-Polri yang akan mengamankan pelaksanaan pilkades di Lapangan Sanika Satyawada Polres Sumenep kemarin. (MOH. BUSRI/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP, Jawa Pos Radar Madura – Polres Sumenep menggelar apel pergeseran pasukan (serpas) pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021. Apel serpas tersebut dipusatkan di Lapangan Sanika Satyawada kemarin (22/11) pukul 07.30. Selain Bupati Sumenep Achmad Fauzi, apel tersebut dihadiri jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda).

Kapolres Sumenep AKBP Rahman Wijaya mengatakan, aparat keamanan yang bertugas melaksanakan pengamanan pilkades serentak sebanyak 4.035 orang. Perinciannya, 2.361 anggota kepolisian, 352 anggota tentara nasional Indonesia (TNI), dan 1.322 anggota satuan perlindungan masyarakat (linmas).

”Semua aparat keamanan melakukan tugas pengamanan mulai tahap pungut dan hitung suara. H-3 pelaskanaan pilkades, seluruh personel sudah disebar ke tiap desa yang akan menyelenggarakan pilkades,” ucapnya.

Baca juga: Tiga Kali Pansus Raperda Perumda Sumekar Kandas

Menurut Rahman, pilkades tahun ini akan diselenggarakan di 84 desa atau 27 kecamatan. Perinciannya, 63 desa di daratan dan 21 desa di kawasan kepulauan. ”Hasil pantauan sementara, secara umum kondusif. Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berperan aktif menciptakan pelaksanaan pilkades yang aman dan damai,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi menegaskan, tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan pilkades serentak. ”Para calon, tim pendukung, tokoh masyarakat, dan elemen lainnya harus sama-sama komitmen mendukung pilkdes damai,” tutur bupati yang akrab disapa Uji itu.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep itu mengingatkan agar pelaksanaan pilkades sesuai protokol kesehatan (prokes). Karena itu, dia menanyakan kesiapan seluruh panitia dan calon kepala desa (cakades). Sebab, pilkades digelar pada masa pandemi Covid-19. ”Sudah dikumpulkan dan kemarin telah deklarasi. Kami sudah komitmen dan mereka juga harus berkomitmen,” tandasnya. (c4)

(mr/yan/bas/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia