Selasa, 26 Oct 2021
Radar Madura
Home / Sampang
icon featured
Sampang

Mahasiswa Poltera Wakili Indonesia di WSC Shanghai

12 Oktober 2021, 05: 08: 30 WIB | editor : Abdul Basri

Mahasiswa Poltera Wakili Indonesia di WSC Shanghai

BEPRESTASI: Akhmad Jujuk saat latihan rutin di BBPLK, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, beberapa waktu lalu. (AKMAD JUJUK FOR RadarMadura.id)

Share this      

SAMPANG, Jawa Pos Radar Madura – Kemampuan akademik Akhmad Jujuk, mahasiswa Politeknik Negeri Madura (Poltera), patut diacungi jempol. Mahasiswa semester 5 jurusan teknik listrik industri itu bakal mewakili Indonesia dalam World Skills Competition (WSC) di Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok, pada Oktober 2022. Bidang lomba yang diikuti adalah electrical installation kategori perorangan.

Laki-laki yang karib disapa Jujuk itu terpilih setelah ditetapkan sebagai juara wilayah kerja 2 Jatim, tingkat Jatim, dan tingkat nasional. Jujuk dipastikan mewakili Indonesia dalam WSC di Sanghai setelah menjuarai seleksi di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK), Kota Serang, Provinsi Banten.

Jujuk menyampaikan, saat ini terus mematangkan segala persiapan menjelang pelaksanaan lomba WSC di Shanghai. Mulai mental, skill, dan minta dukungan doa. Sebab, ini merupakan pengalaman pertama baginya mengikuti kompetisi tingkat internasional dengan peserta dari berbagai negara.

Baca juga: Pejabat yang Dilantik Harus Menunjukkan Kinerja Terbaik

”Terkait pelatihan mental, pusat prestasi nasional telah mengadakan pelatihan pembentukan mental setiap pekan. Mental dilatih agar siap berlomba di kompetisi tingkat internasional. Materi pelatihan meliputi cara mengenali jati diri, motivasi, dan cara menghadapi lawan,” ucap Jujuk.

Menurut dia, aktivitas setiap hari intens latihan di BBPLK, Kota Serang, Provinsi Banten. Mulai latihan mekanik, eletrik, dan program. Kemudian, ditambah olahraga rutin demi menjaga kebugaran tubuh. ”Olahraga rutin setiap pagi dan sore saya lakukan,” kata mahasiswa asal Kabupaten Pasuruan itu.

Dia menjelaskan, bidang lomba electrical installation seperti melakukan instalasi rumah dan instalasi motor listrik. Dia menuturkan, dukungan dari kampus terus mengalir, termasuk untaian doa dari teman-temannya di Poltera. ”Saya masih di BBPLK Kota Serang untuk latihan. Fasilitas di sini sangat lengkap,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Poltera Arman Jaya mengungkapkan, kampus sangat mendukung dan siap memfasilitasi mahasiswa berprestasi. Kebijakan tersebut tidak hanya berlaku kepada mahasiswa berprestasi, tapi juga kepada dosen yang akan mengikuti kompetisi.

”Sesuai visi Poltera, bisa berdaya saing global dan itu ditargetkan bisa diwujudkan pada 2025. Secara bertahap, hal ini sudah dimulai dari sekarang. Seperti Akhmad Jujuk, mahasiswa semester 5, yang bakal mengikuti WSC di Shanghai. Kami dukung penuh karena visi kami berdaya saing global,” tandasnya. 

(mr/jun/yan/bas/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia