Selasa, 26 Oct 2021
Radar Madura
Home / Pamekasan
icon featured
Pamekasan

Bupati Baddrut Tamam: MPP Tangguh dari Praktik Kotor

24 September 2021, 20: 32: 47 WIB | editor : Abdul Basri

Bupati Baddrut Tamam: MPP Tangguh dari Praktik Kotor

TANGGUH: Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam acara launching MPP Tangguh dan Pelayanan Dispendukcapil, Rabu (22/9). (BADDRUT TAMAM FOR RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN, Jawa Pos Radar Madura – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam meneguhkan komitmennya menyelenggarakan pemerintah yang bersih dari praktik kotor. Indikasinya, me-launching Mal Pelayanan Publik (MPP) Tangguh. Termasuk meresmikan layanan Inovasi Administrasi Dispendukcapil di lantai bawah Gedung Islamic Center (GIC).

Baddrut Tamam menerangkan, MPP Tangguh merupakan salah satu inovasi Pemkab Pamekasan menuju pelayanan yang bersih. ”Saya komitmen, Pemkab Pamekasan harus bersih, betul-betul bersih,” katanya.

Menurut dia, spirit Pamekasan bersih sudah menjadi prinsip sejak dia dilantik menjadi bupati Pamekasan pada 2018 lalu. Karena itu, belum genap 100 hari memimpin, lalu mendirikan mal pelayanan publik. Pada 2019, Pemkab Pamekasan memecahkan rekor Muri tercepat mendirikan MPP se-Indonesia.

Baca juga: Pastikan Tokoh Favorit Anda Masuk Nominasi

”Ini tidak lepas dari upaya pemerintah mewujudkan komitmen untuk memberikan pelayanan maksimal dan bersih,” tegas pria yang akrab disapa Mas Tamam itu.

Dijelaskan, dengan peluncuran MPP, sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) menjadi satu. Masyarakat bisa mengurus segala keperluan di satu tempat tanpa berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. ”Agar masyarakat tidak merasa dipingpong,” katanya.

Mas Tamam mengungkapkan, ikhtiar pemerintah tidak sekadar ikhtiar fisik. Namun, juga ikhtiar prinsip. ”Kenapa harus MPP Tangguh dan kenapa harus berupaya yang terbaik bagi rakyat? Karena ini wujud komitmen kami untuk mewujudkan pemerintahan dan kota yang bersih,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pamekasan Ach. Nasrullah menerangkan, institusinya telah melahirkan tujuh inovasi pengurusan dokumen kependudukan. Salah satunya Layanan Ta’ Osa Toron dhari Motor (Lantor).

”Tinggal menunggu di sepeda motor dan bisa mencetak KTP dan KK yang hilang atau rusak,” katanya.

Inovasi lain adalah layanan Superstar. ”Ini layanan online, bisa diakses dari rumah, nanti dokumen yang dibutuhkan akan dikirim via PDF dan nanti yang bersangkutan mencetak sendiri di rumah. Selain itu, juga ada layanan turun ke desa. ”Layanan ini untuk pembuatan KK, akta kelahiran, akta kematian, dan kartu identitas anak (KIA). Termasuk, layanan rekam khusus lansia dan sejumlah program lainnya,” paparnya.

(mr/gky/yan/bas/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia