Selasa, 30 Nov 2021
Radar Madura
Home / Bangkalan
icon featured
Bangkalan

Disbudpar Gandeng Juri Berkompeten-Independen

18 November 2021, 14: 54: 19 WIB | editor : Haryanto

Disbudpar Gandeng Juri Berkompeten-Independen

BERKOMPETEN: Dewan juri menilai karya yang dikirim peserta lomba menyanyi lagu bahasa Madura di Museum Bangkalan Rabu (17/11). (Vivin Agustin Hartono/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Peserta lomba menyanyi lagu bahasa Madura yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan mencapai puluhan. Karya yang sudah masuk dinilai oleh tiga juri yang berkompeten Rabu (17/11).

Kepala Disbudpar Bangkalan Moh. Hasan Faisol melalui Kabid Gemma Dominan mengutarakan, lomba menyanyi lagu-lagu Madura sangat penting. Tujuannya, mengenalkan musik tradisi kepada generasi muda. Sebab, di era globalisasi seperti sekarang sangat jarang generasi muda yang mengenal dan melestarikan musik tradisi.

”Lagu-lagu Madura itu jumlahnya mencapai ribuan. Tapi, yang banyak dikenal hanya lagu kerapan sapi dan tandhu' majang,” ungkanya.

Baca juga: Mengobati Batu Ginjal tanpa Operasi

Disbudpar Gandeng Juri Berkompeten-Independen

SANTAI: Kepala Disbudpar Bangkalan Moh. Hasan Faisol saat ditemui.di ruang kerjanya. (Vivin Agustin Hartono/RadarMadura.id)

Melalui lomba tersebut, pihaknya berharap lagu-lagu Madura akan semakin membumi di jiwa para pemuda. Kemudian, menjadi cikal bakal kepedulian dan kecintaan generasi muda pada kebudayaan lainnya.

Peserta yang ambil bagian dalam lomba menyanyi Madura sekitar 23–25 orang. Karya-karya yang disetorkan para peserta dinilai oleh tiga juri independen dan berkompeten. Berasal dari tiga latar belakang yang berbeda. Yaitu akademisi, musisi, dan sound engineering.

”Untuk penilaiannya, kami menggunakan petunjuk teknis nasional yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek),” terang pria yang juga sebagai musisi itu. (jup/onk)

(mr/*/yan/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia