Senin, 06 Dec 2021
Radar Madura
Home / Berita Kota
icon featured
Berita Kota

Cegah Potensi Gangguan Petir, PLN Ganti 374 GSW Madura

24 November 2021, 19: 28: 31 WIB | editor : Haryanto

Cegah Potensi Gangguan Petir, PLN Ganti 374 GSW Madura

WASPADA: PLN UIT JBM melalui UPT Gresik melakukan pembaruan GSW di seluruh jalur transmisi SUTT di Pulau Madura. (PLN for RadarMadura.id)

Share this      

MADURA – PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) komitmen menjaga keandalan pasokan listrik untuk penunjang kebutuhan hidup serta perekonomian di Madura. Saat ini, kebutuhan listrik di Madura mencapai 280 megawatt (mw). Sedangkan saluran kabel tegangan tinggi (SKTT) yang menyalurkan daya listrik ke Madura masih melalui dua sirkuit dengan 6 kabel SKTT.

Kabel tersebut mengalirkan pasokan listrik dari Gardu Induk (GI) Kedinding, Surabaya, ke GI Bangkalan, Madura, melalui Jembatan Suramadu berkapasitas 300 MW. Saat ini, dua sirkuit tambahan dalam tahapan konstruksi dan dapat menyalurkan listrik melalui 12 kabel SKTT 150 kV.

Berdasar data BMKG, Madura menunjukkan indikator warna hijau karena intensitas petir mencapai 15.000–30.000 kali dalam sebulan. ”Petir menjadi faktor alam yang penting untuk mendapat perhatian terhadap keandalan pasokan. Untuk mengatasinya, diperlukan respons cepat agar tidak terjadi gangguan,” ujar General Manager PLN UIT JBM Suroso.

Baca juga: Putra Madura Jadi Duta Besar RI untuk Tunisia

Dijelaskan, PLN UIT JBM melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Gresik melakukan pembaruan kawat baja pertahanan tower atau Ground Steel Wire (GSW). Pembaruan GSW sebanyak 374 unit dan tersebar di seluruh jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV di Madura. Pembaruan GSW yang dilakukan sejak awal tahun telah mencapai 62 persen dan ditargetkan selesai Juli 2022.

”Pembaruan kawat GSW dilakukan di SUTT 150 kV Bangkalan–Sampang sebanyak 155 tower, SUTT 150 kV Sampang–Pamekasan sebanyak 79 tower, SUTT 150 kV Pamekasan–Sumenep sebanyak 85 tower, dan SUTT 150 kV Sampang–Sumenep sebanyak 55 tower,” papar Suroso. (*/par)

(mr/*/yan/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia