Minggu, 19 May 2019
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

PKS Geser Jatah Kursi PBB

Komposisi Pimpinan Dewan Berubah

12 Mei 2019, 15: 35: 20 WIB | editor : Abdul Basri

PKS Geser Jatah Kursi PBB

PAMEKASAN – Hasil pemilihan anggota legislatif (pileg) 2019 mengubah komposisi anggota DPRD Pamekasan. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berjaya di semua daerah pemilihan (dapil) dengan meraup 12 kursi. Namun, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga memberi kejutan.

Partai ini meraup 5 kursi dengan total 65.679 suara. PKS berada di posisi keempat peroleh suara terbanyak. Jumlah kursi partai dengan nomor urut 8 itu berada di bawah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memperoleh 7 kursi dewan dengan total 87.134 suara.

Dengan perolehan itu PKS mendapat jatah wakil pimpinan dewan. Partai yang dinakhodai M. Sohibul Iman itu menggeser Partai Bulan Bintang (PBB) dari kursi pimpinan DPRD. Partai berlambang bulan dan bintang itu hanya berhasil merebut 3 kursi dengan total suara partai 42.134.

Hasil pileg 2014, kursi pimpinan dewan direbut PPP yang diamanahkan kepada Halili Yasin sebagai ketua. Kemudian, dari Partai Demokrat diberikan kepada Hermanto, Imam Hosairi dari PKB, dan Suli Faris dari PBB sebagai wakil ketua.

Pada pileg 2014, PKB mendapat 5 kursi. Kini, bertambah dua kursi menjadi 7 kursi. Perolehan Partai Gerindra juga bertambah. Dari 3 kursi menjadi 4 kursi. Partai Golkar sebaliknya. Pada 2014 4 kursi, kini berkurang menjadi 3 kursi.

Kursi Partai Nasdem berkurang dua kursi dari 4 kursi pada 2014. PKS justru bertambah dua, dari 3 kursi menjadi 5 kursi. PPP yang berada di posisi terbanyak masih tak tertandingi. Pada 2014 mendapat sembilan kursi, kini bertambah menjadi 12 kursi.

PAN yang 2014 mendapat 5 kursi berkurang jadi 2 kursi. Sementara perolehan Partai Demokrat bertambah satu kursi dari lima kursi pada 2014. Lima kursi PBB pada 2014 kini tersisa tiga kursi. Sementara Partai Perindo sebagai partai baru mendapat 1 kursi. Sedangkan dua kursi PDI Perjuangan hasil pileg 2014 kini tidak dapat diraih kembali.

Ketua DPD PKS Pamekasan Jailani bersyukur atas hasil itu. Menurut dia, kemenangan itu tidak lepas dari doa kader, simpatisan, dan dukungan para masyaikh. ”Alhamdulillah, kami bersyukur atas kemenangan ini,” katanya kemarin (11/5).

Para caleg dan simpatisan selama tahapan pemilu berjuang memenangkan partai. Soliditas dan kebersamaan luar biasa untuk memenangkan partai dalam rangka membawa misi dakwah ke depan. ”Bukan memenangkan personal. Terima kasih kepada masyarakat yang telah mengamanahkan suaranya kepada PKS,” katanya.

Jailani mengatakan, program partai berjalan setiap saat. Mereka tidak hanya berbuat dan bekerja ketika menjelang pemilu. Konsistensi itu juga dinilai menjadi faktor pendongkrak perolehan suara PKS di Bumi Gerbang Salam.

Kepada kader yang menduduki jabatan sebagai anggota dewan, Jailani berharap tetap istiqamah mengemban amanah dakwah. Kemudian, harus menjadi pelayan umat yang baik. Program keumatan harus dikawal secara profesional dan optimal. Lalu, yang terpenting adalah, membuka selebar-lebarnya komunikasi dengan masyarakat. ”Insyaallah kami akan menjadi pelayan umat yang baik,” katanya.

Mengenai jatah wakil pimpinan dewan, Jailani juga mengaku bersyukur. Hanya, diakui, belum ada pembicaraan secara teknis di internal partai. PKS masih fokus mengayomi masyarakat dan membangun komunikasi dengan caleg yang tidak lolos.

PKS juga fokus mengembalikan nilai kerohanian kader dan caleg. Apalagi sekarang momentum Ramadan. Mereka diharapkan lebih mendekatkan diri kepada Sang Kuasa. ”Untuk distribusi kader (di kursi pimpinan dewan dan komisi) belum dibicarakan secara teknis,” katanya.

Ketua DPC PBB M. Suli Faris belum berkenan memberikan keterangan. Upaya konfirmasi koran ini tidak direspons. Pesan melalui aplikasi WhatsApp hanya dibaca.

Sebelumnya, Suli menduga banyak kecurangan pada pemilu 2019. Seluruh kader dan saksi diminta mengumpulkan bukti-bukti dugaan kecurangan itu untuk disampaikan kepada DPP PBB di Jakarta. Kemudian, akan dilanjutkan dengan menyengketakan ke MK.

(mr/pen/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia