Minggu, 19 May 2019
radarmadura
icon featured
Madura Events

1.109 Relawan Bersihkan Kalianget

Wabup: Saya Ingin Dilaksanakan Rutin

22 April 2019, 05: 25: 59 WIB | editor : Abdul Basri

ANTUSIAS: Sebagian dari ribuan relawan membersihkan sampah di area Pelabuhan Gersik Putih, Desa Kalianget Timur, Kecamatan Kalianget, Sumenep, kemarin.

ANTUSIAS: Sebagian dari ribuan relawan membersihkan sampah di area Pelabuhan Gersik Putih, Desa Kalianget Timur, Kecamatan Kalianget, Sumenep, kemarin. (DPRKP DAN CIPTAKARYA FOR RadarMadura.id)

SUMENEP – Event sosial bertajuk Go Clean Up Kalianget yang diselenggarakan oleh Jawa Pos Radar Madura (JPRM) berjalan sukses. Kegiatan yang terlaksana berkat kerja sama dengan Gugus Depan (Gudep) SMPN 1 Kalianget itu diikuti 1.109 peserta.

Kegiatan bersih-bersih ini juga melibatkan delapan gudep lain dan disukseskan banyak pihak. Yakni, Pemkab Sumenep, Kodim 0827/Sumenep, Rutan Kelas II-B Sumenep, Genpi Sumenep, OISCA, Polres Sumenep, dan warga Desa Kalianget Timur, Kecamatan Kalianget.

Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara dan relawan yang terlibat dalam kegiatan ini. Dia berharap, kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin di daerah-daerah lain di Sumenep.

”Saya sangat senang bisa ada di antara para relawan yang peduli dengan lingkungan di sini. Saya ingin kegiatan ini dilaksanakan secara rutin, mungkin satu bulan sekali atau minimal dua bulan sekali,” katanya.

Selain membersihkan sampah di lokasi yang sudah ditentukan, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan deklarasi Relawan Peduli Lingkungan. Pembentukan relawan ini diharapkan bisa mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

”Bukan hanya melaksanakan bersih-bersih secara langsung, tapi para relawan ini bisa memberikan pengertian kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih,” harapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumenep Chusnul Khotimah, Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna, dan Kepala Rutan Kelas II B -0Sumenep Beni Hidayat serta anggota Forpimka Kalianget.

Pembina Gudep SMPN 1 Kalianget Idayati menjelaskan, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk mengampanyekan gerakan peduli lingkungan. Dia berharap, selain bermanfaat untuk lingkungan, kegiatan ini juga bisa menjadi pembelajaran bagi siswa untuk lebih mencintai lingkungan.

”Kegiatan sosial seperti ini pasti banyak manfaatnya. Kami ingin selain bermanfaat untuk masyarakat, juga bisa memberikan pengajaran kepada siswa agar lebih mencintai lingkungan. Minimal tidak membuang sampah sembarangan,” jelasnya.

Kepala Event JPRM Moh. Sugianto mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu tanggung jawab JPRM untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan. Bersih-bersih ini juga diharapkan dapat memunculkan relawan-relawan baru yang peduli dan siap menjaga lingkungan.

”Harapannya, ke depan tidak muncul dari dorongan, tapi dari kesadaran masyarakat sendiri untuk menjaga kebersihan lingkungan,” terangnya.

(mr/aji/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia