Minggu, 19 May 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Pikat Perhatian Masyarakat Pemilih, Petugas KPPS Berpakaian ala Sakera

18 April 2019, 08: 18: 10 WIB | editor : Haryanto

SIAP MELAYANI: Petugas KPPS Kolpajung saat melayani warga.

SIAP MELAYANI: Petugas KPPS Kolpajung saat melayani warga. (Santi Stia Wardani/RadarMadura.id)

PAMEKASAN - Berbagai cara dilakukan, untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu serentak tahun ini. Misalnya, membuat tampilan Tempat Pemungutan Suara (TPS) tematik dan mewajibkan petugas KPPS berbaju tradisional khas Madura.

Seperti yang dilakukan petugas KPPS yang ada di TPS 10 Kelurahan Kolpajung, Kecamatan Kota Pamekasan. Petugas KPPS kompak mengenakan baju Sakera lengkap dengan pesak dan odheng. Sedangkan para wanita mengenakan pakaian ala Marlena.

Bambang Irawan, Ketua KPPS 10 Kelurahan Kolpajung mengungkapkan, penggunaan pakaian ala Sakera sebagai wujud kecintaan terhadap budaya Madura. Selain itu untuk menarik masyarakat datang ke TPS.

SOLID: Petugas KPPS 01 Desa Polagan foto bareng.

SOLID: Petugas KPPS 01 Desa Polagan foto bareng. (Santi Stia Wardani/RadarMadura.id)

"Ide kreatif muncul saat mengadakan rapat. Kami ingin menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda. Penggunaan pakaian Sakera lengkap dengan dekorasi Madura," imbuh Bambang Irawan.

Dikatakannya, petugas KPPS juga menyediakan air mineral dan camilan secara gratis. Hal ini bertujuan, agar pemilih tidak bosan pada saat menunggu giliran mencoblos.

Amatan RadarMadura.id, petugas KPPS 01 Desa Polagan, Kecamatan Galis juga mengenakan baju ala Sakera. "Dengan memakai pakaian khas Madura, diharapkan membuat warga semangat ke TPS," ujar Khoirudin Ketua KPPS 01 Desa Polagan.

Dijelaskannya mayoritas petugas KPPS sudah mempunyai pakaian Sakera. Jadi tidak usah mengeluarkan biaya. "Hanya sebagian yang menyewa pakaian Sakera. Biaya sewanya pun tidak memberatkan petugas KPPS," imbuh Khoirudin. (Santi Stia Wardani)

(mr/*/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia