Jumat, 26 Apr 2019
radarmadura
icon-featured
Politik Pemerintahan

KPU Tambah Puluhan Pelipat Surat Suara

Target Rampung Pertengahan Maret

26 Februari 2019, 13: 00: 08 WIB | editor : Abdul Basri

BERSEMANGAT: Pekerja melipat surat suara di GOR Saka di Jalan Halim Perdanakusuma, Bangkalan, kemarin.

BERSEMANGAT: Pekerja melipat surat suara di GOR Saka di Jalan Halim Perdanakusuma, Bangkalan, kemarin. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

BANGKALAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan mengebut penyiapan logistik pemilihan umum (pemilu) 2019. Sebanyak 40 tenaga dikerahkan untuk melipat surat suara di Gedung Olahraga (GOR) Sultan Abdul Kadirun (Saka).

Ketua KPU Bangkalan Fauzan Jakfar mengatakan, sampai saat ini hanya surat suara untuk dewan perwakilan daerah (DPD) RI yang dilipat. ”Tanggal 15 Maret ditargetkan selesai,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya kemarin (25/2).

Puluhan tenaga pelipat surat suara itu berasal dari Sidoarjo dan Surabaya. KPU akan menambah 50 tenaga pelipat dari Tulungagung. ”Besok (hari ini, Red) pelipat dari Tulungagung datang,” kata Fauzan.

Kenapa harus mendatangkan tenaga pelipat surat suara dari luar daerah? Fauzan menegaskan, mereka memiliki kemampuan khusus dalam pelipatan. Jadi cepat selesai. ”Lebih cepat karena terlatih. Kemarin dipakai untuk PSU (pemungutan suara ulang) di Sampang, dua hari bisa selesai,” klaimnya.

Fauzan sengaja tidak menggunakan tenaga lokal untuk proses pelipatan. Itu juga sebagai antisipasi terjadinya kecurangan.

”Kalau orang Bangkalan sendiri kan kita tidak tahu apakah ada ikatan kerabat atau bagaimana dengan salah satu calon,” sambungnya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangkalan A. Mustain Saleh enggan mengomentari penggunaan puluhan tenaga pelipat dari luar daerah. Sebab, persiapan logistik itu merupakan kewenangan KPU.

Pria berkacamata itu hanya meminta pelipatan harus mendapatkan perhatian serius agar tidak terjadi kecurangan. Mustain berharap segala persiapan yang dilakukan KPU bisa selesai sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak).

”Yang penting bisa selesai tepat waktu. Orang mana yang melipat dan berapa, yang lebih tahu itu KPU,” ujarnya. (jup)

(mr/onk/bas/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia