Minggu, 17 Feb 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Klaim Semua Desa Sudah Setor SPj

10 Februari 2019, 14: 22: 20 WIB | editor : Abdul Basri

Klaim Semua Desa Sudah Setor SPj

BANGKALAN – Keterlambatan penyetoran surat pertanggungjawaban (SPj) dana desa (DD) menjadi permasalahan klasik. Pemerintah perlu lebih tegas terhadap desa untuk bisa menyetor SPj tepat waktu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan Mulyanto Dahlan menyampaikan, pihaknya terus mendorong operator desa agar mengikuti bimbingan teknis (bimtek). Dengan begitu, mereka lebih memahami tugas dan fungsinya. ”Bertambahnya DD/ADD bisa benar-benar berdaya guna untuk masyarakat,” ungkapnya kemarin (9/2).

Beberapa hari lalu operator desa-desa mengikuti bimtek di Surabaya agar semakin profesional. Dengan demikian, realisasi DD terlaksana dengan baik. Saat ini pemerintah desa mulai membuka diri dan transparan. Operator dan tenaga pendamping desa sudah kompak.

Mulyanto mengklaim seluruh desa di Bangkalan telah menyerahkan SPj. Dia berharap pada 2019 tidak ada keterlambatan penyetoran SPj DD. ”Operator terus kami beri pembinaan agar tidak telat-telat memberikan pertanggungjawaban,” ucap Mulyanto.

Pihaknya kini tinggal menunggu pagu DD setiap desa dari pemerintah pusat. Total desa di Bangkalan pada 2019 dianggarkan Rp 330.890.000.000. Dana miliaran itu untuk 273 desa. ”Pagu tiap desa tidak sama. Melihat letak geografis, tingkat kemiskinan, dan sebagainya,” jelasnya.

(mr/bad/luq/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia