Minggu, 17 Feb 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Sekdes Jadi Plt Kades

09 Februari 2019, 14: 23: 50 WIB | editor : Abdul Basri

Sekdes Jadi Plt Kades

SUMENEP  – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) diperkirakan Oktober mendatang. Namun belum diketahui tanggal pastinya. Sebab saat ini masih penyusunan jadwal dan persiapan dari pihak keamanan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Ahmad Masuni mengutarakan, yang melaksanakan pilkades serentak 226 desa. Dari jumlah tersebut, sebagian kepala desa (Kades) sudah ada yang berakhir masa jabatannya. ”Masa jabatan Kades ada yang berakhir Maret dan April 2019,” kata dia kemarin (8/2).

Masuni menyampaikan, bagi Kades yang sudah berakhir masa jabatannya, langsung diisi Sekdes sebagai pelaksana tugas (Plt). Tugas Plt melaksanakan tugas-tugas Kades. Hanya saja, berkenaan dengan kebijakan strategis, Plt tidak bisa sehingga harus konsultasi ke pejabat di atasnya. ”Pemerintahan di desa harus jalan,” terangnya.

Dia menjelaskan, saat ini tengah dilakukan penyusunan jadwal pelaksanaan, pembiayaan, dan pelaporan pilkades sampai pelantikan Kades terpilih. Pilkades dianggarkan Rp 20 miliar, termasuk biaya untuk keamanan. ”Tiap desa nanti berbeda biaya pilkadesnya. Bergantung pada jumlah pemilih,” pungkasnya. 

(mr/daf/hud/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia