Selasa, 19 Feb 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

4 Tahun, 4 ASN Dipecat Tidak Hormat

08 Februari 2019, 23: 16: 31 WIB | editor : Abdul Basri

TEGAS: Suharto saat ditemui di ruang kerjanya.

TEGAS: Suharto saat ditemui di ruang kerjanya. (Herlina Trisukma/RadarMadura.id)

PAMEKASAN -  Sejak tahun 2014 hingga 2018, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDSDM) Pamekasan mencatat sedikitnya empat ASN diberhentikan tidak hormat.

Suharto selaku Kabid Data, Pengadaan, dan Pembinaan Aparatur BKDSDM Pamekasan mengatakan, dari empat ASN tersebut dua diantaranya diberhentikan tidak hormat karena terlibat kasus tindak pidana korupsi (Tipikor).

"Rinciannya, Akhmad Bukhori diberhentikan Juli 2014 dan Dr. Roby Haryanto dipecat Januari 2017. Selanjutnya Dr. Sucipto Utomo dipecat Januari 2018 dan Noer Sholehudin diberhentikan Januari 2018. Dua nama terakhir diberhentikan karena terbukti terlibat tipikor," paparnya.

Dijelaskan, untuk ASN dengan kasus tidak masuk kerja dalam jangka waktu yang lama tidak semena-mena langsung diberhentikan. Namun, melalui proses pemberian sanksi ringan terlebih dahulu.

"Kita kasih sanksi ringan dulu, berupa teguran lisan lalu tertulis. Setelah itu sanksi sedang, berupa penundaan gaji berkala selama 1 tahun atau penundaan kenaikan pangkat selama 1 tahun. Termasuk, penurunan pangkat 1 tingkat lebih rendah selama 1 tahun. Sanksi berat, pemberhentian tidak dengan hormat," jelasnya.

Sementara untuk ASN yang terlibat kasus tipikor, lanjut Suharto, langsung diberhentikan. "Kita bilangnya bukan korupsi ya, tapi pakai istilah tindak kejahatan jabatan. Sesuai istilah di Undang-Undang ASN. Kalau di pengadilan, itu setara dengan tipikor," katanya.

Suharto mengatakan, untuk vonis hukuman masing-masing ASN yang melakukan tindak kejahatan jabatan, BKDSDM tidak bisa memberikan konfirmasi. Sebab, hal itu bukan ranah instansinya. "Itu ranahnya pengadilan untuk memberikan keterangan," tandasnya. (Herlina Trisukma)

(mr/yan/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia