Selasa, 19 Feb 2019
radarmadura
icon featured
Features

Najwa Ameera Kurniawan, Siswi Kelas II SD Peraih Medali Emas TIMO

04 Februari 2019, 10: 25: 04 WIB | editor : Abdul Basri

MEMBANGGAKAN: Najwa Ameera Kurniawan, siswi kelas II SDN Ketapang Barat II, bersama guru menunjukkan medali emas yang dia peroleh.

MEMBANGGAKAN: Najwa Ameera Kurniawan, siswi kelas II SDN Ketapang Barat II, bersama guru menunjukkan medali emas yang dia peroleh. (RUSYDI ZAIN/RadarMadura.id)

Najwa Ameera Kurniawan masih duduk di bangku kelas II SDN Ketapang Barat II. Prestasinya cukup membanggakan. Siswi yang akrab disapa Najwa itu meraih medali emas pada event Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) yang dilaksanakan di MTsN 3 Pamekasan November lalu.

RUSYDI ZAIN, Sampang

MENGAJARKAN kebaikan kepada anak sangat penting. Ajaran sejak dini akan terus tertanam hingga anak menjadi dewasa. Itulah yang diterapkan keluarga Najwa Ameera Kurniawan.

Menciptakan lingkungan pendidikan layaknya di sekolah juga penting. Namun, tak membuang kebutuhan anak untuk bermain dan berinteraksi dengan teman di lingkungannya. Upaya itulah yang dilakukan orang tua (ortu) Najwa pada saat berada di rumah.

Ortu membimbing, mencontohkan, mengajarkan, dan rutin memberikan soal matematika. Kebiasaan itu mengantarkan Najwa meraih prestasi di olimpiade matematika internasional.

Rasa bangga dan haru dirasakan orang tua saat mengetahui putrinya menyabet medali emas. Ungkapan rasa syukur kehadirat Allah tak luput dari tiap doa dan sujudnya. ”Alhamdulillah, putri pertama saya meraih medali emas. April nanti akan mewakili Indonesia ke Thailand,” kata Sunah, ibu Najwa kemarin (3/2).

Najwa dibesarkan seperti anak pada umumnya. Anak yang kini berusia 8 tahun itu dilahirkan dari keluarga yang cukup sederhana di Desa Ketapang Barat, Kecamatan Ketapang, Sampang. Namun ada kebiasaan yang jarang dilakukan oleh kebanyakan orang tua lainnya.

Kemampuan Najwa di pelajaran matematika diketahui sejak TK B. Saat itu Najwa pulang dengan membawa buku pelajaran metematika untuk anak kelas I SD. Di rumah, orang tuanya menanyakan kepada Najwa kenapa membawa buku pelajaran anak kelas I SD. Najwa menjawab karena diperintah oleh gurunya.

Lalu, orang tuanya menelepon guru yang dimaksud. Guru menyampaikan bahwa Najwa anak yang pintar. Dan guru tersebut menyukainya. Maka dari itu, dibawakan buku pelajaran matematika untuk anak kelas I sekolah dasar.

Sejak itu ibu Najwa yang juga berprofesi sebagai guru di SMAN 1 Ketapang mencarikan buku referensi tambahan untuk anaknya. ”Saya biasakan memberi soal-soal matematika ke Najwa lima sampai sepuluh. Itu saya lakukan tiap hari,” tuturnya.

Dia memberitahukan kepada anaknya bahwa ada lomba matematika. Lalu menawarkan, apakah mau ikut atau tidak. Ternyata Najwa mengiyakan tawaran ibunya. ”Ini event pertama yang diikuti Najwa. Sebenarnya saya mau mengukur kemampuannya. Alhamdulillah, membanggakan,” ujarnya.

Sebelum berangkat lomba dia tidak pernah mengiming-imingi Najwa hadiah. Dia menanamkan motivasi diri kepada anaknya. ”Iming-iming hadiah tidak baik. Nanti semangat dan motivasinya jadi hanya untuk iming-iming itu,” terangnya.

Setelah berhasil meraih medali emas, bulan berikutnya Najwa kembali mengikuti event nasional se-Jawa dan Bali di Jember. Yakni, Jember Mathematics Science Competition (JMSC). Najwa pulang dengan membawa medali perunggu. ”Sekarang kami intens memberikan bimbingan kepada Najwa untuk persiapan berangkat ke Thailand, April mendatang,” ujarnya.

Prestasi yang diraih dan ditunjukkan Najwa diharapkan mengharumkan nama Sampang di tingkat nasional dan internasional. Selain itu, memotivasi orang tua dan anak di seluruh negeri untuk terus belajar dan meningkatkan skill. ”Pesimistis harus dibuang jauh, tanamkan optimistis dalam diri karena setiap diri sama-sama memiliki potensi,” tegasnya.

Kepala SDN Ketapang Barat II Widodo mengaku bangga memiliki siswa seperti Najwa. Pada bidang matematika Najwa memang lebih menonjol dibandingkan dengan teman lainnya. Potensi yang dimiliki anak di sekolahnya cukup beragam.

Semua potensi anak dihargai untuk dikembangkan. ”Kami bangga Najwa berhasil mengharumkan lembaga pendidikan di Sampang,” katanya. ”Selamat kepada Najwa yang akan mewakili Indonesia dalam olimpiade matematika di Thailand,” imbuhnya.

Pihaknya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua Najwa yang telah mendukung pengembangan potensi anak. Hal itu salah satu contoh sinergitas yang harus dipenuhi antara sekolah dan keluarga. ”Anak didik kami memang didukung untuk selalu mengikuti lomba. Selain mengukur kemampuan, juga memupuk mental supaya kuat,” ujarnya.

Prestasi yang telah diraih Najwa diharapkan menginspirasi dan memotivasi siswa lainnya untuk lebih semangat belajar. Selain itu, menyadarkan seluruh orang tua bahwa pendidikan tak hanya di lingkungan sekolah. Pendidikan di lingkungan keluarga juga sangat penting.

(mr/hud/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia