Kamis, 24 Jan 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Abrasi Makin Parah, Dinas PUPR Janji Perbaiki

11 Januari 2019, 01: 22: 19 WIB | editor : Abdul Basri

BELUM DIPERBAIKI: Pengendara motor melintas di jalan yang tergerus abrasi di Desa Pegagan, Kecamatan Pademawu.

BELUM DIPERBAIKI: Pengendara motor melintas di jalan yang tergerus abrasi di Desa Pegagan, Kecamatan Pademawu. (ANIS BILLAH/RadarMadura.id)

PAMEKASAN – Kondisi abrasi yang terjadi di Desa Pegagan, Kecamatan Pademawu, semakin parah. Plengsengan yang rusak diterjang ombak semakin melebar. Akibatnya, jalan di sekitar abrasi ikut tergerus.

Kepala Dinas PUPR Pamekasan Totok Hartono mengatakan, kerusakan terjadi murni karena faktor alam. Plengsengan yang rusak tersebut terjadi karena tidak kuat menahan terjangan ombak. Apalagi, akhir-akhir ini terjangan ombak cukup kuat.

”Abrasi terjadi karena terlalu dekat dengan bibir pantai. Sehingga ketika ada terjangan ombak yang cukup besar, langsung menghantam plengsengan. Artinya, tidak ada penahan atau penangkis ombak,” katanya Rabu (9/1).

Menurut dia, usia plengsengan sudah cukup tua. Dengan begitu, ketika terkena terjangan ombak mudah rusak. Tak heran jika kerusakan tempat yang berfungsi sebagai penahan ombak itu rusak.

Totok mengakui di daerah tersebut rawan terjadi abrasi. Abrasi kali ini merupakan kejadian kedua. Namun, titik kerusakan tidak sama. ”Kerusakan yang sekarang terjadi setelah abrasi yang sebelumnya selesai diperbaiki,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya berjanji akan segera memperbaiki. Jika dibiarkan, khawatir akan terus melebar. Apalagi, abrasi semakin mengikis jalan raya yang bisa membahayakan pengendara yang melintas.

Pria berkacamata itu menyampaikan, perbaikan hanya bisa dilakukan dengan pemasangan batu. Jika dibangun dengan beton, anggarannya tidak cukup. Abrasi yang mengikis jalan raya sangat membahayakan pengendara. Warga pun memberi tanda agar pengendara berhati-hati ketika melintas. (bil)

(mr/luq/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia