Jumat, 26 Apr 2019
radarmadura
icon-featured
Sampang

KPU Sewa Lapangan Futsal Untuk Tempat Penyimpanan Logistik Pemilu

27 Desember 2018, 01: 26: 48 WIB | editor : Abdul Basri

kotak suara kardus

MENUMPUK: Kotak suara dari karton ditumpuk di lapangan futsal, Jalan Makbul, Kota Sampang. (RUSYDI ZAIN/RadarMadura.id)

SAMPANG – Logistik Pemilu 2019 mulai diterima KPU Sampang. Yakni, kotak suara, tinta, dan bantalan pencoblosan. Logistik tersebut diletakkan di dua lokasi. Yaitu, di gudang milik KPU Sampang dan di lapangan futsal, Jalan Makbul.

Pantauan Jawa Pos Radar Madura ke lokasi penyimpanan logistik di lapangan futsal, seluruh kotak suara berbahan karton tersebut disusun tinggi. Kotak karton yang masih terlipat itu terbungkus plastik.

Plastik pembungkus kotak suara berbahan karton itu banyak yang kotor. Bahkan ada yang lembab akibat embun cuaca saat hujan.

Ketua KPU Sampang Syamsul Mu’arif membenarkan bahwa logistik untuk Pemilu 2019 disimpan di dua tempat. Yaitu, di gudang KPU yang difasilitasi Pemkab Sampang dan di lapangan futsal. ”Gudang yang disediakan pemerintah tidak muat. Maka, kami menyewa lapangan futsal sebagai tempat penyimpanan logistik,” ungkapnya.

Menurut dia, gudang penyimpanan logistik yang di lapangan futsal dinilai sudah memenuhi syarat. Ketentuan logistik tersebut harus disimpan di tempat yang tidak kepanasan dan kehujanan.

”Masalah rayap sudah kami antisipasi. Di sekeliling lokasi telah kami taburi obat antirayap,” jelasnya.

Untuk logistik yang menjadi kewenangan KPU Sampang, pengadaannya telah selesai. Misalnya, kelengkapan TPS yang menyangkut ATK, alat coblos dan bantalannya, serta keplek.

”Kotak suara, segel, tinta, bilik, formulir, dan surat suara yang merencanakan dan mengadakan KPU pusat. Kami hanya menerima,” ujarnya.

Kotak suara yang diterima KPU sudah sesuai dengan kebutuhan di TPS yang ditetapkan sebanyak 3.692. Menurut dia, tiap TPS membutuhkan 5 kotak suara.

Namun, kemungkinan besar akan ada penambahan kotak suara. Sebab, usulan pertama untuk rekapitulasi di tingkat PPK sebanyak 12 kotak suara.

”Sepertinya ada penambahan kotak suara karena ada teknis rekapitulasi yang membutuhkan kotak suara lebih banyak,” jelas dia. ”Kami akan usulkan penambahan ke KPU RI melalui KPU provinsi,” imbuhnya.

Berkaitan dengan kualitas kotak suara, Syamsul Mu’arif menegaskan tidak perlu diperdebatkan lagi. Secara kualitas, kotak suara tersebut mampu menampung berat sampai 30 kilogram.

Kapolres Sampang AKBP Budi Wardiman menyatakan, logistik Pemilu 2019 mendapat pengamanan polisi. Ada empat personel Polri yang disiagakan di gudang penyimpanan logistik pemilu. ”Empat personel itu berjaga bergantian selama 24 jam,” tegasnya.

Gudang logistik di dua lokasi itu memperoleh pengamanan selama lebih dari sebulan. Sejauh ini tidak ada hal yang menonjol di gudang logistik tersebut. ”Kami pastikan keamanan logistik Pemilu 2019 di Kabupaten Sampang,” pungkas Budi Wardiman.

(mr/rus/hud/bas/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia