Sabtu, 23 Mar 2019
radarmadura
icon-featured
Sportainment

Dane Jadi yang Pertama, Manajer Terima Kritik Suporter

16 Desember 2018, 03: 29: 36 WIB | editor : Abdul Basri

KEMBALI BERGABUNG:  Dane Milovanovic saat membela Madura United.

KEMBALI BERGABUNG: Dane Milovanovic saat membela Madura United.

BANGKALAN – Manajer Madura United Haruna Soemitro siap bertanggung jawab atas kegagalan timnya di Liga 1 2018. Awalnya, klub berjuluk Laskar Sape Kerrap itu menarget juara musim ini. Namun pada akhir pertandingan, mereka harus puas finis di peringkat kedelapan dengan 48 poin.

Haruna menyadari kegagalan timnya disebabkan oleh banyak faktor. Mulai kegagalan mematenkan pemain hingga pergantian pelatih. Timnya juga terseok-seok dua kali melewati lima pertandingan tanpa kemenangan.

Di tengah situasi seperti itu, suara dengan tagar HarunaOut menggema di media sosial. Tak jarang, spanduk bahkan teriakan dengan kalimat itu juga disuarakan oleh suporter Madura United. Haruna menilai itu adalah hal yang wajar.

“Sepak bola itu berbicara hasil akhir yang dilihat masyarakat, khususnya suporter. Dalam kondisi ini siapa yang bertanggung jawab? Tentu manajer. Saya tentu harus adil mengatakan bahwa kritik, hujatan, cacian, bahkan tuntuan Haruna Out, dan sebagainya itu adalah hal yang wajar,” ucap Haruna.

”Bahwa saya salah, saya harus mempertanggungjawabkan itu. Itu adalah bagian dari check and balance. Tidak bisa kemudian itu menjadi salah pemain. Yang memilih pemain adalah manajer dan pelatih,” imbuh pria asal Surabaya itu.

CLBK: Gelandang anyar Madura United Dane Milovanovic (kiri) menandatangani kontrak kerja samanya dengan manajer tim Madura United Haruna Somitro.

CLBK: Gelandang anyar Madura United Dane Milovanovic (kiri) menandatangani kontrak kerja samanya dengan manajer tim Madura United Haruna Somitro. (RadarMadura.id)

Sebelumnya, Madura United telah mengumumkan bahwa pihak manajemen telah membubarkan pemain setelah Liga 1 musim kompetisi 20 x. Haruna juga menyebutkan klubnya mengalami kerugian mencapai Rp 7 miliar atas kegagalan mematenkan pemain.

Saat ini Haruna terus menjalin komunikasi dengan Achsanul Qosasi, presiden klub Madura United. Pihak manajemen berusaha memperbaiki kegagalan musim ini agar tidak terulang pada musim depan.

”Saya selama 24 jam selalu berkomunikasi dengan Pak Achsanul. Apa yang dilakukan manajer itu kontribusi dari presiden. Semua yang saya lakukan itu lewat konfirmasi dengan manajer,” kata Haruna.

Langkah pertama Madura United di bursa transfer adalah mendatangkan gelandang berpaspor Australia, Dane Milovanovic. Dia akan mengisi slot pemain Asia musim depan.

Dane Milovanovic bukan sosok yang asing bagi Laskar Sape Kerrap. Pemain berusia 29 tahun itu sudah dua musim berseragam Madura United. Masing-masing pada TSC 2016 dan Liga 1 2017.

”Kami sudah menyelesaikan proses kontrak pemain asing Asia dengan Dane Milovanovic hari ini, Jumat (14/12). Durasinya dua musim dan Dane sudah bersama Madura United selama dua musim lalu pada 2016 dan 2017," kata Haruna Soemitro, manajer Madura United.

Milovanovic memiliki peran penting untuk Madura United dalam dua musim pengabdiannya. Dia menjadi gelandang bertahan petarung yang selalu menang dalam duel perebutan bola. Dia juga andal melakukan serangan.

Saat masih bersama Madura United, Milovanovic memiliki julukan The Batman Face. Istilah itu muncul setelah dia selalu melakukan selebrasi dengan kedua tangannya seolah mengenakan topeng layaknya Batman.

”Pertimbangan kami karena Dane pemain yang pernah bergabung tim ini sehingga Madura United tidak asing lagi pada Dane. Kami sampaikan selamat datang kembali ke rumah Madura United,” imbuh Haruna.

Dengan bergabungnya Milovanovic, kemungkinan gelandang asal Iran Milad Zeneyedpour tidak akan menjadi bagian dari Madura United musim depan. Demikian halnya dengan Nuriddin Davronov yang sempat masuk pada putaran pertama, tetapi mengalami cedera. 

(mr/dam/han/bas/JPR)

Alur Cerita Berita

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia