Kamis, 24 Jan 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Dewan Janji Segera Panggil Dishub terkait Rest Area

15 Desember 2018, 14: 03: 18 WIB | editor : Abdul Basri

LENGANG: Warga melintas di sekitar rest area bongkar muat barang di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan.

LENGANG: Warga melintas di sekitar rest area bongkar muat barang di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan. (ANIS BILLAH/RadarMadura.id)

PAMEKASAN — Pemanfatan rest area bongkar muat barang di jalan raya Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, masih menunggu aturan. Dinas Perhubungan (Dishub) Pamekasan masih ragu-ragu untuk membuat peraturan daerah (perda) yang mengatur tentang itu.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan akan memanggil dishub untuk membahas masalah tersebut. Dengan begitu, diharapkan ada solusi sehingga area yang akan dijadikan bongkar muat barang itu segera diresmikan.

Kepala Dishub Pamekasan Ajib Abdullah mengatakan, untuk mengoperasikan tempat tersebut, pihaknya harus memiliki aturan. Sebab, jika mengacu pada aturan, terminal barang menjadi kewenangan pemerintah pusat.

”Kalau menjadi kewenangan pusat, nanti susah ke kami. Sebab, tempat itu akan membantu kami dalam mengatasi kemacetan lalu lintas jalan perkotaan,” ujarnya kepada RadarMadura.id.

Saat ini Ajib mengaku aturan tersebut mulai dibuat. Dalam pembuatan aturan tersebut, pihaknya mengacu pada UU 22/2009. Dengan demikian, rest area tersebut kemungkinan tidak bisa difungsikan pada awal 2019.

Di tempat terpisah, anggota Komisi I DPRD Pamekasan Andi Suparto mengungkapkan, hingga sekarang pihaknya belum menerima pengajuan dari eksekutif terkait perda tersebut.

Untuk itu, pihaknya akan mengambil langkah untuk memanggil dinas terkait. ”Nanti kami panggil dulu dinasnya,” tegasnya.

Andi menyampaikan, jika aturan tersebut tidak segera diajukan, akan semakin lama peresmiannya. Sebab, pembuatan perda membutuhkan waktu yang tidak sedikit. ”Cepat tidaknya pembuatan perda itu bergantung pada pengajuan. Kalau cepat diajukan, bisa saja dalam tiga bulan selesai,” tukasnya. (bil)

(mr/han/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia