Sabtu, 15 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Tolak Relokasi, Puluhan PKL Geruduk Kantor Bupati

06 Desember 2018, 17: 52: 20 WIB | editor : Abdul Basri

TOLAK KEBIJAKAN: Puluhan PKL mendatangi kantor bupati Pamekasan Kamis (6/12) pukul 10.00.

TOLAK KEBIJAKAN: Puluhan PKL mendatangi kantor bupati Pamekasan Kamis (6/12) pukul 10.00. (Susanti Stia Wardani/Radar Madura.id)

PAMEKASAN – Puluhan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Monumen Arek Lancor Pamekasan berbondong-bondong mendatangi kantor bupati Kamis (6/12) pukul 10.00. Mereka menolak rencana relokasi.

Para pedagang melakukan aksi protes dengan mendorong gerobak dari Arek Lancor ke gedung pemkab. Mereka menolak larangan beroperasi sejak 4 Desember.

Zaini, korlap aksi, meminta pemkab mengizinkan PKL tetap berjualan di kawasan Arek Lancor sampai tempat relokasi ditentukan. Sebab, pedagang rugi jika larangan diberlakukan, tetapi mereka tidak bisa berjualan. 

”Kami meminta pemerintah memberikan izin. Sebab, pedagang tidak bisa berjualan jika lokasi baru belum ditentukan,” ujar Zaini.

Puluhan pedagang itu ditemui Bupati Pamekasan Badrut Tamam didampingi Kepala DLH Amin Jabir. Termasuk Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Yulianto. Sejumlah pejabat teras itu mendengarkan langsung aspirasi PKL. Bahkan, Badrut Tamam mengaku ikut merasakan keluhan pedagang.

”Saya dulu PKL, empat tahun berjualan kerupuk di Malang untuk menyambung hidup. Saya pernah berjualan buku di bus. Jadi, saya memahami betul ketidaknyamanan diusir,” ucapnya.

Dia menjelaskan, kebijakan sterilisasi kawasan Arek Lancor bertujuan menjadikan kota bersih. Pada 2019 pemkab akan membangun pujasera di beberapa tempat. Lokasi itu bakal dilengkapi taman bermain anak dan taman baca. ”PKL nantinya bisa berjualan di tempat yang disediakan,” katanya.

Menjawab permintaan pedagang, Badrut Tamam memberikan izin PKL tetap berjualan di area Arek Lancor. Kebijakan itu berlaku hingga lokasi yang baru siap ditempati. 

Aksi pedagang berakhir damai. Mereka kembali ke kawasan Arek Lancor untuk berjualan kembali. (rm4)

(mr/fat/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia