Sabtu, 15 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Bangkalan

47.879 Warga Masih Menganggur

06 Desember 2018, 16: 10: 04 WIB | editor : Abdul Basri

47.879 Warga Masih Menganggur

BANGKALAN – Jumlah penduduk di Kabupaten Bangkalan mencapai 1.068.717 jiwa. Sementara 4,48 persen atau  47.879 orang di antaranya masih pengangguran hingga saat ini.

Wakil Bupati Bangkalan Mohni tidak menampik jika pengangguran di Kota Salak mencapai 47.879 orang. Banyak faktor angka pengangguran tidak bisa ditekan. Misalnya, faktor pendidikan, lapangan pekerjaan, dan lainnya.

”Akan menjadi perhatian kami ke depan. Sebab, ketika pengangguran itu turun, angka kemiskinan juga menurun,” kata dia kepada RadarMadura.id Rabu (5/12).

Pemkab mulai mencari cara agar pengangguran di Bangkalan berkurang. Seperti menyiapkan entrepreneur andal. Pelatihan entrepreneur dikhususkan untuk para santri. ”2019 Pak Bupati programkan pelatihan entrepreneur bagi santri. Hal itu bisa mengurangi pengangguran,” ujarnya.

Mantan Kepala Disdik Bangkalan itu menyampaikan, pelatihan entrepreneur ini disiapkan untuk 1.000 santri. Tiap tahunnya hanya diambil 200 santri. Anggarannya nanti melekat di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangkalan. ”Bertahap nanti yang boleh ikut pelatihan entrepreneur,” terangnya.

Santri juga mendapat pembinaan dan juga modal awal. ”Prinsipnya untuk membuat Bangkalan jauh lebih sejahtera,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Bangkalan Fatkurrahman mengatakan, persoalan kemiskinan dan pengangguran memang menjadi tugas bupati-wakil bupati. Selama lima tahun ke depan, predikat kurang baik itu harus ditekan. Bahkan, kalau bisa dihilangkan.

”Kami menunggu kerja nyata bupati-wakil bupati terpilih. Terutama, bagaimana cara menekan angka pengangguran di Bangkalan,” kata dia. 

(mr/daf/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia