Sabtu, 15 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Cetak Kader Bangsa Berkualitas dan Berakhlakul Karimah

UTM Gandeng Pemkab Bentuk Kampung Karakter

05 Desember 2018, 00: 51: 12 WIB | editor : Abdul Basri

SATU TEKAD: Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si. berjabat tangan dengan Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron usai tanda tangan MoU.

SATU TEKAD: Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si. berjabat tangan dengan Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron usai tanda tangan MoU. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

BANGKALAN – Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan. Penandatanganan kerja sama di bidang pembentukan Kampung Karakter itu dilangsungkan di Graha Utama 10 kampus setempat Senin (3/12).

Acara itu dihadari forkopimda, kepala OPD, muspika, tokoh masyarakat, ulama, lembaga keuangan, BUMN, dan BUMDes, serta civitas academica UTM. Kegiatan tersebut berlangsung suskses.

Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si. mengatakan, rintisan Kampung Karakter merupakan cita-cita mewujudkan pengabdian masyarakat dalam bentuk yang lebih bermanfaat. Tujuannya, melahirkan kader bangsa berkualitas dan berkarakter baik. ”Tentu harus dimulai dari individu anggota masyarakat,” katanya.

VISIONER: Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si. saat memberikan sambutan.

VISIONER: Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si. saat memberikan sambutan. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

Klik dan Download Aplikasi Radar Madura Disini..!!

Syarif menjelaskan, ada beberapa hal untuk mendukung terwujudnya sumber daya manusia (SDM) berkarakter baik. Di antaranya, lingkungan kondusif, pelatihan, pembiasaan, dan persepsi terhadap pengalaman hidup.

Dukungan semua pihak, mulai dari forkopimda, OPD, muspika, tokoh ulama, dan tokoh masyarakat merupakan energi positif untuk mempercepat impian Kota Salak sebagai Kampung Karakter. ”UTM akan melahirkan kader-kader bangsa berkualitas dan berakhlakul karimah. Semoga impian para ulama dan segenap komponen masyarakat Madura untuk mewujudkan Pulau Madura menjadi daerah yang islami, indonesiawi dan madurawi segera terwujud,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron mengatakan, Kampung Karakter menjadi konsep kawasan terpadu. Di dalamnya menjadi lingkungan pendidikan modern dengan iklim intelektualitas tinggi, serta dipadukan dengan lingkungan masyarakat berkarakter lokal (local wisdom).

”Penuh suasana keagamaan dan toleransi beragama, terciptanya suasana kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya lokal serta penataan lingkungan hidup yang aman, asri, dan damai,” terangnya.

Menurut dia, MoU Kampung Karakter menjadi momentum baik dimulainya inovasi di seluruh komponen masyarakat untuk kemajuan pembangunan. Kampung Karakter akan menjadi pilot project agar dicontoh masyarakat. ”Sehingga bermunculan kawasan baru menjadi ikon Kabupaten Bangkalan dan menjadi objek wisata baru yang jadi kebanggaan masyarakat,” terangnya. 

(mr/onk/bam/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia