Sabtu, 15 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Premi PNS Pemkab Bangkalan Capai Rp 14,7 Miliar

01 Desember 2018, 12: 13: 32 WIB | editor : Abdul Basri

Premi PNS Pemkab Bangkalan Capai Rp 14,7 Miliar

BANGKALAN – Iuran aparatur sipil negara (ASN) yang dibayarkan ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan fantastis. Setiap tahun Pemkab Bangkalan mengeluarkan dana Rp 14,7 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangkalan Syamsul Arifin melalui Kabid Anggaran Budi Hariyanto mengutarakan, tidak membantah besaran uang premi tersebut. Pembayarannya tidak langsung satu kali, melainkan per bulan. ”Per bulan Rp 1,2 miliar berdasarkan realisasi gaji ASN tiap bulan,” terangnya kepada RadarMadura.id Jumat (30/11).

Pria yang akrab disapa Totok itu menyampaikan, jumlah pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini tidak jauh berbeda pada 2019. Diperkirakan berkisar Rp 14,7 miliar. ”Untuk tahun ini dan tahun depan sama. Tentu berdasarkan tagihan,” ujarnya.

Totok menyebutkan, iuran yang dikeluarkan miliaran rupiah itu untuk meng-cover ribuan abdi negara di Bangkalan. Total PNS di lingkungan pemkab paling barat di Madura ini sebanyak 8.749 orang.

Uang Rp 14,7 miliar itu tidak termasuk premi tenaga harian lepas (THL). Khusus untuk THL ada anggaran khusus yang juga dikeluarkan ke BPJS Kesehatan. Tapi, langsung potong gaji yang mereka terima. ”Waktu itu gajinya kan dinaikkan. Nah, itu dipotong untuk ke BPJS Kesehatan,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid SDM dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Eko D. Kesdu mengatakan, pembayaran iuran dari PNS Bangkalan beserta keluarganya 30.124 orang. Itu khusus abdi negara di lingkungan pemkab. Tidak termasuk PNS kementerian, TNI, dan Polri.

”Kalau data ASN, kami belum mengolah. Tapi, kalau termasuk anggota keluarganya ada 30.124 orang,” tandasnya.

(mr/daf/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia