Sabtu, 15 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Madura Events

Madura Awards Dorong Perekonomian Masyarakat

17 November 2018, 11: 45: 08 WIB | editor : Abdul Basri

BERWIBAWA: Dekan Fakultas Ekonomi Unira Dr. Drs. Ec. Gazali, M.M.

BERWIBAWA: Dekan Fakultas Ekonomi Unira Dr. Drs. Ec. Gazali, M.M. (GAZALI FOR RadarMadura.id)

PAMEKASAN – Malam Anugerah Madura Awards (MA) 2018 semakin dekat. Ajang bergengsi prakarsa Jawa Pos Radar Madura (JPRM) ini dinilai memberikan daya dongkrak bagi masyarakat Madura.

Dekan Fakultas Ekonomi Unira Dr. Drs. Ec. Gazali, M.M. menjelaskan, masyarakat Madura akan banyak terinspirasi melalui kegiatan ini. Mereka akan meniru peran serta dan kerja nyata para tokoh yang telah memberikan konstribusi bagi Madura.

”Kegiatan ini saya nilai akan berdampak positif bagi masyarakat. Mereka akan terinspirasi dan meniru konstribusi para tokoh yang diberikan penghargaan oleh Radar Madura,” terangnya Jumat (16/11).

Dengan demikian, lanjut pria yang akrab disopa Cak Go ini, kegiatan spektakuler tahunan ini otomatis memotivasi masyarakat untuk meningkatkankan potensi masing-masing. Khususnya dalam mengabdikan diri kepada masyarakat dan bangsa.

”Orang bisa berbuat sesuatu itu terkadang karena termotivasi oleh tokoh yang dia kagumi atau ketahui. Ketika ada tokoh-tokoh yang diekspos media, maka akan memberikan peluang bagi generasi lainnya untuk mengenal dan belajar banyak hal kepada mereka,” terangnya.

Hal lain yang diapresiasi pria yang gemar berwirausaha ini adanya penilaian BUMD dan BUMDes. Menurut dia, penilaian itu sangat penting untuk memotivasi dan mendorong instansi terkait dalam menguatkan dan mengelola secara profesional badan usaha tesebut. ”Keberadaan BUMD dan BUMDes itu sangat penting untuk menguatkan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Desa yang belum memiliki BUMDes akan termotivsai untuk mendirikannya. BUMD yang tidak sehat bisa bangkit dan menjadi BUMD yang bisa memiliki konstribusi besar terhadap perekonomian daerah. ”Dengan penilaian ini, maka BUMD ataupun BUMDes bisa lebih hidup lagi. Pada dasarnya MA ini mengawasi kinerja pemerintah,” terangnya.

Dengan demikian, akan ada semangat baru, sehingga keberadaa BUMD bisa bemberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian. Juga bisa mendorong peran serta masyarakat dalam bidang usaha. ”Untuk dapat mengoptimalkan peran dan mampu mempertahankan keberadaannya, maka harus ada pembenahan pengurusan dan pengawasan,” terangnya.

Dia meyakini, BUMD yang sehat dapat memberikan multiplier effect yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat. Dengan adanya BUMD akan membuka lapangan kerja baru, menggerakkan sektor-sektor ekonomi produktif, dan menjadi stimulan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.

Karena itu, BUMD harus memiliki daya saing yang kuat untuk bisa berkompetisi. Peran pemerintah daerah dalam meningkatkan daya saing BUMD sangat penting. ”Karena itu melalui Madura Awards, saya berharap manfaat BUMD atau BUMDes bisa lebih dirasakan oleh masayarakat,” tukasnya.

(mr/sin/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia