Selasa, 20 Nov 2018
radarmadura
 
icon featured
Bangkalan
UTM Gelar Seminar Nasional

Komitmen Kembangkan Wisata Halal Madura

Jumat, 09 Nov 2018 11:01 | editor : Abdul Basri

Komitmen, Kembangkan Wisata, Halal Madura, Bangkalan, Berita Bangkalan, TGB, Tuan Guru Bajang,

UNTUK MADURA: Para narasumber memberikan pemaparan pada seminar nasional ACIEL 2018 di UTM. (BADRI STIAWAN/RadarMadura.id)

BANGKALAN – Fakultas Keislaman (FKis) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar Annual Conference on Islamic Economic and Law (ACIEL) 2018 Kamis (8/11). Kegiatan tahunan bertajuk seminar nasional dan call for paper itu melibatkan 20 lebih perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Dekan FKis UTM Sofiyun Nahidloh, M.H.I. menyampaikan, seminar nasional mengusung tema Modernisasi Pengembangan Wisata Halal melalui Pendekatan Multidisipliner. FKis ingin berkontribusi bagi masyarakat Madura. Terlebih, lembaganya sudah memiliki naskah akademik tentang konsep pengembangan pariwisata islami di Pulau Garam.

”Kami juga punya unit halal center. Di dalamnya ada tiga program. Program edukasi, riset, dan pendampingan pada UKM dan IKM sampai satu produk itu bersertifikasi halal,” paparnya.

(BADRI STIAWAN/RadarMadura.id)

Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si. menjelaskan, sejumlah destinasi wisata di Madura punya potensi yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Diharapkan pemerintah empat kabupaten di Madura ikut mendukung agar wisata halal ini bisa diterapkan.

Menurut Syarif, penerapan wisata halal bisa berdampak pada pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. ”Diharapkan visit Madura ini terwujud dengan ikut menerapkan wisata bernuansa islami. Tidak langsung menghapuskan wisata pada umumnya. Jadi diterapkan perlahan,” katanya.

Sementara itu, Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A. mengungkapkan, perubahan besar di banyak tempat selalu diawali dari institusi perguruan tinggi. Jadi menurutnya, UTM punya kepeloporan dan keberanian untuk membangun dan mengedepankan wacana wisata halal ini.

”Saya yakin, kalau rencana ini terwujud, yang akan mendapat kebaikan dan keberkahannya adalah seluruh masyarakat Madura,” kata mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) yang biasa dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang (TGB) itu. 

(mr/bad/onk/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia