Selasa, 20 Nov 2018
radarmadura
 
icon featured
Sumenep

KPU Sumenep Belum Distribusikan APK Pemilu

Kamis, 08 Nov 2018 12:05 | editor : Abdul Basri

SANTAI: Staf KPU Sumenep berada di rumah pintar pemilu Sultan Abdurrahman.

SANTAI: Staf KPU Sumenep berada di rumah pintar pemilu Sultan Abdurrahman. (IMAM S. ARIZAL/RadarMadura.id)

SUMENEP – Masa kampanye Pemilu 2019 sebenarnya sudah dimulai dua bulan lalu. Akan tetapi, sampai saat ini belum terpajang alat peraga kampanye (APK) resmi dari KPU Sumenep. APK yang dipasang di berbagai titik justru yang bukan desain resmi yang disetujui penyelenggara pemilu.

Ketua KPU Sumenep A. Warits mengakui bahwa hingga Rabu (7/11) belum ada pemasangan APK. Penyebabnya, pengadaan APK belum tuntas. Namun, dia memastikan dalam waktu dekat APK sudah bisa dipasang. ”Kalau tidak minggu pertama paling minggu kedua November,” katanya.

Dia menjelaskan, pengadaan APK sudah memasuki tahap pencetakan. Pihak sekretariat KPU menunjuk rekanan melakukan pengadaan APK. Karena anggaran tidak sampai Rp 200 juta, pengadaannya tidak perlu dilakukan dengan lelang terbuka. ”Langsung penunjukan. Sebab, anggarannya tidak sampai Rp 200 juta,” kata mantan ketua Lakpesdam NU Sumenep tersebut.

Ditanya berapa anggaran yang disediakan untuk pengadaan APK pemilu? Warits tidak bisa memastikan secara detail. Dia hanya bisa menyebut bahwa angkanya tidak sampai Rp 200 juta.

Hal senada disampaikan Sekretaris KPU Sumenep Anwar Syahroni Yusuf. Ketika ditanya jumlah anggaran pengadaan APK, dia mengaku lupa. ”Saya tidak ingat angka pastinya,” jelasnya.

Untuk diketahui, KPU hanya menyediakan APK untuk partai politik dan calon presiden dalam jumlah terbatas. Untuk partai politik dan calon presiden, masing-masing mendapatkan 10 lembar baliho dan 16 spanduk. Meski demikian, partai politik diperkenankan mencetak APK dengan ketentuan maksimal lima kali lipat jumlah desa di Sumenep. 

(mr/mam/hud/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia