Selasa, 20 Nov 2018
radarmadura
 
icon featured
Sumenep

KMP DBS Tak Beroperasi, Barang Penumpang Menumpuk

Kamis, 08 Nov 2018 01:50 | editor : Abdul Basri

BANYAK MUATAN: KMP Katerine bersandar di Pelabuhan Kalianget.

BANYAK MUATAN: KMP Katerine bersandar di Pelabuhan Kalianget. (MUSTAJI/RadarMadura.id)

SUMENEP – Tidak beroperasinya tiga kapal milik Pemkab Sumenep; yakni KMP Dharma Bhakti Sumekar I, II, dan III; membuat pelayaran di perairan Sumenep terganggu. Akibatnya, sejumlah barang milik calon penumpang menumpuk di Pelabuhan Kalianget.

Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Kalianget Edy Sucipto mengakui hal itu. Menurut dia, tidak beroperasinya KMP DBS I sempat membuat penumpang bingung. Sebab, sampai saat ini masih ada penumpang yang belum mengetahui bahwa kapal tersebut docking.

”Kadang masih ada penumpang yang datang saat jadwal pelayaran KMP DBS I. Mereka ini orang yang belum tahu kalau KMP DBS I docking,” jelasnya kepada RadarMadura.id Selasa (6/11).

Menurut Edy, saat ini masih ada enam kapal yang beroperasi di wilayah perairan Sumenep. Yaitu, KM Maumere, KM Sabuk Nusantara 56, KM Sabuk Nusantara 115, KMP Katerine, KM Express Bahari, dan KMP Dharma Kartika.

Dikonfirmasi mengenai hal itu, Petugas Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli KSOP Kelas V Kalianget Williyanto menerangkan, efek yang ditimbulkan tidak berlayarnya KMP DBS I adalah terjadinya penumpukan barang milik penumpang. Sebab, hanya ada dua kapal yang melayani pengangkutan barang, yaitu KMP Katerine dan KMP Dharma Kartika.

Sebagaimana diberitakan, hingga saat ini, tiga kapal milik Pemkab Sumenep; yaitu KMP DBS I, II, dan III; belum beroperasi. KMP DBS II mengalami kerusakan parah dan sudah tiga tahun tidak beroperasi. Sementara DBS III yang baru dibuat tengah melakukan rekrutmen anak buah kapal (ABK). 

(mr/aji/han/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia