Selasa, 11 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Kemendikbud Bakal Dirikan SMK Garam di Madura

06 November 2018, 16: 45: 15 WIB | editor : Abdul Basri

Kemendikbud Bakal Dirikan SMK Garam di Madura

PAMEKASAN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memiliki perhatian serius untuk penyiapan sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolan garam di Madura. Kementerian yang dipimpin Muhadjir Effendy ini telah menyiapkan sekolah menengah kejuruan (SMK) garam yang akan diletakkan di Pamekasan. SMK ini diperkirakan akan beroperasi tahun depan.

”SMK tersebut nantinya akan diletakkan di SMK Kelautan Tlanakan. Namanya progli (program keahlian) khusus garam,” terang Kepala Cabang Dinas Pendidikan  Jawa Timur Wilayah Pamekasan Slamet Goestiantoko.

Slamet menjelaskan, SMK atau progli garam hanya ada dua di Indonesia. Yaitu di Sulawesi dan Pamekasan. Madura dipilih karena menghasilkan garam berkualitas. ”Penentuan lokasi ini sudah diputuskan,” terangnya.

Mantan sekretaris Disdik Pamekasan ini menjelaskan, ketersediaan SMK garam bukan bermaksud untuk mencetak siswa sebagai membuat garam. Namun akan mencetak siswa bagaimana bisa mengelola garam dengan berkualitas sesuai teori-teori yang benar. ”Seperti pengembangan keilmuan garam dan mengelola garam agar bisa menjadi garam berkualitas,” terangnya.

Berkenaan dengan pendirian SMK garam tersebut, saat ini dalam proses. Seperti penyusunan kurikulum dan kelengkapan administrasi lain. Mungkin tahun pelajaran 2019 bisa dibuka untuk menerima peserta didik. ”SMK ini merupakan program percontohan. Siswa dari kabupaten mana pun boleh sekolah ke Pamekasan,” terangnya.

Anggota Komisi IV DPRD Pamekasan Samsuri menyambut baik rencana tersebut. Hal itu karena masyarakat Pamekasan juga berprofesi sebagai petani garam. Dengan adanya sekolah itu masyarakat bisa menyekolahkan anak-anaknya agar memiliki keahlian dalam mengelola garam.

Selama ini masyarakat mengelola garam secara otodidak. ”Saya yakin kalau anak-anak kita sudah memiliki ilmunya, maka garam Madura nantinya akan lebih berkualitas,” tukasnya.

(mr/sin/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia