Selasa, 11 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Features

Kenali Nyeri Lambung yang Merenggut Nyawa Pretty Asmara

06 November 2018, 05: 00: 59 WIB | editor : Abdul Basri

Kenali Nyeri Lambung yang Merenggut Nyawa Pretty Asmara

jpnn.com - Jangan sepelekan nyeri lambung atau sakit maag. Berkaca dari komedian Pretty Asmara yang meninggal karena diduga mengalami masalah dengan lambungnya.

Pretty Asmara sebelumnya sempat mengeluhkan dirinya mual, nyeri ulu hati, tak mau makan, hingga transfusi darah karena Hemoglobin (Hb) drop. Berat badannya pun turun drastis hingga 30 Kg.

Lalu bagaimana maag atau gangguan lambung bisa merenggut nyawa seseorang?

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB. yang juga Ahli Endoskopi Gastrointenstinal menjelaskan, dengan tanda-tanda tersebut, Pretty Asmara sudah memiliki gejala atau 'alarm' yang harus ditangani dengan sigap. Caranya tentu dengan eksplorasi mencari penyebab gangguan lambung tersebut.

"Harus evaluasi tanda alarm. Seperti tak nafsu makan, nyeri ulu hati, mual muntah, hingga anemia. Eksplorasi caru penyebabnya," jelas dr. Ari seperti dilansir JawaPos.com, Minggu (4/11).

Salah satu caranya adalah dengan Ultrasonografi (USG). Namun pada orang bertubuh gemuk, evaluasi memang lebih sulit terbaca. "USG untuk melihat liver, pankreas, empedu, dan ginjal. Tapi orang gemuk memang agak sulit. Dengan CT Scan bisa melihat apakah ada tumor di lambung. Dan paling tepat adalah dengan endoskopi," jelas dr. Ari.

Idealnya, kata dia, jika seseorang datang dengan alarm atau tanda-tanda seperti itu, pemeriksaan dilakukan dengan endoskopi. Sehingga bisa dieksplorasi apa penyebabnya. "Ketika datang dengan tanda seperti itu, pendekatan yang dilakukan adalah endoskopi," katanya.

Ketika terjadi penurunan berat badan drastis disertai alarm lainnya, bisa jadi hal itu tanda gangguan organik. Maka hal itu harus dieksplorasi dengan endoskopi. Endoskopi merupakan salah satu peralatan kedokteran untuk memindai atau meneropong kelainan atau penyakit pada organ-organ pencernaan. Peralatan ini dilengkapi dengan kamera mikro yang dihubungkan dengan komputer. (ika/JPC)

(mr/*/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia