Selasa, 20 Nov 2018
radarmadura
 
icon-featured
Politik Pemerintahan

ASN Tak Sepenuhnya Netral

Senin, 05 Nov 2018 10:24 | editor : Abdul Basri

A. Mustain Saleh  Ketua Bawaslu Bangkalan

A. Mustain Saleh Ketua Bawaslu Bangkalan (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

BANGKALAN – Menjelang Pemilu 2019, netralitas aparatur sipil negara (ASN) diragukan. Bawaslu Bangkalan menerima laporan dan aduan dari masyarakat tentang abdi negara yang diduga terlibat politik praktis.

Ketua Bawaslu Bangkalan A. Mustain Saleh mengutarakan, ada beberapa ASN yang diduga ikut dukung mendukung capres cawapres di media sosial (medsos). ”Jangankan ikut mendukung, nge-like saja tidak boleh,” kata dia Minggu (4/11).

Mustain menyebutkan, ASN yang diduga ikut dukung mendukung capres cawapres dan caleg ada delapan orang. Perinciannya, enam ASN di lingkungan Pemkab Bangkalan, seorang guru di bawah tanggung jawab Dinas Pendidikan Jatim, dan satu ASN di lingkungan Kemenag. ”Sekarang sedang kami kumpulkan data,” ujarnya.

Pria berkacamata itu menyampaikan, terkait laporan ini, Bawaslu sudah bertemu dengan bupati Bangkalan dan berkirim surat secara resmi. Tujuannya, agar ada surat edaran dari bupati larangan ASN ikut kampanye dalam pemilu.

”Upaya pencegahan sudah dilakukan Bawaslu dan bupati. Namun, masih ada ASN yang melanggar. Maka dari itu, pastinya aturan ditegakkan,” tegas dia.

Pertemuan dengan bupati bersepakat agar ASN fokus ke tugas utama. Yakni, melayani masyarakat sesuai bidangnya. Dukungan ASN kepada capres cawapres dan caleg langsung disalurkan pada hari pencoblosan 17 April 2019.

Mustain menambahkan, informasi yang diterima Bawaslu tidak hanya ASN, tapi juga tenaga harian lepas (THL) dan guru honorer. ”Semua akan kami proses,” tukasnya.

Kepala Inspektorat Bangkalan Hadari menyatakan, pelanggaran ASN terkait pemilu merupakan kewenangan Bawaslu untuk menyikapi. Pihaknya menunggu laporan saja.

”Kami menunggu perintah bupati. Tapi, laporan-laporan itu akan kami klarifikasi dulu. Baru memberikan sanksi jika ASN memang terbukti melanggar,” tandas dia. 

 

(mr/daf/hud/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia