Selasa, 11 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Features

Cahaya Biru dari Layar Ponsel Bisa Mengakibatkan hal ini

03 November 2018, 04: 10: 59 WIB | editor : Abdul Basri

Cahaya Biru dari Layar Ponsel Bisa Mengakibatkan hal ini

jpnn.com - Sebuah penelitian yang diterbitkan baru-baru ini dalam jurnal Scientific Reports merinci proses paparan sinar biru yang berkepanjangan bisa menyebabkan reaksi kimia 'beracun' dalam molekul retina dan bisa membunuh sel fotoreseptor.

"Bukan rahasia bahwa cahaya biru merusak penglihatan kita dengan merusak retina mata," kata profesor UT dan salah satu penulis studi tersebut, Ajith Karunarathne, seperti dilansir laman MSN, Kamis (1/11).

"Eksperimen kami menjelaskan bagaimana ini terjadi dan kami berharap ini mengarah pada terapi yang memperlambat degenerasi makula, seperti jenis penurunan fungsi mata yang baru," jelas Karunarathne.

Karunarathne menyarankan untuk menghindari penggunaan ponsel atau tablet dalam gelap.

Selain itu, iPhone dan Android yang lebih baru memiliki fitur 'Night Shift' atau 'Night Mode' yang mengurangi emisi cahaya biru dari layar perangkat pada jam malam.

"Sel fotoreseptor tidak beregenerasi di mata. Ketika mereka mati, mereka mati untuk selamanya," kata Kasun Ratnayake, seorang mahasiswa PhD yang terlibat dalam penelitian ini.

Cahaya biru memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dan lebih banyak energi dibandingkan dengan warna lain, menurut peneliti yang dikutip oleh The Guardian.

"Dengan mempelajari lebih lanjut tentang mekanisme kebutaan dalam mencari metode untuk mencegat reaksi beracun yang disebabkan oleh kombinasi cahaya retina dan biru, kami berharap bisa menemukan cara untuk melindungi visi anak-anak yang tumbuh di dunia teknologi tinggi," pungkas Karunarathne.(fny/jpnn)

(mr/*/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia