Kamis, 13 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Madura Events
Keilmuan Harus Selalu Di-Upgrade

Kadisdik Ingin Lebih Banyak Lagi Guru Menulis Buku

02 November 2018, 12: 30: 45 WIB | editor : Abdul Basri

Kadisdik Ingin Lebih Banyak Lagi Guru Menulis Buku

SAMPANG – Kamis (1/11) merupakan hari terakhir pelatihan Ayo Menulis bagi guru-guru di Sampang. Kegiatan yang diikuti ratusan guru SD dan SMP se-Sampang itu berlangsung tertib di PKPN Trunojoyo.

Antusiasme peserta pelatihan Ayo Menulis hingga hari ketiga kemarin luar biasa. Kursi dari depan sampai belakang sudah terisi penuh sejak pukul 07.00. Itu menunjukkan guru-guru di Sampang memiliki kedisiplinan yang membanggakan.

Peserta pada hari ketiga yang mengikuti pelatihan Ayo Menulis yaitu 142 guru. Total keseluruhan peserta dari hari pertama hingga hari ketiga 162 guru.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sampang H. M. Jupri Riyadi sangat mendukung pelatihan Ayo Menulis yang dilaksanakan Jawa Pos Radar Madura (JPRM) bersama PGRI Sampang. Menurut Jupri, pelatihan menulis membantu meningkatkan kompetensi guru.

Guru yang memiliki keinginan meng-upgrade kemampuannya akan terus di-support oleh Disdik Sampang. Salah satunya kemampuan menulis buku. Jupri menyebutkan, saat ini sudah ada 60 guru di lingkungan Disdik Sampang yang bisa menulis.

”Keilmuan guru harus selalu di-upgrade. Kami senang, kami bangga, dan kami apresiasi guru-guru yang memiliki keinginan maju dan meng-upgrade keilmuannya,” kata Jupri.

Dia menjelaskan, keilmuan guru harus terus dikembangkan seiring perubahan zaman. Jika tidak, guru bisa ditinggal oleh keilmuannya sendiri. Guru yang tidak terus mengembangkan keilmuannya akan kebingungan dan bahkan tidak bisa menjawab pertanyaan anak didik.

Melalui pelatihan Ayo Menulis, guru-guru di Sampang diharapkan terus meningkatkan daya baca agar produktif menulis karya ilmiah. ”Semoga pelatihan Ayo Menulis ini memotivasi guru untuk gemar membaca dan menulis artikel populer di media massa. Kami juga sangat berharap lebih banyak lagi guru-guru di Sampang yang menulis hingga menelurkan sebuah buku,” ucap Jupri.

Selanjutnya, dia mengucapkan terima kasih kepada Jawa Pos Radar Madura yang sudah berkerja sama dengan PGRI Sampang melaksanakan pelatihan Ayo Menulis demi kemajuan pendidikan di Kota Bahari. ”Kami akan terus berupaya memajukan pendidikan di Sampang. Sehingga, Sampang bisa bersaing dengan kabupaten lain,” pungkasnya.

Kepala JPRM Biro Sampang Hendriyanto menambahkan, pelatihan Ayo Menulis diharapkan meningkatkan gairah guru untuk menulis karya ilmiah. Sebagai tindak lanjut dari pelatihan tersebut, JPRM telah menyediakan rubrik Pendidikan satu halaman.

”Ada rubrik khusus satu halaman untuk pendidikan. Ini harus dimanfaatkan oleh guru-guru yang sudah mengikuti pelatihan untuk menampilkan karya tulisnya,” terang Hendri.

Pihaknya berharap pelatihan menulis bisa dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan. Menurut dia, kegiatan tersebut sangat positif dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Sampang. 

(mr/rus/hud/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia