Kamis, 13 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Sastra & Budaya

Dewan Kesenian Pamekasan Tegaskan Tidak Ada Batasan Kreativitas Seni

01 November 2018, 19: 40: 16 WIB | editor : Abdul Basri

BUDAYA : Lakon Syeh Siti Jenar yang dipentaskan di Aula Universitas Madura beberapa waktu lalu.

BUDAYA : Lakon Syeh Siti Jenar yang dipentaskan di Aula Universitas Madura beberapa waktu lalu. (Susanti Stia Wardani / RadarMadura.id)

PAMEKASAN - Isu penolakan beberapa ormas tentang pembatasan kesenian yang tidak sesuai jargon Gerbang Salam  masih menjadi kemelut. Terlebih pasca rangkaian acara Hari Jadi Kota Pamekasan yang menuai pro dan kontra.

Namun penolakan itu mendapatkan respon serius dari Dewan Kesenian. Terlebih adanya kabar pembatasan pementasan kesenian. 

"Masyarakat Pamekasan perlu mendapatkan ruang yang sama untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan potensi dibidang seni. Selama kesenian yang mereka lahirkan tidak bertentangan  dengan nilai-nilai norma agama kita harus dukung," ucap Ketua Dewan Kesenian Pamekasan KH. Makmum Tamin, Kamis (1/11).

Dikatakan, pada dasarnya Dewan Kesenian Pamekasan memiliki semangat yang sama untuk menciptakan iklim seni budaya yang baik. Tentunya sejalan dengan nilai-nilai agama dan kearifan lokal. Namun tidak berarti melarang semua aktifitas seni budaya dan kepariwisataan yang berkembang dimasyarakat.

Sementara Wakil Ketua DKP sekaligus  Kabid Kebudayaan Disporabud Pamekasan, R. Sony Budiharto menuturkan ormas yang menentang kesenian harusnya mampu memberi pemahaman dengan cara yang santun dan ramah. Sehingga kreatifitas para pelaku seni memiliki muatan nilai yang indah dan agung.

"Kami berharap lewat aktifitas seni dan budaya kita dapat memahami kekayaan ciptaan Allah S.W.T" ucapnya.

Selain itu, pihaknya berharap pemerintah memberikan kepastian dan kejelasan berdasarkan kesepakatan bersama tentang penyajian karya seni yang sejalan dengan kearifan lokal. "Dengan tidak bermaksud membatasi dan menutup ruang kreasi serta tidak diskriminasi," tambahnya.(rm4)

(mr/fat/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia