Senin, 19 Nov 2018
radarmadura
 
icon featured
Madura Events
Sukses di Bangkalan Kini Giliran Sampang

Disdik Sampang Komitmen Sukseskan Pelatihan Guru Menulis

Sabtu, 13 Oct 2018 11:53 | editor : Abdul Basri

SATU MEJA: Kepala JPRM Biro Sampang Hendriyanto (kiri), Kepala Event JPRM Moh. Sugiyanto (dua dari kiri) bersama Kepala Disdik Sampang H.M. Jupri Riyadi didampingi para Kabid membahas persiapan pelaksanaan kegiatan Guru Menulis di aula mini disdik, Jum’at

SATU MEJA: Kepala JPRM Biro Sampang Hendriyanto (kiri), Kepala Event JPRM Moh. Sugiyanto (dua dari kiri) bersama Kepala Disdik Sampang H.M. Jupri Riyadi didampingi para Kabid membahas persiapan pelaksanaan kegiatan Guru Menulis di aula mini disdik, Jum’at (ZAINAL ABIDIN/Radarmadura.id)

SAMPANG – Sukses di Bangkalan, pendidikan dan pelatihan (diklat) menulis bagi guru geser ke Sampang. Kali ini Jawa Pos Radar Madura (JPRM) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sampang. kegiatan itu untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik.

Jum’at (10/12) JPRM menggelar rapat koordinasi bersama PGRI Sampang. Pertemuan yang digelar di aula mini Disdik Sampang ini membahas persiapan dan teknis pelaksanaan pelatihan bertajuk Ayo Menulis tersebut. Kegiatan positif itu akan dilaksanakan di Gedung PKPN Trunojoyo pada 30 Oktober hingga 1 November 2018.

Hadir di rapat itu Kepala Disdik Sampang H.M. Jupri Riyadi, Ketua PGRI Ahmad Mawardi beserta anggota, Kabid Pembinaan SMP Budiono, Kepala Even JPRM Moh. Sugiyanto, dan Kepala JPRM Biro Sampang Hendriyanto.

Hendriyanto menyampaikan, rapat tersebut merupakan kelanjutan pertemuan sebelumnya. Kali ini, membahas persiapan semua hal yang dibutuhkan dalam pelatihan guru menulis. Mulai tempat, peserta, dan teknis pelaksanaan. ”Pelatihan guru menulis digelar secara bergilir se-Madura. Kami bersama PGRI Sampang berkomitmen untuk menyukseskan kegiatan itu,” ucapnya.

Peserta pelatihan guru menulis 500 orang. Terdiri dari guru TK, SD, dan SMP yang penerima tunjangan profesi. Setelah pelatihan selesai, peserta akan menerima sertifikat yang ditandatangani Direktur JPRM Abd. Aziz dan Ketua PGRI Ahmad Mawardi. Di sertifikat tersebut akan tertera rincian jam dan materi kegiatan.

”Peserta akan dibagi menjadi tiga kelas. Per kelas diikuti 160 peserta. Pembagian peserta kami pasrahkan sepenuhnya ke pihak PGRI,” katanya.

JPRM akan menyajikan berita yang berisi jadwal pelaksanaan kegiatan dan mekanisme pendaftaran peserta. Pihak disdik juga akan memberikan surat edaran kepada kelompol kerja guru (KKG) dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) untuk melakukan sosialisasi di tingkat kecamatan. ”Pemateri pelatihan dari JPRM dan dosen Universitas Trunojoyo Madura (UTM),” jelas Hendri.

Kepala Disdik Sampang H.M. Jupri Riyadi mendukung penuh kegiatan pelatihan guru menulis yang digagas JPRM dan PGRI. Pihaknya berharap para guru mengikuti diklat tersebut untuk menggali dan meningkatkan potensi atau kapasitas keilmuan serta profesionalisme mereka guru dalam menulis.

”Kalau semua teknis kegiatan sudah ditentukan segera dilaksanakan. Kami harap guru bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengasah kemampuan menulis karya ilmiah di jurnal maupun karya ilmiah popular.”

(mr/nal/luq/fat/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia