Senin, 17 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Kemendikbud Tetapkan Celurit Madura Jadi Warisan Budaya Nasional

11 Oktober 2018, 13: 00: 37 WIB | editor : Abdul Basri

KEBANGGAAN: Warga memegang salah satu jenis celurit di kawasan wisata Makam Syaikhona Moh. Kholil Bangkalan, Rabu (10/10).

KEBANGGAAN: Warga memegang salah satu jenis celurit di kawasan wisata Makam Syaikhona Moh. Kholil Bangkalan, Rabu (10/10). (A. YUSRON FARISANDY/Radarmadura.id)

BANGKALAN – Celurit, salah satu senjata orang Madura itu kini ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB). Senjata itu kini diakui sebagai warisan budaya nasional. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan diundang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menghadiri prosesi penerimaan sertifikat WBTB celurit Rabu, (10/10).

 Kabid Kebudayaan Disbudpar Bangkalan Hendra Gemma Dominan mengatakan, meski sudah ditetapkan sebagai WBTB, pihaknya belum mengetahui secara pasti jenis celurit yang dimaksud. Sebab, Madura memiliki ragam jenis celurit. Namun, diperkirakan WBTB dari Kemendikbud tersebut ditujukan untuk semua jenis celurit di Pulau Garam.

 ”Sudah positif. Celurit Madura. Hanya saja jenis celuritnya belum ditentukan secara spesifik. Mungkin celurit secara umum,” kata Hendra.

 Awal 2018 Disbudpar Bangkalan diminta Pemprov Jawa Timur untuk mengisi formulir pengajuan WBTB. Setelah diisi, formulir tersebut dikirim ke Kemendikbud. Sekitar 11 kriteria penilaian untuk menetapkan sesuatu menjadi WBTB.

 ”Di antaranya keunikan, mewakili identitas suatu suku, serta memiliki nilai-nilai budaya yang dapat meningkatkan kesadaran akan jati diri dan persatuan bangsa,” terang Hendra.

 Selain celurit, lanjutnya, beberapa WBTB di Madura ada juga kerapan sapi dan sapi sonok. Upaya mengajukan celurit untuk bisa mendapat WBTB tidak sia-sia. Dengan diperolehnya WBTB celurit, bisa mengangkat dan membawa nama harum Madura.

 ”Ini suatu kebanggaan karena celurit sudah diakui secara nasional,” ucap pejabat yang mahir bergitar itu.

 Anggota Komisi D DPRD Bangkalan Abdurrahman Thohir mengaku ikut bangga dengan perolehan WBTB celurit. Celurit memang menjadi senjata khas masyarakat Madura yang sudah dikenal di berbagai daerah. ”Celurit memang menjadi identitas. Kami mengapresiasi upaya pemerintah untuk mengajukan celurit ini sebagai warisan budaya,” katanya.

(mr/bad/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia