Kamis, 15 Nov 2018
radarmadura
 
icon featured
Sumenep

Pjs Target Akreditasi dan Sukseskan Pilrek

Rabu, 25 Apr 2018 16:58 | editor : Abdul Basri

RESMI: Pjs Rektor Universitas Wiraraja Sjaifurrachman menandatangani berita acara sumpah jabatan disaksikan Ketua Umum Yayasan Arya Wiraraja H. Kurniadi Widjaja Selasa (24/4).

RESMI: Pjs Rektor Universitas Wiraraja Sjaifurrachman menandatangani berita acara sumpah jabatan disaksikan Ketua Umum Yayasan Arya Wiraraja H. Kurniadi Widjaja Selasa (24/4). (DARUL HAKIM/Radar Madura/JawaPos.com)

SUMENEP – Ketua Umum Yayasan Arya Wiraraja H. Kurniadi Widjaja menunjuk Sjaifurrachman sebagai pejabat sementara (Pjs) rektor Universitas Wiraraja (Unija). Keputusan itu diambil setelah Alwiyah mengundurkan diri. Pelantikan dilakukan di aula kampus Unija Selasa (24/4).

Pjs Rektor Unija Sjaifurrachman mengatakan, pelantikan tersebut sudah diatur dalam statuta. Dia menjelaskan, ketika rektor berhalangan, posisinya ditempati pelaksana tugas (Plt). Namun, jika rektor berhalangan, tetap harus ada Pjs. Kewenangan Pjs persis seperti rektor.

Selama diberi amanah tersebut, dirinya akan melaksanakan prinsip 3M 1T. Pertama, melanjutkan dan mempertahankan program yang dinilai baik. Kedua, memperbaiki program-program yang sudah baik agar lebih baik. ”M ketiga, meningkatkan inovasi baru sesuai dengan kondisi Wiraraja. Kemudian T, harus memiliki target,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Sjaifur itu menambahkan, sejak 2014, banyak regulasi di dunia pendidikan. Mau tidak mau regulasi itu harus dilaksanakan. Unija sudah memiliki tujuh fakultas dan 13 program studi. Hingga saat ini, hanya ilmu hukum yang sudah berakreditasi A.

”Target kami mungkin sangat luar biasa, yaitu akreditasi institusi. Institusinya harus akreditasi B. Jadi, tidak ada yang tidak mungkin,” ujarnya. ”Dalam waktu dekat akan ada pemilihan rektor (pilrek). Sistem atau peraturan sudah ada, tinggal melaksanakan,” imbuhnya.

Ada tiga tahapan dalam Pilrek Unija. Yakni, penjaringan, penyaringan, dan pemilihan. Penjaringan melibatkan semua stakeholder. Mulai mahasiswa, karyawan, hingga dosen. Tahap penyaringan hanya melibatkan senat universitas. Sementara proses pemilihan di yayasan. ”Itu mekanismenya. Jadi, pihaknya tinggal melaksanakan,” tambahnya.

Target terdekat harus menyelesaikan penyusunan statuta. Statuta merupakan peraturan dasar dari semua peraturan di Unija. Sebelum pilrek, statuta harus selesai. ”Harapan ke depan Wiraraja harus maju,” harapnya.

H. Kurniadi Widjaja mengarahkan supaya amanah yang diberikan dijalankan sebagaimana mestinya. Juga proses pemilihan rektor mulai dipersiapkan. ”Demi perkembangan kampus yang kita cintai,” ucapnya.

(mr/rul/han/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia