Jumat, 26 Apr 2019
radarmadura
icon featured
Hukum & Kriminal

Gelorakan Spirit Nasionalisme Pemuda

01 Januari 2018, 18: 09: 53 WIB | editor : Abdul Basri

PEDULI: Kepala Baperwil Pamekasan Dr. H. IG. NG. Indra S. Ranuh, S.H., C.N., M.Si. (tengah) foto bersama ratusan siswa usai sosialisasi bahaya narkoba.

PEDULI: Kepala Baperwil Pamekasan Dr. H. IG. NG. Indra S. Ranuh, S.H., C.N., M.Si. (tengah) foto bersama ratusan siswa usai sosialisasi bahaya narkoba. (Radar Madura/JawaPos.com)

BAPERWIL Pamekasan tidak hanya melakukan koordinasi dengan empat kepala daerah di Madura. Instansi ini juga terlibat langsung dalam penguatan karakter generasi bangsa. Khususnya bagi kalangan remaja dan siswa.

Ada dua hal yang ditekankan oleh Baperwil Pamekasan. Pertama, terkait penguatan nilai-nilai kebangsaan dan spirit nasionalisme. Kedua, kampanye antinarkoba bagi ratusan siswa perwakilan sekolah.

Kepala Baperwil Pamekasan Dr. H. IG. NG. Indra S. Ranuh, S.H., C.N., M.Si. mengatakan, penguatan nasionalisme sangat penting bagi remaja. Generasi muda perlu diberi pemahaman yang utuh tentang wawasan kebangsaan, tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sosialisasi antinarkoba juga dinilai penting bagi pemuda dan pelajar. Sebab peredaran narkoba di Pulau Garam cukup masif. Jika tidak dilakukan pencegahan sejak dini, dikhawatirkan satu generasi akan kehilangan masa depan. Padahal maju mundurnya Indonesia di masa yang akan datang bergantung pada generasi muda saat ini.

”Semua pihak harus terlibat dalam pencegahan narkoba. Kampanye antinarkoba harus dilakukan mulai dari ruang-ruang yang paling kecil. Termasuk di lingkungan rumah tangga,” kata Indra.

(mr/mam/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia