Radar Madura

Menggapai Keutamaan Bulan Ramadan

PAMEKASAN – Ramadan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam. Sebab bulan puasa ini merupakan waktu dilimpahkannya pahala ibadah. Maka amatlah sia-sia apabila umat Islam melewatinya tanpa melakukan hal yang terbaik, baik untuk agama, bangsa, dan negara.

Hikmah Ramadan itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Pamekasan Hermanto. Politikus Partai Demokrat ini mengajak umat Islam melakukan yang terbaik selama ramadan. Tujuannya, guna menggapai keutamaan bulan Ramadan yang menurutnya tidak akan ditemukan pada bulan lainnya.

”Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, Nabi bersabda: Barang siapa berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka Allah mengampuni dosanya yang telah lalu,” papar Hermanto saat menjelaskan keutamaan Ramadan.

Oleh karena itu, tambahnya, berbagai amalan ibadah hendaknya ditingkatkan selama Ramadan. Seperti memperbanyak baca Alquran, rajin bersedekah, salat tarawih dan salat malam, iktikaf di masjid, serta amalan lainnya. ”Termasuk memperbanyak zikir, istighfar, dan doa,” imbuhnya.

Ketika ibadah puasa dikerjakan dengan baik, dia yakin kehidupan umat Islam akan menjadi lebih baik. Ketika sudah tiba Idul Fitri nanti, kualitas keimanan dan ketakwaan semakin meningkat. ”Selamat menjalankan ibadah puasa untuk saudaraku umat Islam semuanya,” tukasnya. (mam/onk/luq)

 


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar