Radar Madura

Wabup Sumenep Apresiasi Forum Wartawan Pariwisata

SUMENEP – Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) Indonesia di Sumenep resmi terbentuk. Deklarasi terbentuknya organisasi tersebut dilaksanakan di lokasi wisata Pantai Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Minggu (14/5). Wakil Bupati (Wabup) Sumenep Achmad Fauzi hadir dalam kegiatan itu.

Pada momen tersebut juga dilakukan penandatanganan pakta integritas dukungan untuk pariwisata dari perwakilan organisasi wartawan dan media. Kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan ketua Forwapar oleh Wabup. Kegiatan itu dimeriahkan dengan hiburan musik saronen dan atraksi pencak silat.

Para jurnalis yang terdiri atas media cetak, elektronik, dan online bersama Wabup menikmati pantai sambil naik kuda. Mereka mengenakan odheng dan kaus Forwapar. Pada momen itu, mereka manyatakan komitmennya memublikasikan destinasi wisata di Sumenep seiring dengan adanya program Visit Sumenep Year 2018.

Ketua Forwapar Moh. Hartono mengatakan, insan pers diharapkan  mampu memberikan sumbangsih terhadap pengembangan pariwisata. Salah satunya di bidang pemberitaan sesuai dengan fungsi jurnalis. Keindahan alam dan kekayaan budaya di Sumenep merupakan anugerah Tuhan sehingga perlu dikelola dengan baik.

”Forwapar lahir untuk mengambil bagian dalam usaha menerjemahkan potensi yang diberikan Tuhan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Hartono. Menurut dia, industri wisata di Sumenep perlu dikawal. Jangan sampai masyarakat tersingkir oleh pemodal-pemodal asing yang berpotensi menghilangkan kearifan lokal.

Forwapar, jelas Hartono,  memiliki jaringan yang sangat luas. Dengan demikian, akan memudahkan dalam promosi wisata. Setiap informasi tentang wisata yang ditulis Forwapar bisa dibaca oleh pihak terkait. Termasuk oleh kementerian yang menangani masalah pariwisata.

Wabup Sumenep Achmad Fauzi mengaku bangga dengan terbentuknya organisasi tersebut. Pemerintah sangat mendukung inisiatif wartawan Sumenep membentuk Forwapar. Sebab, Sumenep memiliki potensi wisata yang sangat besar. ”Kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian insan pers untuk terus memublikasikan pariwisata di Sumenep,” katanya. (sid/han/luq)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar