Radar Madura

Sehat Jiwa dan Raga Menuju Ramadan
BERITA TERKAIT

RAMADAN bulan penuh kekhusyukan. Setiap umat muslim yang berpuasa berusaha mencapai titik kesucian atau fitrah. Hal ini karena hakikat puasa Ramadan, bagi yang menjalankannya, adalah mengendalikan mental.

Sebagai muslim sejati, kehadiran Ramadan mestilah disambut sukacita dan istimewa dengan mempersiapkan jiwa serta fisik. Dr. Yusuf Qardhawi dalam kitab Al Ibadah Fil Islam mengungkapkan lima rahasia puasa Ramadan yang bisa kita pahami dan rasakan kenikmatannya.

Pertama, puasa Ramadan menguatkan jiwa. Maksudnya, dalam diri manusia terdapat nafsu. Seringkali manusia terjebak dengan pelampiasan nafsu daripada mengendalikannya. Dapat kita rasakan manusia kerap diperbudak hawa nafsu.

Misalnya, demi menguasai materi atau ekonomi dan kekuasaan politik. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya muslim, Indonesia dihadapkan dengan kemiskinan, kesenjangan ekonomi, dan konflik identitas politik.

Berdasar laporan Credit Suisse, sampai 2017 ini, Indonesia peringkat keempat negara paling timpang ekonominya di dunia. Pertumbuhan kesenjangan antara masyarakat kaya dan miskin di Indonesia paling cepat dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Credit Suisse juga menyebutkan, kesenjangan ekonomi di Indonesia sangat terasa. Yakni, 1 persen orang terkaya menguasai 49,3 persen kekayaan nasional. Bank Dunia menunjukkan, 10 persen orang terkaya di Indonesia menguasai 77 persen kekayaan nasional. Dan hingga 2016, jumlah warga miskin di Indoensia masih tinggi. Yaitu, 27,76 juta orang.

1
2
3
4
5

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar