Radar Madura

Ketua DPRD Sumenep: Perempuan Masa Kini Harus Tiru Kartini

SUMENEP – RA Kartini merupakan sosok perempuan yang dikenal gigih memperjuangkan kesetaraan hak-hak perempuan. Terutama, kebangkitan perempuan pribumi saat itu. Pahlawan nasional ini lahir 21 April 1879.

Sosok perempuan tangguh tersebut harus menjadi teladan. Tentunya bagi perempuan masa kini. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Sumenep Herman Dali Kusuma. ”Tentu, dari sisi semangat dia memperjuangkan hak-hak kaum perempuan ketika itu. Penting pula ditiru oleh siapa pun, khususnya perempuan,” ucapnya Kamis (20/4).

Tentu perjuangan itu menurut kapasitas masing-masing. Misalnya, menjadi anggota DPRD, bagaimana memperjuangkan keadilan untuk perempuan dari sisi keberpihakan anggaran. Bagi perempuan pengusaha misalnya, bagaimana menginspirasi perempuan lain agar bangkit dan memperjuangkan kemampuan dirinya di bidang usaha. ”Meniru Kartini menurut konteks saat ini,” katanya.

Dengan demikian, seremonial Hari Kartini yang kerap diperingati 21 April tidak memiliki makna substantif. Tapi, lebih mengena pada penghayatan dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, ada upaya menerjemahkan semangat Kartini dalam era kekinian. Sebab, perempuan merupakan figur penting. Baik dalam keluarga maupun ranah lain. ”Ayo semangat Kartini terus kita gelorakan. Buktikan bahwa perempuan hari ini mampu,” gugah politikus PKB ini. (sid/gik/luq)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar