Radar Madura

Pemeliharaan Taman Kuras APBD Rp 1 Miliar

BANGKALAN – Alokasi anggaran untuk kegiatan operasional dan pemeliharaan sarana prasarana pertamanan di Bangkalan cukup besar, yakni Rp 1.070.501.850. Namun, plotting anggaran itu masih dianggap kecil. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan mengaku anggaran tersebut tidak cukup untuk mengoptimalkan perawatan taman.

Kabid Pertamanan dan Pemakaman DLH Bangkalan Kusno Suhardi mengatakan, jika diakumulasikan, anggaran perawatan rutin taman memang besar. Namun saat dipecah-pecah, anggaran kecil bahkan tidak cukup. ”Untuk honor petugas kebersihan saja sudah habis. Bayangkan, 70 petugas kebersihan menghabiskan anggaran Rp 550 juta,”  ujarnya.

Sementara biaya pengecatan dan perbaikan plin jalan Rp 56 juta. Kemudian untuk biaya bahan bakar minyak (BBM) dan pelumas Rp 200 juta. ”Sebenarnya tidak cukup. Tapi kami cukup-cukupkan,” klaimnya.

Kusno menyatakan, sebenarnya untuk pemeliharaan tanaman sendiri hanya menelan anggaran Rp 10 juta. Itu untuk pemupukan. ”Untuk pemeliharaan tanaman sendiri tidak sampai ratusan juta. Biaya-biaya pendukung yang besar,” ucapnya.

Anggota Komisi C DPRD Bangkalan Musawwir menyatakan, anggaran kecil jangan dijadikan alasan untuk tidak memelihara pertamanan dengan baik. Sebab tanaman merupakan tolok ukur keindahan kota. ”Dengan anggaran Rp 1 miliar lebih, saya kira cukup. Tinggal kinerjanya yang dimaksimalkan,” ujarnya. (daf/hud/luq)

 


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar