Radar Madura

Sulit Lulus, Pemohon SIM Mudah Tergiur Calo

SAMPANG – Sejumlah warga mendatangi kantor Satlantas Sampang Rabu (19/4). Mereka membawa berkas persyaratan untuk pembuatan surat izin mengemudi (SIM). Mereka mengisi formulir di loket pendaftaran.

Setelah itu, disetor kepada petugas. Mereka harus menunggu beberapa menit untuk mendapatkan nomor antrean foto. Kemudian, mereka memasuki ruangan guna mengikuti tes materi.

Membuat SIM tidak mudah. Mengikuti tes belum tentu lulus. Meski sudah bekali-kali. Kesulitan pemohon itu berpotensi praktik percaloan.

Sofwan, 35, warga Taman Sareh, Kecamatan Sampang, mengaku belum lulus tes. Dua kali tes teori dan tiga kali uji praktik. Dia kembali tidak lulus hingga kemarin. Dia dijadwalkan kembali mengikuti ujian pada 5 Mei mendatang.

Setelah gagal, dia menuju sebuah gardu di utara lokasi praktik. ”Saya sudah berkali-kali mengikuti tes. Tapi lagi-lagi tidak lulus,” keluhnya kepada beberapa orang di tempat itu.

Sofwan bertanya-tanya kepada warga untuk menempuh jalur tikus. Sebab dia mengaku frustasi untuk terus ikut tes. ”Tapi saya cuma punya uang pas-pasan. Kalau melalui calo informasinya mahal,” katanya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar